Story HikmahNisa

HYPNOBIRTHING (1) – Benarkah melahirkan tanpa rasa sakit?

Pict from google

Assalamualaikum,

Tak dipungkiri melahirkan merupakan salah satu perjuangan seorang ibu yang luar biasa beratnya, setelah mengandung dengan banyaknya perubahan fisik juga psikis yang terjadi. Ibu kembali harus berjuang melahirkan yang sakitnya tidak perlu kita tanyakan lagi. Melahirkan antara hidup dan mati itu nyata adanya, oleh karena itu bagaimana Allah sangat memuliakan seorang ibu.

Rasa nyeri ini yang banyak dikhawatirkan, ditakutkan oleh sebagian besar ibu yang akan melahirkan. Bagaimana tidak? Cerita pengalaman orang-orang yang sudah melahirkan atau teori-teori tentang melahirkan itu luar biasa ngeri ya. Bahkan sekarang banyak yang mendokumentasikan proses persalinan yang ketika saya tonton itu ngeri-ngeri sedep. Walau ujungnya memang senyum bahagia seorang ibu yang melihat bayinya menangis, mengharukan. Banyak calon ibu yang stres dalam menghadapi persalinan karena begitu banyaknya rasa takut dan cemas dalam pikirannya.

Kesiapan ibu menghadapi proses persalinan ini salah satu dari sekian banyak hal yang harus dipersiapkan. Bahkan yang utama menurut saya, dibanding persiapan baju bayi dan seluk beluknya. Mempersiapkan diri menghadapi proses persalinan lebih penting terutama untuk psikis ibu agar tetap stabil dan tidak mengalami stres.

Rekam Rasa Takut Mempengaruhi Proses Persalinan

Ketika seseorang mengalami stres atau memiliki rasa takut, cemas, pesan tersebut disampaikan oleh reseptor keseluruh tubuh. Tubuh secara otomatis akan mengeluarkan hormon stres yaitu katekolamin dan adrenalin. Ibu hamil yang tidak dapat melepaskan rasa takut, cemas sebelum melahirkan akan merangsang hormon stres yang tinggi. Secara fisiologis akan menyebabkan kontraksi rahim terasa semakin nyeri dan sakit.

Sebaliknya, dalam kondisi tenang, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yaitu penghilang rasa sakit alami dari dalam tubuh. Menurut para ahli, endorfin 200x lebih kuat dibandingkan morfin. Dengan kondisi tenang, nyaman dan stabil, seorang ibu hamil akan mampu menetralisir rekaman negatif mengenai kehamilan dan proses persalinan, menggantinya dengan program positif (afirmasi positif). Sehingga ibu akan mampu melewati masa kehamilan dan persalinan dengan nyaman dan lancar.

Mengapa memilih Hypnobirthing?

Basic ilmu psikologi yang saya miliki selama perkuliahan sedikit banyaknya menguatkan keyakinan yang saya miliki, bahwa ;

  • Psikis akan sangat mempengaruhi fisik.
  • Pengaruh alam bawah sadar lebih besar dibanding alam sadar.
  • Pikiran positif akan membawa kebaikan yang positif juga.

Dan akhirnya saya memutuskan untuk ikut pelatihan hypnobirthing untuk mengupayakan yang terbaik untuk proses kelahiran nanti dan sayah satu ikhtiar saya dalam mempersiapkan proses persalinan.

Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari dan diisi oleh bidan senior yang mendalami hypnobirthing juga, dan kodratullah beliau juga yang membantu saya dalam proses persalinan dengan metode hypnobirthing. Selama pelatihan berlangsung, setiap materi yang dipaparkan, setiap praktik yang dilakukan, semakin lama semakin saya merasa sangat cocok dengan metode ini. Saya merasa bahagia akan menghadapi persalinan.

Apa itu Hypnobirthing?

Hypnobirthing adalah upaya alami menanamkan niat kepikiran bawah sadar untuk menghadapi persalinan dengan tenang dan sadar.

Dikembangkan oleh Marie Mongan sejak tahun 1959. Hypnobirthing bukan sesuatu yang baru, namun saat ini sudah dilengkapi dengan penjelasan secara ilmiah dan terprogram sehingga hasilnya lebih optimal.

Hypnobirthing juga merupakan salah satu otohyonosis (self hypnosis) yaitu upaya alami menanamkan niat positif atau sugesti ke jiwa/pikiran bawah sadar dalam menjalani masa kehamilan dan persiapan persalinan.

