Story HikmahNisa

IMD (Inisiasi Menyusui Dini) yang tepat standar WHO

Sangat bersyukur saya masuk di komunitas belajar ibu profesional. Sharing terjadwal dan tentunya ilmu yang sangat dibutuhkan untuk seorang ibu.

Ilmu IMD ini juga saya dapatkan dari sharing di grup komunitas IIP Jakarta. Saat itu saya baru menyadari bahwa IMD yang saya lakukan dulu untuk Qatrunada adalah salah. 😧

Lalu bagaimana sih IMD yang benar sesuai WHO?

Yaa.. ini merupakan salah satu yang paling saya sesalkan, IMD (Inisiasi Menyusui Dini) yang tidak optimal. Malah sepertinya saya belum dikatakan melakukan IMD. Hiks 😢

Bayi Qatrunada hanya didekapkan di dada saya saja, dan berlangsung sangat singkat kurang dari 5 menit rasanya. Jelas dengan waktu sesingkat ibu bayi Qatrunada tidak sempat mencari puting dan menyusu pada saya. Lagi pula dada sayapun tidak dibuka seluruhnya, yaa bagaimana mau IMD 😷.

Bayi Qatrunada hanya sempat pada tahap berhenti menagis ketika didekap di dada saya.

Jadi tahapan IMD yang seharusnya berlangsung adalah;
👶 Bayi tenang dan berhenti menangis.
👶 Bayi mencium aroma tubuh ibu nya dan mulai mencari puting.
👶 Bayi berhasil menemukan puting dan menyusu pada Ibunya.

IMD berlangsung dalam waktu 60 menit (menurut standar WHO), disebut 1 jam keajaiban. IMD adalah proses awal yang mendukung kelancaran menyusui kedepannya. Oleh karena itu IMD diletakkan di urutan pertama dari standar emas pemberian makan pada bayi.

Namun sayangnya masih banyak Rumah sakit dan tempat bersalin yang belum menerapkan IMD dengan benar (sesuai standar WHO). Banyak para ibu juga belum mendapatkan edukasi tentang IMD ini, termasuk saya dulu yang benar-benar fakir ilmu tentang IMD ini. Dan mungkin ini salah satu penyebab saya kesulitan menghasilkan ASI pada awal-awal bayi Qatrunada lahir.

Insya Allah kesalahan-kesalahan ini jadi pelajaran untuk saya kedepannya dan bagi manteman calon ibu bersiap untuk IMD ini yaa agar jangan sampai terlewatkan. Karena saya merasa bahwa IMD ini tahap yang sangat penting, baik untuk bayi dan ibunya.

#IMD

#parenting

#inisiasimenyusuidini

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top