Story HikmahNisa

Mengisi Liburan di Rumah, Happy dan Mengedukasi.

20180710_123816-011888268992.jpeg

Sudah menjelang minggu akhir liburan sekolah, setelah libur lebih panjang dari liburan sekolah biasanya, mungkin karena bertepatan dengan libur hari Raya Idul Fitri juga, jadi hampir 1 bulan liburan seolah kali ini. Dimulai dari sebelum Idul Fitri sampai 2 minggu setelah Idul Fitri. Wah, libur panjang seperti ini senang atau sedih moms? πŸ™ˆ Hihihi. Sekarang sudah masuk minggu akhir libur ya, diminggu akhir ini adakah moms masih merencanakan keluar rumah untuk berlibur? Atau memilih stay dirumah saja?.

Eemm mungkin banyak yang akan memilih stay dirumah sekaligus mempersiapkan anak-anak kembali ke sekolah ya, namun tak sedikit juga yang masih memanfaatkan untuk berlibur diluar rumah. Mengisi Liburan di Rumah, Happy dan Mengedukasi.

Mengisi liburan dirumah, terkadang memang suka bingung ya, kegiatan apa yang akan dilakukan dirumah bersama anak-anak, dan yang pastinya ingin liburan mereka tetap seru juga bermanfaat walau hanya didalam rumah. Salah satunya memfasilitasi anak-anak dengan permainan edukatif.

Apa itu Permainan Edukatif?

Permainan edukasi adalah semua bentuk permainan yang dibuat, untuk memberikan pengalaman pendidikan atau pengalaman belajar kepada para pemain-pemain permainan tersebut. yang diberi muatan pendidikan. (Sumber : Kompasiana).

Jadi permainan edukasi adalah permainan yang tidak hanya dapat happy namun dapat mengembangkan otak dan keterampilan anak juga. Pentingnya memilih permianan untuk anak, kenapa? Karena otak dan kemampuan anak sedang berkembang pesat, sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik di masa-masa golden age ini.

Memilih Mainan untuk Anak

Pilihkan permainan yang anak juga ikut andil berperan didalamnya, jangan berikan anak permainan yang instan. Contohnya, ketika kita memberikan mainan kereta api yang sudah bisa berjalan dengan sendirinya menggunakan baterai dan anak hanya bisa bertepuk tangan melihatnya drngan happy, tidak ada yang bisa anak lakukan lagi. Berbeda ketika kita memberikan ia permainan lego, anak akan memainkannya dengan happy dan juga merangsang kreatifitasnya, pemecahan masalahnya, melatih motoriknya dll.

Permainan edukatif tidak harus beli ko, sekarang banyak sekali orang tua yang memfasilitasi anak dengan bermain sambil belajar dengan metode montesori, sudah banyak juga pelatihan dan buku-bukunya. Permainan-permainannya dibuat sesuai tugas perkembangan usia anak, dan dibuat dengan bahan-bahan sederhana yang ada dirumah, jadi ga harus mahal.

Nah selain melatih anak mengembangkan otaknya, ini juga menuntut orang tua berfikir kreatif dan tentunya kesabaran yang ekstra yaa 😊. Kenapa? Karena tentunya kita sebagai orangtua perlu mengajarkan perlahan dan berulang bagaimana cara memainkannya.

Dengan permainan edukasi juga anak mengembangkan daya juang, belajar measakan kegagalan, mengembangkan daya kreatifitas, melatih keterampilan motorik kasar dan motorik halus, pemecahan masalah, kesabaran, dan masih banyak lagi.

Contoh Permainan Edukatif

Beberapa contoh permainan edukatif sepert; puzzel, lego, flash card, dan lain-lain. Belum lagi krasi permainan sendiri yang dibuat oleh orangtua dirumah yang tentunya akan lebih beraneka ragam dan lebih kreatif yaa 😊.

Nah, saya ada rekomendasi buku yang cocok untuk menciptakan permainan edukatif dirumah. Alhamdulillah ini sangat bermanfaat bagi saya pribadi, terkadang lama untuk memunculkan ide, bisa tengok-tengok buku ini, eh jadi dapet inspirasi deh buat permainan apa hari esok.

Dibuku ini juga dibedakan permainan sesuai dengan rentan usia anak, dan dijelaskan apa saja manfaat dari permainan untuk anak.

Manfaat Lainnya

Selain manfaat-manfaat yang sudah dipaparkan diatas, manfaat yang paling penting menurut saya adalah permainan edukatif ini akan menambah bonding atau kedekatan anak dengan kita selaku orang tua. Sehigga meminimalisir penggunakan gadget baik untuk anak dan kita terutama sebagai orang tua, menambah quality time yang berharga setiap detiknya. Jadi yuk manfaatkan liburan anak yang hanya beberapa hari ini dengan membuat permainan edukatif bersama dirumah πŸ˜€.

Dalam tulisannya mba Astin Astanti yang berjudul Mengisi Liburan Anak Di Rumah juga membahas beberapa tips yang bisa dilakukan bersama anak dalam mengisi liburan dan tetap seru walau hanya dirumah, yuk tengok πŸ˜€.

Tulisan ini diikut sertakan dalam Post Trigger KEB kelompok Dian Sastro.

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

6 thoughts on “Mengisi Liburan di Rumah, Happy dan Mengedukasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top