Story HikmahNisa

Merayakan Hari Kemerdekaan, Mengapa dengan Perlombaan? Yuk Simak Tujuannya

17 agustus tahun 45,
Itulah hari kemerdekaan kita,
Hari merdeka nusa dan bangsa,
Hari lahirnya bangsa Indonesia,
Merdeka..
Sekali merdeka tetap merdeka,
Selama hayat masih ditanggung badan,
Kita tetap setia tetap setia,
Mempertahankan Indonesia,
Kita tetap setia tetap setia,
Membela negara kita.

9

Mendengarkan dan melantunkan lagu-lagu kebangsaan seperti mengecharge kembali jiwa nasionalisme yang sudah mulai meredup dengan kericuhan perpolitikan di negeri ini. Hari kemerdekaan 17 agustus juga jadi salah satu momen dimana semua orang kembali menyalakan jiwa nasionalismenya. Bagaimana tidak, hampir semua wilayah Indonesia serentak mempersiapkan peringatan 17 agustus, dari mulai memasang bendera merah putih di setiap rumah, membuat kepanitiaan karang taruna untuk acara 17 agustusan, sampai mengikuti rangkaian acara perlombaan dengan semangat sukacita, tentunya dengan hati penuh cinta kepada negeri Indonesia.

Mengapa peringatan kemerdekaan identik dengan acara perlombaan? Beberapa kali pertanyaan iti muncul dalam benak saya. Mengapa harus lomba? Apa tujuannya?. Adakah yang sama bertanya-tanya seperti saya? Hihi. Setelah mencari tahu dan menganalisa, ternyata tujuannya luar biasa loh. Yuk simak, berikut beberapa tujuannya ;

1. Semangat Gotong Royong dalam Mencapai Satu Tujuan Bersama.
Perlombaan yang berkempok, mengharuskan anggota tim bekerja sama membuat strategi dalam mecapai tujuan yang sama. Membuat mereka harus bergotong-royong, bahu-membahu demi mencapai satu tujuan. Seperti dalam perlombaan legendaris, lomba panjat pinang dan lomba bakiak.

Pict from google

Kini banyak permainan modern yang dimodifikasi, namun tujuan akhirnya sama untuk menanamkan semangat gotong royong. Seperti di daerah komplek rumah tante saya, ada perlombaan kebersihan lingkungan, tim terdiri dari 1-8 rumah. Mengharuskan warga bergotong royong membersihkan daerah rumahnya, dari mulai rumah, jalanan disekitar, selokan, dll.

2. Kerja keras dalam Persatuan dan Strategi Mengalahkan Lawan.
Perlombaan ini juga biasanya berkelompok, namun langsung berhadapan dengan lawan, sehingga harus menyiapkan strategi dalam mengalahkan lawan. Contohnya pada permainan tarik tambang, bagaimana tim harus bekerja sekuat tenaga untuk menang dari lawannya. Contoh lain, dalam pertandingan olahraga seperti sepak bola, basket, volly, dan lain sebagainya.

Pict From Google

3. Tetap Semangat walau dalam Kesulitan dan Keterbatasan (Mengenang Perjuangan Rakyat Indonesia sebelum Merdeka).
Seperti yang kita ketahui bahwa sebelum merdeka keterbatasan sandang, pangan, papan, yang dirasakan rakyat Indonesia sangatlah memilukan, namun keterbatasan dan kesulitan itu tidak mematahkan semangat mereka untuk berjuang demi kemerdekaan bangsa. Pesan ini yang ingin disampaikan dalam perlombaan legentaris, lomba makan kerupuk dan lomba balap karung.

Pict From Google

Perlombaan makan kerupuk dan balap karung menjadi simbol bahwa kita harus tetap semangat walau didera kesusahan dan keterbatasan (yang disimbolkan dengan kerupuk dan karung).

Pict from google

Setelah memahami tujuan perlombaan pada peringatan 17 agustus tentunya kita akan lebih semangat dan siap untuk menang, tidak hanya dalam lomba 17an tapi juga dalam kontribusi untuk bangsa dan negeri tercinta Indonesia.
Teman-teman juga bisa membaca tulisan Puspita ย tentang Perlombaan 17 Agustus yang Legendaris.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72

Tulisan ini diikutsertakan dalan post triger KEB kelompok Disas.

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

11 thoughts on “Merayakan Hari Kemerdekaan, Mengapa dengan Perlombaan? Yuk Simak Tujuannya

  1. jadi kangen pengen ikut lomba makan kerupuk, balap karung, masukin pena ke botol lagi huhuhu.. udah emak-emak gini lombanya terbatas cuma lomba bakiak doang haha

    hikmaaah, long time no see ๐Ÿ˜€

  2. Walo biasanya ga pernah ikutan lomba2 17 ini, kecuali zaman sekolah dulu :p, tp msh suka kalo meliat lomba2 ini, apalagi kalo ada kreasi lomba yg ga seperti biasanya :D. Kucu, heboh, meriah jadinya. Yg tdnya ga kenal2 amat ama tetangga A, malah jd tau :p

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top