Story HikmahNisa

Mengenalkan Ukuran dengan Permainan Tumpuk Donat

Menstimulasi Matematika Logis pada Anak, Games Level BunSay Day 1.

Permainan tumpuk donat, melatih Qatrunada mengenal ukuran. Yaa, permainan ini sudah lama saya beli semenjak Qatrunada masih dibawah usia 1 tahun. Awalnya saya selalu contohkan terlebih dahulu bagaimana cara bermainnya, saya keluarkan satu-satu secara perlahan dengan menggunakan intonasi menarik atau nyanyian yang saya karang sendiri 😂.

Qatrunada melihat dan memperhatikan cara saya bermain dengan permainan tumpul donat yang berwarna-warni itu. Lama kelamaan ia memainkannya sendiri. Awalnya ia hanya mamou mengeluatkan donatnya, itupun tidak satu per satu tapi acak atau sekaligus. Terkadang juga ia gagal mengeluarkan donat dengan perlahan. Saya kembali ajarkan caranya perlahan dengan menggunakan berbicara memainkan intonasi.

Alhamdulillah lama-lama ia mampu mengeluarkan secara perlahan, satu per satu. Lanjut saya ajarkan cara memasukannya satu persatu, pengulangan terus disetiap harinya. Lama-lama ia mampu memasukan donat walau tidak berurutan sesuai ukuran, dan ia agak kesulitan memasukan donat kecil juga menutup ujung tiangnya menggunakan bebek-bebekan.

Saya mulai menjelaskan ukuran dengan warna;
👩 : “Masukin yang paling besar dulu yaa, nah warna hijau dulu masukin, ini yang warnanya hijau”. Sambil saya perlihatkan donat warna hijau.
Ketika ia mampu memasukan saya selalu apresiasi,
👩 : “yee Nada bisa, tepuk tangan 👏, nah sekarang masukan warna kuning ya, ini donat warna kuning”. Sambil saya perlihatkan donat warna kuning, lalu apresiasi lagi dan memberi tahu warna selanjutnya sampai ditutup dengan bebek-bebekan.

Tenti tidak dilakukan sekali, berulang-ulang kali. Anak memang pintar, peniru ulung, ia dengan mudah belajar dan sudah mampu melakukannya, walau terkadang salah memasukan ukuran. Namun tak mengapa, namanya proses belajar yaa pasti trial and error dulu kan. Karena setiap ia mencoba ia pasti belajar dan otaknya akan terus berkembang, terasah sampai ia bisa dan terbiasa. Insya Allah 😊😊

#gameslevel10hari
#gameslevel6
#kuliahbunsayIIP
#ILoveMath
#MathAroundUs

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top