Story HikmahNisa

Apakah akan manfaat atau tidak? Apakah akan mulia atau tidak?


​Jaman sekarang, segala bentuk informasi mudah sekali tersebar luaskan. Saat ini media sosial dominan di atas segala, seakan-akan hidup kita hanya untuk si dia, si media sosial ini. Memang tidak dipungkiri informasi dan ilmu kini mudah didapatkan lewat telepon pintar dan media sosial ini. Tapi kebanyakan dari kita ternyata secara tidak sadar terlena dengan ini.

Ketika telepon pintar ini menjadi barang yang paling berhaga, ketinggalan telepon pintar adalah sesuatu hal yang fatal. Membuat kita panik, bingung, galau. Seakan-akan dunia nyata kita teralihkan dengan dunia maya, padahal kita hidup di dunia nyata loh, tapi segala energi banyak dihabiskan hanya untuk dunia maya.

Apa sih yang di cari? Informasi yang tentunya bisa membuka wawasan kita, informasi yang penting bagi kita, segala informasi yang di dapat ingin dilahap semua. Sampai-sampai kita takut ketinggalan informasi terkini. Jangan-jangan kita sudah terkena “tsunami informasi”. Atau jangan-jangan sudah ada tanda-tanda munculnya penyakit “FOMO” (Fear of Missing Out).

Fear of Missing Out yaitu penyakit ketakutan ketinggalan informasi. Penyakit ini juga membuat penderitanya merasa ingin terus mengetahui apa yang dilakukan orang lain di media sosial. FOMO ini  biasanya menimbulkan penyakit berikutnya yaitu”NOMOFOBIA”. Aduh apa lagi tuh?
NOMOFOBIA adalah rasa takut berlebihan apabila kehilangan atau hidup tanpa telepon pintar kita. (Sumber : IIP kelas Martikulasi)

Baru tau yaa ada penyakit ini, agar terhindar, apa sih yang harus dilakukan. Toh kita bebar-benar butuh telepon pintar ini untuk segala informasi yang kita butuhkan.

Salah satu caranya kita harus FOCUS pada apa yang kita ingin dalami, kuasai. Banyak diantara kita menganggap semua hal itu penting sehingga lupa menentukan prioritas. Hal ini yang menyebabkan hidup kita tidak focus, semua ingin dipelajari, semua ingin diketahui sampai-sampai ingin tahu apa yan dilakukan orang lain di media sosial yang pada dasarnya itu ga penting dan ternyata malah menghabiskan energi dan waktu kita.

Mari belajar memanage diri disegala aktifitas kita dengan bertanya dulu pada diri “Manfaat tidak?” “Mulia tidak?”

By. Hikmah Khaerunnisa

@hikmah.nisa

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top