Story HikmahNisa

Day 9 game level 3 melatih kecerdasaan BunSay IIP

Mengenali emosi diri sendiri ini adalah salah satu poin dasar melatih kecerdasan emosional.

Saya pernah mengikuti seminar Ibu Elly Risman, Beliau menceritakan salah seorang ibu berkonsultasi padanya, yang akhir-akhir ini perubahan pada dirinya yang tidak pernah terjadi sebelumnya semenjak memiliki seorang putri. Setelah ditelusuri masalahnya berkaitan dengan ‘inner child’, namun pokok permasalahan ternyata ada di ketidakmampuan mengenali emosi sendiri, ia tidak mampu mengidentifikasi emosi apa yang dapat pada dirinya.

Pentingnya mengenalkan emosi sejak dini pada si kecil, ketika mengenalnya next ia akan mampu mengidentifikasi dan akhirnya mampu mengendalikannya.

“Ini bukan makanan nak, ini kertas buat nulis, jadi ga boleh dimakan ya, ibu ambil.”

Ia protes dengan menggeleng-gelengkan kepala dan mengepak-ngepak tangan sambil berkata “aaahhh aahhhh”

Maka bantu ia mengenali emosinya;
“Qatrunada kesel ya ibu ambil kertasnya, maaf yaa ibu ganti dengan mainan yaa”

“Kenapa nangis nak? Sedih ditinggal ibu k kamar mandi? Sini ibu peluk, Ibu sebentar ko ke kamar mandinya, udah ga apa-apa main lagi yuu”

“Iihhh seneng yaa nak ayah pulang, salam dulu sama ayah”

Kami biasanya menganalisa dari ekspresi dan sikap si kecil bahwa ia sedang bahagia, sedih, kesal, dan lain sebagainya.

Biar ia tau bahwa ini namanya rasa kesel, seperti ini yaa rasanya. Oh ini namanya rasa sedih, rasanya seperti ini yaa. Oh ini namanya rasa senang, seperti ini yaa rasanya.

Ibu ayah akan bantu kamu mengenali berbagai emosi yang terjadi padamu nak, sehingga kelak dirimu akan mampu mengidentifikasi, mengendalikan emosi diri dan memahami emosi orang lain. Tumbuhkan rasa empati yang kuat sehingga kecerdasan emosimu terlatih sejak dini. Amiin YRA

#tantangan_hari_ke9
#kelasbunsayiip3
#game_level_3
#kami_bisa

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top