Story HikmahNisa

Day 8 game level 3 melatih kecerdasaan BunSay IIP

Kecerdasan yang tak kalah penting dilatih sejak dini adalah kecerdasan emosional.

Kecerdasan emosional (emotional intelleigence) adalah kemampuan untuk mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, memotivasi diri sendiri, mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungannya dengan orang lain.

komponen-komponen dasar kecerdasaan emosional adalah :

  1. kemampuan mengenali kemampuan diri sendiri (kesadaran sendiri).
  2. kemampuan mengelola emosi.
  3. kemampuan memotivasi diri sendiri (motivasi).
  4. kemampuan mengenali emosi orang lain (empati).
  5. membina hubungan dengan orang lain (keterampilan sosial).

Sumber : Materi ke3 BunSay IIP

Dalam sisa 7 hari kedepan game level 3 tentang melatih kecerdasan ini, saya akan belajar melatih kecerdasan emosional si kecil dengan tema “Memahami diriku dan orang lain”

Kecerdasan emosional juga membuat anak bisa mengenali dan mengendalikan emosi diri sendiri serta emosi orang lain. kecerdasan ini sangat diperlukan agar seseorang bisa mencapai taraf kebahagian di ranah nyaman (good life), karena kebutuhan jasmani, rohani dan spritualnya terpenuhi.

Hal yang sederhana adalah mengajarkan kata “tolong, maaf dan terima kasih”. kapan kata itu harus ia katakan, ketika perasaan seperti apa yang ia rasakan sehingga harus mengatakan salah satu kata tersebut.

Lagi-lagi proses pengenalan ini dengan proses pembiasan sejak dini. Bismillah kami bisa.

Manusia dengan EQ yang baik, mampu menyelesaikan dan bertanggung jawab penuh pada pekerjaan, mudah bersosialisasi, mampu membuat keputusan yang manusiawi dan berpegang pada komitmen.

Dalam teorinya Robert K.Cooper, Ph.D. menjawab bahwa “kecerdasan emosi adalah kemampuan merasakan, memahami dan secara efektif menerapkan daya serta kepekaan emosi sebagai sumber energi, informasi, koneksi dan pengarus yang manusiawi.

#tantangan_hari_ke8

#kelasbunsayiip3

#game_level_3

#kami_bisa

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top