Story HikmahNisa

Day1 Game Level2 Melatih Kemandirian BunSay IIP

Hari ini mukai Games Level2 tentang Kemandirian Anak. 

Jujurly saya sampet bingung buat menerapkan kemandirian oada Qatrunada yang sekarang berusia hampir 11bulan. Karena dikatakan di materi ini kalau kemandirian anak itu bisa dibebtuk sejak dini diatas usia 12bulan. Karena dibawah 13bulan masih dikatakan bayi yang dominan bergantung pada orangtuanya. 

Tapi setelah saya baca-baca, tanya-tanya, discus dengan buibu member IIP juga yang memiliki anak usia dibawah 12bulan seperri saya, ternyata banyak banget inspirasi mau membentuk memandirian apa. 

Ternyata selama ini saya masih sempit mengartikan bentuk kemandirian, ketika timbuh kembang bayi tengkurap sendiri, duduk sendiri, belajat berdiri juga berjalan itu bentuk kemandirian juga lohh.

Akhirnya saya list beberapa kemandirian yang mau dibentuk sesuai usia tumbung kembang Qatrunada, diantaranya ;

1. Belajar berdiri tanpa berpegangan

2. Belajar berjalan

3. Solo Play ( memilih mainan dan bermain sendiri)

4. Memilih makanan dan makan sendiri (ketika sedang menggunakan metode BLW).

Kegalauan ga hanya sampai disitu, saya sekarang galau mau melatih kemandirian yang mana dulu.. hhii

Dan Bismillah saya akan melatih keempatnya pelan tapi pasti šŸ˜‰.

Karena sebenarnya Qatrunada sudah melakukan keempatnya namun belum maksimal, yup belum konsisten dan masih belajar sehingga saya akan melatih kekonsistenannya dan belahar rerus mengembangkan skills nya ini di setiap hari šŸ˜˜.

Ncuuss saya cerita pengerjaan games Level2 di Hari pertama ini ;

1. Belajar Berdiri Tanpa Berpegangan

Pagi ini abis mandi Qatrunada saya latih untuk berdiri tidak berpegangan dan sukses walau cuma beberapa detik saja, dia langsung pengangan lagi ke saya atau kembaki duduk. Tadi pagi saya latih 5x, sukses 2x, sisanya doi udah mau main jadi ga mau latihan lagi. Wkwk. Alhamdulillah lumayan untuk hari ini. šŸ˜Š

2. Belajar Berjalan

Sebenarnta Qatrunada belum bisa benar-benar lepas dari pegangan ketika berjalan, lah berdiri tanpa pegangan juga baru belajar. Hihi. Tapi kalau jalan merayap ke tempok kemudian ke meja tv atau berpegangan ke ujung ranjang sudah biasa dari usia 9bulan. Alhamdulillah. Samakin kesini semakin lancar. Jadi tadi dia merayap berjalan dari tembok dan beralih pegangan ke meja tv, alhamdukilkah berhasil walau sedikit ileng dan sempat jatuh tapi saya diam (pura-pura ga tau gitu hhee) dan alhamdulillah dia bisa mengatasi jatuhnya itu, berdiri lagi dan kembali berhakan merayap šŸ˜˜.

3. Solo Play

Setelah mandi dan makan seperti biasa saya selalu dudukan di tempat Qatrunada biasa bermain dan membuka tempat mainan, dan Qatrunada yang biasa mengeluarkan maunannya satu-satu. Tujuannya biar dia belajar memilih mainannya sendiri, ga berapa lama dia bosan dengan mainannya, ia berangjak ke tempat buku, mengambil buku Hallo Balita nya dan dia buka-buka sendiri, ehh ternyata bukunya sempat nyangkut di kakinya jadi kaya ‘pabaliut’ gitu šŸ˜… sampai dia mau jatoh juga gara-gara itu. Saya tetap diam saja, biar dia menyelesaikan masalah ‘pabaliut’ dengan bukunya sendiri. Selama masih dibatas aman dan saya awasi. Alhamdulillah dia beehasil lagi šŸ˜˜.

4. Makan dengan metode BLW

Sebenarnya saya bukan ‘tok’ menggunakan metode BLW saja. Malah kebanyakan Qateunada saya suami menggunakan sendok kalau makan. Jadi pake metode BLW itu ketika Qatrunada nyemil saja kebanyakan. Seperti hari ini, saya buat kukus sosis dipotong kecil-kecil buat cemilan Nada. 

Tadi pagi sambil menunggi makanan utamanya yaitu bubur organik salmon olus labu dan wortel masih saya masak di slowcooker. Jadilah ayahnya kasih cemilan sosis itu, karena saya masih berjibaku didapur. Hihihi. Metodenya ayahnya kasih sosis dihadapannya Nada dan Nada ambil pake tangan kanannya, karena kalau oakai tangan kiri ga akan kami kasih makananya. Hhiii. Alhamdulillah 1sosis abis šŸ˜˜.
Alhamdulillah semoga terus konsisten dan terus naik tahap demi tahap kemandiriannya ya nak.. šŸ˜˜šŸ˜˜
#HariPertama

#Tantangan10Hari

#Level2

#KuliahBunSayIIP

#MelatihKemadirian

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top