Story HikmahNisa

Day14 Game Level1 KomProd Bunsay

​Terkadang, apa yang maksud kita menyampaikan A tapi ditangkap B. Kadang pula, kita melakukan sesuatu hal di persepsikan berbeda dan bermacam-macam oleh orang lain.

Yaa.. namanya juga hidup, terkadang kita memang harus memahami dan menyadari bahwasanya satu dengan yang lain berbeda. Berbeda karakter, berbeda tujuan, berbeda prioritas. Yupp perbedaan ini bukan untuk memecah belah tapi untuk saling mengerti dan memahami satu sama lain.

Dari beberapa kasus yang saya jumpai, yaa penyebab utamanya ‘prasangka’. Ada apa sengan prasangka? Prasangka jadi momok bagi saya untuk intropeksi pada diri saya sendiri.

Prasangka baik sudah pasti ujungnya akan baik. Tapi yang jadi sorotan saya adalah prasangka buruk. Yup, terkadang kita sering menduga-duga apa yang dilakukan orang lain sesuai dengan prasangka kita, padahal? Belum tentu dan kebanyakan salah. 

Tentu kita tidak bisa memaksakan prasangka orang lain harus sesuai dengan kita bukan?. Kita tidak bisa mengontrol prasangka orang lain, tapi kita bisa mengontrol prasangka diri kita sendiri. Itu pointnya. 

Ketika prasangka buruk orang lain muncul dan di ungkapkan, sebaiknya komunikasikan dengan ‘clear dan clarify’. Sampaikan dengan kalimat yang jelas (clear) sehingga mudah dipahami orang lain dan dengan bahasa baik juga santun. Berikan kesempatan juga kepada orang lain untuk mengklarifikasi (clarify) apabila ada hal yang belum jelas dari penjelasan kita. 

Selebihnya, biarkan kita jadikan pelajaran untuk diri kita sendiri. Prasangka itu bisa melelahkan juga bisa meringankan. Jika memilih prasangka baik, ringanlah setiap langkah kita tapi ketika memilih prasangka buruk sudah berat tambah lelah hidup kita karenanya. 

So lets be positive thingking 😊😊

#day14

#gamelevel1

#tantangan10hari

#komunikasiproduktif

#kuliahbunsayiip

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top