HikmahNisa

Memperluas Jaringan, Menguatkan Sayap

Assalamualaikum,

Tak dipungkiri lingkungan sangat mempengaruhi diri kita. Maka pentingnya memilih lingkungan yang baik.

“Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR Bukhari dan Muslim).

Pertemanan dan lingkungan juga dapat menguatkan diri kita. Seperti sapu lidi, jika sendiri ia tidak maksimal berfungsi menyapu, namun jika bersama akan mampu berfungsi maksimal menyapu kotoran.

Semenjak memutuskan untuk fokus di dunia blogger, saya segera mencari berbagai komunitas blogger. Sebagai sarana memaksimal proses belajar dan berkembang untuk menjadi seorang blogger profesional. Salah satunya saya bergabung dengan blogger perempuan. Mengapa harus berkomunitas? Berikut manfaatnya;

MANFAAT BERKOMUNITAS

  • Memperluas Jaringan

Menjadi seorang blogger tentunya tidak bisa berdiri sendiri, seperti yang kita ketahui blogger dengan blogger lainnya saling support dan tergabung dalam sebuah komunitas. Untuk apa? Tentunya untuk memperluas jaringan, menambah pertemanan. Karena blogging bukan hanya sekedar menulis tapi juga berinteraksi, salah satunya dengan saling BW (Blog Walking). Biasanya komunitas memfasilitasi blogger untuk menghadiri acara-acara, dan disitu para blogger saling bertemu, berbagi informasi dan pengalaman yang baik seputar menulis.

  • Memperdalam Ilmu

Dengan bergabung dalam sebuah komunitas blogger, yang tentunya memiliki visi dan misi yang sama. Maka biasanya l komunitas akan memfasilitasi anggotanya untuk memperdalam ilmu tentang blogging. Dengan berbagai metode, biasanya untuk komunitas blog, sering mengadakan lomba atau challenge menulis, karena menulis memang butuh banyak latihan.

  • Menguatkan Sayap

Seperti gambaran sapu lidi tadi, seorang blogger akan lebih kuat dengan komunitas. Kuat dalam mengepakkan sayap untuk menjadi blogger profesional. Banyaknya support, banyaknya ilmu dan banyaknya pengalaman yang dibagikan di dalam suatu komunitas, tentu akan menguatkan seorang blogger untuk terus belajar dan berkembang.

Baca juga tentang tips agar Ngeblog Rutin, Malas Menyingkir.

Sungguh sangat beruntung saya dipertemukan dengan komunitas-komunitas baik salah satunya blogger perempuan. Salah satu bukti nyatanya, saat ini saya sedang mengikuti challenge 30 hari menulis yang diadakan oleh komunitas blogger perempuan. Sangat membantu saya sebagai blogger pemula untuk bisa berlatih konsisten menulis setiap harinya. Menjemput ide setiap hari, dengan tema yang sederhana namun tetap harus ada manfaat yang dapat diambil oleh penulis juga pembaca. Bukankah ini satu dari sekian banyak proses yang harus dilalui untuk menjadi blogger profesional?

Mari berkomunitas, semoga bermanfaat ❤

Tulisan ini diikut sertakan dalam Challage Blogger Perempuan Network.

 

About Hikmahnisa.com

Hikmah ingin berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana bahagianya menjadi seorang Istri, Ibu, dan Hamba Allah. Blog ini akan berisikan tulisan seputar merried, parenting, islamic dan lifestyle. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top