Story HikmahNisa

2018 Year in Review Blog

Assalamualaikum,

Alhamdulillah wansyukurillah sudah melewati tahun 2018 dengan suka cita, merasakan asam manis nya di tahun ke-2 menjadi ibu penuh waktu. Salah satu yang sangat saya syukuri adalah tahun 2018 adalah tahun saya menemukan jati diri dan merasa lebih produktif. Lah terus selama ini kemana aja?

Tahun 2018 adalah tahun dimana saya sudah stabil dari penerimaan menjadi seorang ibu dan full time dirumah. Karena hinestly ‘penerimaan’ ini proses panjang bagi saya. Ternyata Allah merencanakan hal lebih indah dari yang saya kira, dari rumah saya menemukan jati diri dan kebahagiaan yang tak ternilai. Yup, saya kembali ingat kalau saya suka menulis.

Baca selengkapnya : Alasan Memilih Menulis dan Cerita Liku Menulisku

Allah membuka jalan selebar-lebarnya bagi saya untuk kembali terjun ke dunia yang saya berbinar-binar karenanya. Cepat sekali prosesnya, Allah bukakan jalan bergabung di komunitas Ibu Profesional yang mengharuskan saya menulis newhomework setiap hari selama 10-15 hari sebulan. Lalu, Allah bukakan saya mengenal blog dan bergabung di komunitas-komunitas blogger. Masya Allah, dari situ saya merasa bahagia, seperti menemukan sesuatu yang berharga dan lama hilang di diri saya.

Saya sangat menikmati disetiap proses belajar menulis dan belajar menjadi blogger. Ikut komunitas membuat saya tertularkan energi-energi positif yang membuat terus semangat menulis dan ngeblog.

Walau mengenal blog tahun 2017 dan baru benar-benar fokus di tahun 2018 ini. Saya memiliki beberapa pencapaian yang menurut saya pengalaman berharga bagi seorang blogger newbie, diantaranya :

  • Bergabung di 5 Komunitas Blogger

Tahun ini saya bergabung di 5 komunitas blogger yang kece-kece. Kumpulan Emak-emak Blogger, Blogger Perempuan Network, BloggerCorny, Mom Blogger Comunnity, dan Indonesia Hijab Blogger.

Bergabung di komunitas blogger sebuah pencapaian buat saya, karena ketika bergabung terbuka lebar pintu-pintu untuj belajar dan berkembang mendalami dunia menulis/blogger. Menguatkan sayap untuk menjadi blogger profesional. Menambah banyak teman yang memiliki hobi yang sama, saling berbagi informasi, saling menukarkan energi positif, semangat menulis dan berbagi. Masya Allah 😍🙏

Baca juga : Memperluas Jaringan, Menguatkan Sayap

  • Mengikuti 4 Kali Lomba Blog

Bergabung dengan komunitas blogger, banyak membuka wawasan bagi saya yang baru masuk ke dunia blogger. Salah satunya mendapat informasi memgenai lomba-lomba blog. Saya pernah mencoba 4 kali mengikuti lomba blog, walau belum berkesempatan menang, namun saya sangat bersyukur karena salah satu cara produktif ngeblog ala saya adalah mengikuti beberapa lomba.

Baca juga : Tips Agar Ngeblog Rutin, Malas Menyingkir – Produktifitas Ngeblog

Memang tidak semua lomba saya ikuti, termasuk yang pilih-pilih. Saya ikut lomba jika memang produk atau lomba tersebut saya sukai dan saya merasa tidak diberatkan atau enjoy melakukannya. Sehingga jikalau tidak menang tidak akan kecewa karena saya mengikutunya dengan suka hati 😊

  • Mengikuti Arisan Blog

Di komunitas kumpulan emak-emak blogger saat itu mengadakan arisan blog, alhamdulillah saya berkesempatan ikut. Jadi dibuat perkelompok, saat itu saya kelompok DiSas beranggotakan 5 orang. Saya senang dan semangat mengikutinya, menguatkan sayap drngan menambah jaringan pertemanan. Selain itu juga jadi terlatih terus ngeblog kan, hehe salah satu strategi produktif nulis juga biar gak loyo 😀.

  • Menghadiri 2 Event Blogger

Sebenarnya banyak sekali event yang ingin diikuti, namun baru 2 event yang berkesempatan saya hadiri. Mengingat saya hanya ber3 di kota Jakarta ini, dengan suami dan Nada. Jadi ketika ada event di weekday saya galau, haha. Membawa balita ke sebuah event juga banyak pertimbangan, apakah boleh atau tidak oleh penyelenggara acara, apakah saya mamou fokus atau tidak disana. Jadi saya lebih memilih event ketika weekend, Nada bisa titip ayahnya dan saya bisa fokus mengikuti event. Hehe.

Sebagai blogger pemula bisa ikut serta dalam 2 event blogger sudah jadi kebanggan buat saya, alhamdulillah 😀.

  • Mengikuti 2 Challage Blog

Penutupan di akhir tahun 2018 ini, saya tutup dengan sukses mengikuti challenge dari Blogger Perempuan Network. Menulis selama 30 hari berturut-turut dengan tema yang ditentukan. Ini salah satu pencapaian yang dibanggakan bagi saya, tantangannya luar biasa terutama di manajemen waktu saya. Namun alhamdukillah wa syukurillah saya mampu konsisten. Terakhir saya ikut Challenge 2018 Year in Review Blog ditulisan ini. Semoga kekonsistenan ngeblog ini berlanjut dan harus meningkat di tahun 2019. Aamiin YRA.

Baca juga : Target Blogging Tahun 2019

Tulisan ini diikutsertakan dalam Challenge 2018 Year in Review Blog

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

2 thoughts on “2018 Year in Review Blog

    1. Hallo bunda Dirga..salam kenal juga yaa.. 😊. Alhamfulillah, ga seberaoa bun dibandingkan blogger yang lain. Masih proses belajar terus. Hehe. Wah bunda dari semarang yaa.. 😍

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top