Story HikmahNisa

Tema Blog Sebagai Gambaran Passion dan Personal Branding

Assalamualaikum,

Semenjak mengenal blog, saya fokus belajar seluk beluk menulis di blog, dari mulai sering blog walking dan rutin latihan. Sampai saat ini masih learning by doing, saya masih fokus belajar menulis untuk menghasilkan tulisan yang menarik, mudah dipahami dan disukai pembaca. Sedangkan untuk template, tema dll berkaitan dengan fisik blog, masih meraba-raba. Biasanya saya baca tulisan teman-teman dan coba mempraktekannya, namun ternyata tak semudah yang dibayangkan πŸ˜…. Sepertinya perlu ikut seminar atau belajar khusus pada ahlinya, haha #gapede.

Hasil dari blog walking ternyata blogger-blogger keceh ini punya kekhususan dalam tema blog mereka. Eemm saya pun tentunya harus buat kekhususan tema blog saya. Why? Because

Passion, pastinya setiap penulis memiliki kekhususan dalam bidang tulisnya, biasanya ini berkaitan dengan passion atau peminatan si penulis. Ada yang suka dengan kuliner dan traveling sehingga ia mengkhususkan tulisannya mengenai travel food. Seperti penulis novel terkenal Tere Liye yang tulisannya khusus berkaitan tentang makna cinta dan arti kehidupan. Asma Nadia penulis yang karya-karya nya tidak pernah diragukan lagi, tulisannya selalu bergenre pernikahan. Menulis apa yang kita suka pastinya akan lebih enjoy dan nyaman malah akan memberikan sensasi kebahagiaan yang tidak terbayar #caelah πŸ˜…. Jadi tentukan passionmu dan mulailah menulis sesuai yang kita suka 😘.

Personal Branding, tema blog atau tulisan yang kita pilih juga nantinya berkaitan dengan personal branding pada diri kita. Bagaimana diri kita membuat brand mengandung kepribadian yang utuh. Potensi yang kuat dan ciri khas diri kita, yang membedakannya dengan orang lain. Tentunya dibangun melalui value, skills, attitude, dan pendukung lainnya seperti penampilan. Orang akan mengenal kita sebagai apa, misalnya saya ingin dikenal sebagai mom blogger yang berbagi tulisan tentang seluk beluk dunia parenting. Jadi ketika orang lain membutuhkan bahan bacaan yang bertemakan parenting, diharapkan akan ingat dengan kita β€œoia, HikmahNisa kan momblogger suka bahas parenting”. Ciri khas yang ada pada seorang penulis / blogger menjadi hal yang penting.

Tema Tulisan Blog Saya

Secara gambaran umum, tulisan saya mengarah pada bidang psikologi. Sangat menyukai ilmu ini, dan 4 tahun mengenyam bangku kuliah di bidang ini, masih ada harapan besar dalam jiwa saya untuk bisa melanjutkan studi mengambil profesi. Doakan teman semoga bisa tercapai, terlaksana sebagaimana rencana yang sudah dibuat. Aamiin YRA πŸ™. Bidang psikologi ini sangat luas cangkupannya, sehingga saya perlu untuk mengerucutkan kembali. Maka saya memilih beberapa poin di bawah sebagai tema blog saya :

Married

Seluk beluk mengenai pernikahan dan rumah tangga. Pernikahan adalah universitas kehidupan, sebagaimana universitas, tentunya kita sedang belajar dan berproses di dalamnya. Ini akan berlangsung sangat lama, dan tentunya tidak hanya masa indah, kita juga akan banyak menghadapi masa sulit. Bagaimana kita bisa berlayar dengan pasangan melewati samudra, tak jarang melalui badai dan ombak selama perjalanan.

Begitupun dengan pernikahan saya dan suami yang masih seumur jagung, masih banyak yang akan kami hadapi di depan saya. Setiap pernikahan memiliki ceritanya masing-masing, dan saya akan membagikan ilmu dan pengalaman untuk dibuat rekam jejaknya dan yang terpenting bisa bermanfaat untuk pasangan atau calon pasangan lainnya.

Parenting

Seperti sudah sepaket, dalam pernikahan tentu ada harapan buah hati, buah cinta antara suami istri. Bagaimana cinta dan sayang keduanya menyatu, sosok ibu dan sosok ayah berperan dalam pengasuhan dan pendidikan anak mereka. Saya termasuk ibu baru yang masih harus banyak belajar, ilmu dan pengalaman tentang pengasuhan dan pendidikan yang saya dan suami buat untuk Qatrunada, putri kami. Agaknya harus dibuat rekam jejaknya dan dibagikan, semoga ada ilmu dan hikmah yang bisa ibu/ayah lain petih dari kisah kami.

Islamic / Self Manajemen

Saya seorang muslimah, saya masih belajar dan berproses menjadi seorang muslimah yang baik, meneguhkan iman dan menguatkan ketakwaan kepadaNya. Selama proses itu penting saya menulis untuk mengingatkan diri (self reminder) yang banyak lupa, banyak khilaf. Juga bisa mengingatkan dan mengajak pembaca bersama-sama menjadi seorang muslim seutuhnya. Selain itu, kewajipan seorang muslim untuk menasihat menasihati dalam kebaikan dan kesabaran.

β€œSampaikan dariku walau satu ayat” (H.R. Bukhori)

Ketiga tema blog diatas menjadi kefokusan dalam tulisan saya. Namun tak jarang saya juga membagikan konten-konten seperti traveling dan kuliner, walau tak sesering tiga tema utama diatas sih, hehe. Ketika memang itu akan bermanfaat bagi orang lain dan momen itu memang dirasa penting bagi saya untuk direkam jejaknya. Maka pasti akan saya tulis.

Jadi apa tema blog teman-teman? Apakah sudah menggambarkan passion dan personal brand teman-teman?. Semoga bermanfaat 😊

Tulisan ini diikut sertakan dalam Challage Blogger Perempuan Network.

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

4 thoughts on “Tema Blog Sebagai Gambaran Passion dan Personal Branding

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top