Story HikmahNisa

Day 10 Game Level 3 Melatih Kecerdasan BunSay IIP

Melatih berbagi juga salah satu bentuk kecerdasan emosional. Ikhlas membagikan kepunyaan, kepemilikan, kesenangan dan kebahagiaan kepada orang lain adalah bentuk dari memahami perasaan orang lain juga mengasah empati.

Tidak jauh-jauh, kami latih dari mulai yang sederhana ketika ia sedang main mainan kesukaannya atau makan makanan kesukaannya dan kami ijin meminta, maka ajarkan untuk berbagi.

Ketika ia tidak mau tak masalah, tidak apa-apa, jangan menyalahkan apalagi menghukum. Balita masih bersifat egosentris dan proses belajar tidak akan semulus yang dibayangkan.

Ketika ia mau berbagi, katakan terimakasih dan beri apresiasi. Kami belum memanamkan reward, saat ini kami masih memilih apresiasi dengan cukup memberikan tepuk tangan atau acungan jempol atau memeluk sambil tersenyum lebar mengatakan kami senang dan bangga ia bisa berbagi.

Kenapa bukan reward? Karena penyimpangan niat melakukan sesuatu biasanya karena reward. Karena apresiasi lebih menyentuh dan bermakna menurut kami.

Dengan pelukan, acungan jempol atau sekedar berkata sambil tersenyum lebar kalau kami senang dan bangga padanya, jangan lupa juga mengatakan prilakunya yang membuat senang/bangga tersebut.

“Terimakasih ya nak, ibu/ayah senang dan bangga padamu sudah mau berbagi”

#tantangan_hari_ke10
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top