Story HikmahNisa

Pastikan Panahmu Tepat pada Targetmu di Bulan Ramadhan ini.

Setiap datang bulan Ramadhan, saya dan bahkan semua orang berbinar-binar menyambutnya dengan penuh suka cita. Namun terkadang banyak dari kita malah memikirkan hal yang bukan esensi ibadah pokok didalamnya, seperti buka bersama, baju lebaran, mudik dan lain sebagainya. Padahal itu masih jauh ya, apalagi lebarannya, wih puasa aja belum mulai tapi udah mikirin baju lebaran, wkwk. Astagfirullah semoga kita terhindar ya dan kembali fokus pada ibadan di bulan ramadhan ini.

Karena banyak euforia yang tidak tepat sasaran menyambut bulan ramadhan, emm.. mari kita bahas yang seharusnya tepat mengenai sasaran di bulan Ramadhan ini yuk.
Saya lebih ke sharing pengalaman pribadi dan panah yang akan saya targetkan untuk ramadhan tahun ini.

Terkadang karena euforia yang salah sasaran ini menjadikan kita lalai menjamu bulan Ramadhan yang hanya darang setahun sekali ini. Kan masih ada tahun depan? Yakin masih dikasih kesemparan bertemu?. Jadi, manfaatkan semaksimal yang kita bisa.

Esensi Ramadhan adalah bulan berkah yang dimana setiap amal perbuatan baik kita pahalanya jadi berkali-kali lipat. Sebenarnya saya pribadi sih kurang nyaman ketika beribadah karena menghitung pahalanya. Memang tidak ada salahnya namun alangkah lebih indahnya ketika kita beribadah hanya berharap Ridho ALLOH saja, beribadah wujud syukur kita kepada ALLOH yang sudah begitu banyak memberikan nikmat.

Esensi Ramadhan Adalah Bulan Berkah, Bulan Ibadah.

Mengapa dikatakan begitu, karena banyak sekali keistimewaan bulan ramadhan diantara bulan-bulan lainnya.

“Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185).

ALLOH sudah memfasilitasi berbagai bentuk ibadah yang hanya bisa dilakukan di bukan ramadhan seperti berpuada selama 30 hari dan solat tarawih.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Sesuai firman ALLOH, bulan ramadhan ini target akhirnya adalah takwa. Jadi euforia menyambut ramadhannya yaa harus karena ibadah yang hasil akhirnya menggapai takwa, bukan yang lain-lainnya. Nah agar euforia nya tepat sasaran saya selalu membuat target di bulan ramadhan. Target ibadah ya tentunya, begitupun tahun ini. Bismillah..

Target Ramadhan 2018 Hikmah Khaerunnisa :

1. Saum
Sudah 2 tahun belakangan ini saya tidak saum diganti fidyah karena hamil dan menyusui. Ramadhan kali ini Insya Allah diniatkan saum lagi karena Qatrunada sudah 16 bulan sudah bisa konsumsi variasi makan dan minuman.

2. Shalat Wajib Tepat Waktu
Terkadang santai sekali yaa mendengar adzan padahal kita tidak sedang melakukan hal yang penting. Namun ketika mendengar hp berbunyi cepat sekali tanggapnya. Bismillah sayapun ingin memperbaiki itu.

3. Shalat Sunnah Rawatib
“Barangsiapa yang tidak meninggalkan dua belas (12) rakaat pada sholat sunnah rawatib, maka Allah akan bangunkan baginya rumah di surga, (yaitu): empat rakaat sebelum dzuhur, dan dua rakaat sesudahnya, dan dua rakaat sesudah maghrib, dan dua rakaat sesudah ‘isya, dan dua rakaat sebelum subuh“. (HR. At-Tarmidzi)

4. Shalat Terawih
Seperti tahun-tahun kemarin target shalat teraweh nya harus full, tapi kali ini mau usahain buat terawihnya berjamaah, ya kalau tidak memungkinkan bisa ke mesjid, seengaknya bisa dirumah berjamaah sama suami. ❤

5. Shalat Dhuha
“Hendaknya di antara kalian bersedekah untuk setiap ruas tulang badannya. Maka setiap baca tasbih adalah sedekah, setiap bacaan tahmid adalah sedekah, setiap bacaan tahlil adalah sedekah, setiap bacaan takbir adalah sedekah, beramar ma’ruf adalah sedekah, dan mencegah kemungkaran adalah sedekah. Dan itu semua sudah tercukupi dengan dua rakaat shalat dhuha.” (H.R. Muslim)

6. One Day One Juz Al-Quran
Waktu masih gadis dulu, saya bisa melaksakan program ODOJ ini dengan cukup lancar. Namun sekarang setelah menjadi ibu dan tinggal hanya ber-3 saja, cukup sulit untuk konsisten dalam melaksanakan ODOJ ini. bismillah mulai di targetin lagi untuk bisa mudah dan lancar melaksanakan ODOJ nya.

7. Sedekah Setiap Hari
Sedekah tidak melulu harus uang ya, memberi makan kucing, membantu yang sedang kesusahan, memberi nasihat, dan lain lain, bahkan tersenyum pun masuk dalam sedekah,

“Senyum manismu dihadapan saudaramu adalah shadaqah” (HR. Tirmidzi)

Tentunya senyuman ikhlas yang yaa, hehe.

Bismillah target saya dalam ibadah di bulan ramadhan ini semoga bisa berjalan baik dan semua terlaksana sesuai targetnya. Membuat target tidak harus yang muluk-muluk, sesuaikan dengan kemampuan sehingga bisa tercapai dengan baik, tapi jangan sampai terlalu ringan juga. Diri kita yang bisa mengukur kemampuan kita sendiri, mari berikan ibadah terbaik kita di bulan ramadhan ini. Manfaatkan ramadhan ini ddngan sebaik-baiknya karena tahun depan belum tentu diberi kesempatan bertemu kembali.

Tidah hanya sebatas euforia menyambutnya tapi euforia berpores didalamnya sehingga tujuan utama bulan ramadhan tercapai yaitu TAKWA.

MARHABAN YA RAMADHAN, selamat menjalankan ibadah di bulan penuh berkah ini yaa teman-teman. Mari siapkan panahmu untuk tepat pada targetmu di bulan Ramadhan ini. 😊😊

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top