Seperti yang banyak dikemukakan teori dasar psikologi bahwa pikiran bawah sadar berperan 82% terhadap fungsi dirinya sedangkan jiwa sadar hanya berperan 12%. Keyakinan yang tertanam di dalam jiwa bawah sadar akan menjadi kenyataan. Bisa dibayangkan jika pikiran dipenuhi rekaman negatif seperti takut, khawatir, cemas, rendah diri, dsb. Ini akan jelas sangat mempengaruhi keadaan dirinya baik psikis maupun fisik. Namun semua pikiran negatif ini bisa kita ganti dengan hal yang positif yang kita inginkan. Caranya dengan reprogramming dengan niar dan sugesti positif.

Sampai disini apakah sudah terbayang bagaimana hypnobirthing ini bekerja?. Agar lebih memahami dasar metode hypnobirthing, selanjutnya akan dijelaskan berbagai manfaatnya.

Manfaat Hypnobirthing

Selama Kehamilan :

  • Mengatasi rasa tidak nyaman selama hamil dan rasa sakit melahirkan tanpa efek samping terhadap janin.
  • Mengurangi rasa mual, muntah, pusing di trimester.
  • Membantu janin terlepas dari kondisi lilitan tali pusar, bahkan bisa memperbaiki posisi janin yang letaknya sungsang menjadi normal.
  • Membuat kondisi ibu hamil menjadi tenang dan damai selama kehamilannya. Ketenangan dan rasa damai juga akan dirasakan janin.

Menjelang Persalinan :

  • Mengurangi kecemasan serta ketakutan menjelang persalinan yang dapat menyebabkan ketegangan, rasa nyeri saat kelahiran.
  • Mampu mengontrol sensasi rasa sakit pada saat kontraksi rahim.
  • Meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh untuk mengurangi bahkan menghilangkan nyeri pada saat kontraksi dan persalinan.

Setelah Persalinan :

  • Meningkatkan ikatan batin bayi dengan ayah dan ibunya.
  • Mempercepat pemulihan dalam masa nifas
  • Memperlancar produksi ASI
  • Pada saat lahir bayi lebih tenang (tidak mudah rewel)
  • Membantu mempersiapkan kesehatan janin sehat fisik, mental dan spiritual
  • Mencegah stres pasca persalinan (baby blues)

Masya Allah luar biasa ya manfaatnya, manfaat ini akan kita dapat dengan kesungguhan ikhtiar dalam menjalankan proses hypnobirthing, terus dan terus dilatih.

Berlatih Hypnobirthing

Seperti yang sudah dipaparkan di atas, bahwa hypnobirthing ini adalah salah satu metode self hypno, artinya kita dapat melakukannya sendiri dirumah. Bagaimana caranya?

 

  • Relaksasi

 

Dasar hypnobirthing adalah relaksasi dimana kondisi istirahat tubuh dan jiwa (pikiran, kemauan, perasaan). Berikut langkah-langkah relaksasi :

  1. Pilih waktu yang tepat.
  2. Persiapkan tempat/ruangan dengan suasana yang tenang.
  3. Pastikan kandung kemih kosong.
  4. Kenakan baju yang longgar dan nyaman.
  5. Menggunakan musik yang tenang untuk relaksasi.
  6. Menggunakan aroma therapy.
  7. Lakukan relaksasi. Membuat otot lemas, rileks, sampai tidak mampu digerakan dan kita tidak mau untuk menggerakan saking rileksnya. Nafas tenang dan teratur, pikiran fokus hanya pada diri kita (proses relaksasi dan afirmasi positif yang diberikan).

 

  • Afirmasi Positif

 

Afirmasi positif sering disebut sugesti positif merupakan pengungkapan dengan kalimat positif mengenai hal-hal yang kita inginkan dalam proses kehamilan dan persalinan. Membuat afirmasi positif juga harus dengan kalimat yang baik dan positif, hindari kata negatif seperti kata ‘jangan’ atau ‘tidak’. Contoh kalimat afirmasi positif :

  • Aku mempercayai tubuhku, tubuhku sehat dan kuat.
  • Aku adalah wanita yang tegar dan kuat, aku menerima diriku sebagai wanita yang tangguh.
  • Tubuhku mengetahui bagaimana janin ini tumbuh, tubuhku juga mengetahui bagaimana caranya bayi ini lahir.
  • Leher rahimku dengan kuat dan aman menyangga dan menjaga janinku.
  • Persalinan adalah hal yang luar biasa, alami dan wajar.

Kita juga dapat membuat kalimat afirmasi sesuai dengan persalinan idaman yang kita idamkan atau inginnya dinamakan afirmasi khusus, contohnya :

  • Mulai saat ini sampai persalinan nanti posisi bayi normal, persalinan bisa alami, nyaman dan lancar.
  • Darah segera berhenti, tubuh saya masih membutuhkannya.
  • Setiap kontraksi adalah gerakan alami rahim saya, biarkan otot semakin rileks lentur dan mulut rahim membuka sempurna.
  • Mulai saat ini dan seterusnya tekanan darah normal, kehamilan nyaman, bayi tumbuh sehat sampai kehamilan 9 bulan, persalinan alami, nyaman dan lancar.

