Story HikmahNisa

TIPS AGAR NGEBLOG RUTIN, MALAS MENYINGKIR – PRODUKTIVITAS NGEBLOG

 

Tak dipungkiri saat ini dunia blogger berkembang sangat pesat berbanding lurus dengan teknologi digital yang terus berevolusi menjadi semakin maju. Kini, banyak orang berbondong-bondong masuk dunia blogger, kebanyakan dari mereka yang memiliki hobi menulis dan berbagi. Ternyata tidak hanya sebatas hobi, blogger kini bisa dikatakan profesi yang cukup menjanjikan loh. Bukan sembarang blogger, tentunya blogger profesional yang sudah memiliki jam terbang, yang berpengalaman dan memiliki kualitas baik dalam konten tulisan blognya.

Tentunya menjadi blogger profesional tak serta-merta seperti membalikan telapak tangan, tetaplah harus banyak belajar dan berlatih. Tak sedikit blogger pemula hanya semangat di awal namun tak bertahan lama,  karena berbagai macam alasan tentunya. Ngeblog juga perlu konsistensi, nah yang paling sulit memang konsistennya ini, apalagi untuk blogger pemula yang harusnya banyak berlatih.

Saya bisa dikatakan sebagai blogger pemula, mengalami juga masa-masa semangat diawal dan kemudian menghilang 🙈. Biasanya alasannya karena gak mood nulis, gak ada ide, gak ada waktu, minder liat tulisan dan blognya orang lain bagus-bagus. Padahal seharusnya ini bisa jadi motivasi untuk bisa seperti mereka ya. Setelah saya beberapa kali timbul tenggelam dalam dunia blogger, dan bertanya pada diri sendiri, bagaimana mau jadi blogger profesional kalau malas-malasan seperti ini. Akhirnya saya membuat strategi agar bisa terus konsisten ngeblog.

Alhamdulillah sekarang saya sudah tidak pernah menghilang lagi dan malah semakin semangat belajar dan berlatih ngeblog. Berikut beberapa tips yang saya lakukan untuk bisa konsisten ngeblog ;

1. Kuatkan Niat/Tujuan
Niat/tujuan ini menjadi hal yang paling penting dalam melakukan segala sesuatu termasuk dalam ngeblog ini. Tanyakan pada diri sendiri tujuan/niat untuk ngeblog itu apa sih. Kalau saya ingin mengembangkan diri, menyalurkan hobi menulis secara positif, ingin berbagi ilmu dan pengalaman untuk orang lain. Niat ini bisa jadi motivasi ketika sedang khilaf, hihi. Maksudnya ketika sedang tidak semangat ngeblog. Ketika malas datang kembali ingat niat awal, kembali ingat tujuan ngeblog apa dan manfaat untuk diri sendiri dari kegiatan ngeblog apa?, bisa menyalurkan hobi nulis, mengembangkan diri, berbagi ilmu dan pengalaman untuk orang lain, jadi berputar kembali lagi ke niat. Dan salah satu dasar motivasi dari niat saya adalah ilmu yang bermanfaat salah satu amal jariah yang tidak akan pernah putus sampai akhirat. Tentunya niat/tujuannya harus positif dulu ya. Kalau masih negatif coba luruskan dulu niatnya dan buat jadi positif.

2. Banyak Membaca


Alasan timbul tengelam ngeblog itu salah satunya adalah tidak ada ide atau bingung merangkai kata-kata dalam menulisnya. Nah ini solusinya banyak baca, selain banyak wawasan yang akan memunculkan ide-ide dalam diri kita, otomatis juga akan menambah kosa kata kita dalam menulis, dan ini salah satu modal menjadi penulis dan blogger ya. Bisa baca buku, mampir ke blog teman dan baca-baca tulisannya, baca majalah atau apa saja yang dapat menambah wawasan dan perbendaharaan kata kita nantinya.

3. Mengikuti Berbagai Macam Event
Ini juga salah satu cara untuk menambah ide dan wawasan kita, tak hanya itu mengikuti berbagai macam event blogger juga membuka jalan memperluas pertemanan kita dengan blogger-blogger lain. Semakin banyak teman semakin semangat ngeblog kan? Hehe.

4. Masuk dalam Komunitas Blogger
Nah ini yang tak kalah penting, komunitas akan membantu kita belajar dan berlatih menjadi blogger profesional. Kita juga belajar bagaimana bisa berkontribusi positif dalam komunitas tersebut. Banyak informasi kegiatan blogger, dan kita semakin kuat dengan komunitas.

5. Mengikuti Lomba Blog
Ini salah satu andalan saya dalam konsisten ngeblog, yup ikutan lomba, hihi. Tujuannya adalah untuk berlatih, seolah dipaksa ngeblog
Apalagi lomba sudah ada ketentuan tema dll. Sehingga lebih memudahkan untuk mencari ide, menurut saya 😁. Ketika kalah gak masalah, sudah bersyukur karena bisa ngisi blog terus, jadi gak menghilang lagi, hihi. Karena niat awalnya untuk strategi konsisten ngeblog. Ketika menang? Ini bonus dari Allah karena kesungguhan kita.

6. Buat Mood Selalu Datang
Alasan lainnya ya gak mood nulis, ini bisa siasati dengan memunculkan mood. Jadi jangan menunggu mood datang, karena kalau menunggu entah kapan datangnya 😁. Deadline banyak tapi mood belum datang, ide sudah banyak tapi mood belum datang, lomba sebentar lagi ditutup tapi mood belum datang, cape deh kalau nunggu mood 😅. Kita bisa kok membuat mood itu selalu datang, caranya? Buat situasi dan kondisi supaya mood datang. Ini setiap individu berbeda, ada yang nyaman ketika menulis sambil minum kopi / teh ditemani cemilan, atau nyaman ketika menulis sambil mendengarkan musik, atau seperti saya, nyaman ketika menulis setelah anak tidur, emak-emak life banget ya 😂.

Nah itu tips dari saya agar konsisten ngeblog, teman-teman juga bisa baca tulisannya Intan Novriza Komala Sari tentang Meningkatkan Produktifitas Ngeblog  .

Tulisan ini diikut sertakan dalam #KEBBloggingCollab kelompok DiSas, Post Trigger ke-5.

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

6 thoughts on “TIPS AGAR NGEBLOG RUTIN, MALAS MENYINGKIR – PRODUKTIVITAS NGEBLOG

  1. Mood nulis emang naik turun dan kalau nunggu datqng sendiri malah bakalan ya mba. Karena dasarnya kan sifat malas itu godaan terbesar.

Leave a Reply to Hikmahnisa.com Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top