Story HikmahNisa

TIPS NGEMIL SEHAT

Untuk seorang ibu yang punya anak-anak usia sekolah, sering bingung dan khawatir dengan jajanan sekolah jaman sekarang yang kurang higienis dan belum terjamin kelayakan konsumsinya, karena ditakutkan ada bahan-bahan berbahaya di dalamnya. Walaupun saya belum memiliki anak usia sekolah, namun sudah terbayang bagaimana khawatirnya.

Sekarangpun Qatrunada 15 bulan sudah bisa memilih cemilan yang ia suka dan tidak suka, lalu bagaimana nanti jika ia sudah bisa dan mengerti jajan sendiri lalu memilih jajanan yang tidak sehat. Namun tak mungkin juga melarang ia sama sekali tak jajan diluar. Lalu bagaimana yaa menyiasatinya, simak tips berikut yuk :

1. Buatkan Bekal dari Rumah

Buatlah bekal makanan dari rumah untuk anak-anak, ini solusi untuk terjaminnya kebersihan dan kesehatan. Namun, tak sedikit anak menolak membawa bekal, ini bisa disiasati dengan menu yang bervariasi dan buat bekalnya menjadi menarik. Memang ini akan butuh effort lebih dari ibu, namun juga akan membuat ibu lebih tenang.

2. Berikan Pembiasaan untuk MakanΒ Makanan Rumah dan Tidak Jajan Sembarangan.

Ini merupakan proses panjang karena menyangkut pembiasaan. Berikan pembiasaan makan masakan rumah sejak kecil bahkan dari anak baru belajar makan, ini tentu akan meminimalisir dirinya untuk tidak sembarangan membeli jajanan luar. Sesekali ajaklah anak membeli makanan diluar, ajarkan jajan yang tidak sembarangan itu seperti apa. Sehingga ia tidak bosan dan tidak lapar mata ketika menemukan jajanan di sekoh kelak.

3. Beri Edukasi Tentang Jajanan Sehat dan Tidak Sehat

Setelah anak mulai mengerti, jelaskan secara perlahan tentang jajanan sehat itu yang seperti apa dan jajanan yang tidak sehat itu yang seperti apa. Jelaskan dengan bahasa sedernaha agar mudah dipahami anak.

Yang namanya cemilan ini emang ga bisa dipisahkan dalam kehidupan kita yaa, termasuk saya dan keluarga yang suka ngemil, Hihihi. Ngemil adalah sesuatu yang menyenangkan, apalagi ketika sambil nonton, sambil kumpul bersama keluarga atau teman, sambil baca buku 😍, bahkan ketika dalam perjalananpun harus sedia banyak nih cemilan. Bener apa betul? πŸ˜†.

Dalam dunia kesehatan, ngemil ini kaya rambu-rambu kuning di stopan jalan, tetap harus hati-hati, karena cemilan ini identik dengan rendah gizi dan makanan siap saji atau junkfood. Duh agak was-was, mana saya dan keluarga itu ga bisa terpisahkan sama yang namanya nyemil πŸ™Š.

Ee tapi nyemil ini bukan sesuatu yang sepenuhnya buruk loh. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) justru menyarankan pemberian camilan sehat untuk anak, sebanyak 2 kali sehari di sela waktu makan utama. Nah, ternyata nyemil juga baik loh ya asal kita bisa mengontrol dan memilih cemilan yang sehat.

Karena saya dan keluarga memang suka ngemil, jadi penting banget buat saya memilih cemilan yang sehat untuk keluarga, dan menerapkan cara ngemil sehat, apalagi saya adalah seorang ibu yang berperan penting dalam kesehatan keluarga.

Yuk simak tips ngemil sehat berikut :

1. Sediakan Cemilan yang Bergizi

Bisa memilih cemilan yang kaya nutrisi, mengandung karbohidrat, protein, lemak secara seimbang. Biasanya saya membuat cemilan sediri dirumah, lebih sehat dan hemat tentunya 😁.

2. Memilih Cemilan yang Aman

Penting banget buat kita mengecek apakah cemilan tersebut aman atau tidak untuk di konsumsi. Aman dari segi komposisinya dan proses pembuatannya, pastikan cemilan yang kita pilih sudah terdaftar BPOM. Bagi yang muslim, penting banget memastikan makanan tersebut halal untuk dikonsumsi, jadi pastikan cemilan yang kita pilih sudah tertera label Halal dari MUI.

3. Mengontrol Waktu dan Porsi Ngemil

Ini penting banget, karena tak sedikit yang lupa makan makanan utama karena sudah kenyang dengan ngemilnya ini, sesuatu yang berlebihan tetap tidak baik. Jadi pastikan porsi cemilan lebih kecil dibandingkan makanan utama dan tetapkan waktu untuk ngemil agar tidak menganggu waktu makan utama.

4. Biaskan Minum Air Putih Setelah Ngemil

Biasanya ketika ngemil lupa minum, atau biasanya minum dengan minuman berwarna atau bersoda. Minum air putih bukan hanya setelah makan makanan utama, setelah ngemilpun penting untuk melancarkan sistem kerja pencernaan. Sebagian besar tubuh kita terdiri dari cairan sehingga tak dipungkiri bahwa air putih ini penting untuk kesehatan tubuh kita.

5. Jangan Lupa Sikat Gigi Pagi dan Malam

Ini menjadi hal yang wajib bagi semua orang agar terjaga kebersihan gigi dan mulut. Apalagi bagi orang yang suka makanan manis apalagi anak-anak yaa, etapi saya dan keluarga juga suka loh makanan manis, hihihi. Para ibu yang memiliki anak-anak bisa diajarkan dan dibiasakan sejak dini yaa tentang sikat gigi pagi dan malam ini.

Tak dipungkiri kalau saya dan keluarga suka dengan cemilan yang manis. Tak ada yang salah dengan cemilan manis, asal melakukan ngemil sehat seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Berbicara cemilan manis, Salah satu cemilan manis yang saya dan keluarga adalah permen pindy susu. Permen pindy susu sangat cocok menemani waktu me time dan waktu berkumpul dengan keluarga. Cocok juga untuk semua usia, dari anak-anak, remaja, dewasa sampai nene kake juga loh karena permen pindy susu ini berstektur lembut dan mudah diemut. Permen Pindy Susu ini punya tiga varian rasa yaitu rasa susu, coklat dan stroberi.

Kandungannya berbahan dasar susu dan aman untuk dikonsumsi karena sudah bersertifikat halal dari MUI nomor 00110067461213 dan sudah terdaftar di BPOM ;
🍭 Chocolate and Milk Chewy Candy, BPOM RI MD 224510031005
🍭 Milk Chewy Candy, BPOM RI MD 224510033005
🍭 Strawberry and Milk Chewy Candy, BPOM RI MD 224510008005

Jadi permen pindy susu ini aman, layak edar dan layak konsumsi yaa. Nah yang mau tau informasi lebih lanjut dari Pindy Permen Susu bisa like dan follow media sosial nya yaa facebook Permen Pindy dan instagram @permenpindyid

Pilihan cemilan untuk keluarga dan yang pasti pindy permen susu aman dikonsumsi.

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top