Pemberian afirmasi harus disertai dengan keyakinan pada diri sendiri. Pastikan niat atau tujuan sesuai dengan kalimat afirmasinya. Saya memiliki pengalaman niat/tujulan kurang sesuai dengan afirmasi atau sugesti yang diberikan. Saya memberikan afirmasi khusus “bayi lahir dengan berat badan 2.6kg”. Niatnya agar tidak dijahit juga proses persalinan tidak terhambat dengan berat badan bayi yang terlalu besar. Ternyata saya tetap dijahit, haha 😅, karena kalimat afirmasi kurang sesuai dengan tujuan yang diinginkan.

Afirmasi positif ini diberikan ketika kita sudah dalam posisi relaksasi.

Tentang hypnobirthing ini akan saya lanjutkan dengan 2 tulisan lainnya, jadi tulisan ini bersambung ya. Selamat berlatih 😊.

Semoga bermanfaat ❤

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

47 thoughts on “HYPNOBIRTHING (1) – Benarkah melahirkan tanpa rasa sakit?

  1. Dulu saya pernah ikutan hypnobirth ini loh, berapa kali yah lupa hehe tapi pas melahirkan blasss lupa, sakit mah sakit aja. Mungkin saya kurang fokus selama ikutan kelas hypnobirth kali yah hehe

  2. Pas mempersiapkan kelahiran anak pertama dulu sempat baca-baca soal hypnobirth ini, dan berusa memberi afirmasi positif. Puji Tuhan meski kontraksinya berhari-hari tapi lahirannya normal tanpa drama. percaya pada tubuh dan diri sendiri emang penting banget.

  3. makasih mba sharingnya. saya lg hamil anak ketiga kayanya sih cesar lagi karena mata minusnya banyak banget dan sejarah 2 anak sebelumnya jg cesar. tp tetap ada rasa takut walaupun katanya cesar mah gampang lah ga perlu ngeden2. terutama rasa takut sakit setelah operasi dan gabisa cepet sehat mengurus keluarga dan rasa takut terkena baby blues:(

  4. Waw, ak dulu sempat kepo sm hypnobirthing ini. Tp so far nerapinnya ya gitu2 aja. Haha. Persalinan awal ak cesar btw, krn ketuban pecah duluan n ga ad pembukaan. Ga tau deh knp bgt pdhl pikiran dah relaks banget. Haha.. Ditunggu tulisan berikutnya mb..

  5. waktu hamil anak pertama saya rajin ikutan hypnobirthing dirumah juga tapi sayang pas hari H lahiran semuanya menguap apa yang saya pelajari memang sih kendali untuk tidak teriak2 ada tapi buat afirmasi positif kalau ga ada rsa sakit ra iso sampe aku ga bisa tidur hahaha pas anak kedua bablas ga samsek praktekin hypnobirthing

  6. Aku dulu juga latihan hypnobirthing meski akhirnya lahiran cesar, tapi manfaat hypno katanya bikin aku cepat pulih. Dan memang benar, setelah 2 hari lahiran sc aku udah bisa jalan2 dengan santai

  7. Pas anak pertama aku gak kenal ini. Pas anak kedua ikutan senam hamil diajarin cuma tetep gk bisa hahaha 😛
    Tapi mayanlah, gak senorak anak pertama lahirannya, lbh tenang, walau tetep ada ngeluh2nya. Pdhl sebelahku bisa lahiran dgn satu tarikan nafas. Gk tau deh knp yaaaa #tutupmuka

  8. Tiap ibu beda beda ya proses melahirkan nya. Aku dua kali lahiran anak susah semua. Yg seruangan ama ku cpat bgt lahirnya. Hiks.. Skrang masih agak takut mau hamil lagi kebayang sakitnya wkwk.. Oya banyak jg ni yg nyarani hypnobrithing krn katanya bs ngurangi rasa sakit y

  9. Kalau bisa mengurangi rasa sakit ya hebat sekali ini teknik, nyimak aja dulu dah sebagai kaum lelaki.

    Besok bisa di bilangin ke calon istri, kalau uda ada jodohnya maksudnya. 😀

  10. Mau tambah anak aja..kadang suka cemas…, Bermanfaat banget nih artikel mba.., hypnobirthing ini bisa dilakukan sendiri ya.., memotivasi diri..

    Semoga kalau hamil nanti aku gak cemasan ..apa2 didramatisir..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top