HikmahNisa

5 Cara Mensyukuri Nikmat Sehat

Assalamualaikum,

Sehat menjadi salah satu yang paling berharga menurut saya, satu saja anggota tubuh yang sakit, sudah membuat tidak nyaman seluruh tubuh, pikiran juga perasaan. Sakit gigi merupakan sakit yang menurut saya paling berat yang pernah dialami, haha πŸ˜‚. Satu gigi saja yang sakit, terasa semua gigi sakit, sampai pusing ke kepala, menggigil badan, jadi sensitif alias gampang baper, hehe. Pokoknya ripuh deh yey πŸ˜….

Kesehatan adalah salah satu rezeki yang paling berharga namun sering dikufurkan. Lupa bahwa diberi sehat fisik dan mental merupakan rezeki dan karunia yang luar biasa. Ketika sakit, baru terasa bahwa sehat itu benar-benar nikmat. Lagu pengingat nikmat sehat yang sering saya dengarkan adalah lagunya Edcoustic yang judulnya β€œMuhasabah Cinta”, begini liriknya :

Wahai pemilik nyawaku..

Betapa lemah diriku ini..

Berat ujian dariMu..

Kupasrahkan semua.. padaMu..

Tuhan, baruku sadar..

Indah nikmat sehat itu..

Tak pandai aku bersyukur..

Kini Kuharapkan cintaMu..

Kata-kata cinta, terucap indah..

Mengalir berzikir di kidung doaku..

Sakit yang kurasa biar jadi penawar dosaku..

Butir butir cinta air mataku..

Teringat semua yang Kau beri untukku..

Ampuni khilaf dan salah..

Selama ini ya Ilahi..

Muhasabah cintaku..

Ada yang pernah dengar lagunya? Kalau belum coba deh di cek di mbah google atau babang youtube. Enak banget lalunya, selalu mengingatkan bahwa bersyukur atas nikmat sehat itu sangatlah penting ❀.

Salah satu bentuk syukur nikmat sehat adalah dengan menjaga kesehatan tersebut. Nah berikut 5 cara saya dalam mensyukuri nikmat sehat :

  • Makan Makanan Bergizi

Alhamdulillah saya dan keluarga tipe orang yang segala dimakan, haha πŸ˜‚, alias gak pilih-pilih makanan. Sayur oke, buah oke, daging oke, susu oke, semua oke. Saya dibiasakan dari kecil untuk menyukai semua jenis makanan, tidak pilih-pilih makanan. Mamah emang ibu paling luar biasa buat saya dan adik-adik saya.

Nah sekarang pun saya sedang mengikuti jejak mamah, mengenalkan Qatrunada dengan berbagai macam makanan bergizi. Alhamdulillah Nada termasuk ada yang tidak pilih-pilih makan, buah, sayur, daging, susu dll. Semua masuk. Mungkin selain pembiasaan dari kecil, faktor keturunan doyan makan juga mendominasi, wkwk πŸ™ˆ.

Tetapi saya juga suka lho makanan kurang sehat seperti Β mie instan, junk food, minuman manis dll. Di keluarga kami tidak ada pantangan sama sekali makan-makanan tersebut, bebas selagi memang itu makanan halal. Namanya keluarga hobi makan, ya apa aja di embat kan, haha πŸ˜‚. Namun sekarang, saya sedang proses mengurangi makan-makanan kurangs sehat tersebut. Seperti mie instan, memang β€˜me time’ banget buat kebanyakan ibu ibu makan indomie pake telor, pake cengek, dikala anak tidur, mantapnya luar dalem πŸ˜‹. Kini saya makan mie instan cukup satu minggu 1x saja, malah kadang 2 minggu 1x. Begitupun junk food, saya lebih memilih masak, lebih hemat juga kan, hehe.

 

  • Banyak Minum Air Putih

 

Dulu nih saya susah minum air putih, sukanya teh manis, dan minum-minuman kemasan gitu. Lama-lama saya kena anemia karena kebanyakan minum teh πŸ˜₯, dan badan terus melebar karena kebanyakan minum yang manis padahal udah manis #kepedean πŸ˜„πŸ˜‚πŸ™ˆ. Sekarang saya utamakan minum air putih, pergi kemanapun saya selalu bawa minum air putih dari rumah. Bahkan ketika lewat jam 7 malam masih lapar, saya ganti dengan minum air putih yang banyak, πŸ‘.

 

  • Olahraga

 

Jujur nih, saya susah banget buat olahraga. Dari jaman gadis sampai udah ibu-ibu gini. Tapi dulu sering maksain lari ke Sabuga 6 keliling, ikut aerobic 1 minggu 1x. Namun kini, olahraga alamo saja di dalam rumah. Mengurus pekerjaan rumah, dan mengasuh si kecil juga sangat menguras tenaga. Kadang ngepel sambil melakukan gerakan olahraga ringan, membersihkan kaca sambil menggendong si kecil sama dengan latihan angkat beban kan? Hehe πŸ’ͺ.

 

  • Gaya Hidup Sehat

 

Menerapkan gaya hidup sehat seperti tidak merokok dan hindari asap, tidak minum-minuman beralkohol, ya jelas haram ya, hehe. Begadang jangan begadang kalau tidak ada artinya, hihi. Intinya istirahat yang cukup. Sikat gigi 2x sehari (pagi dan sebelum tidur), menggunakan masker menghindari asap polusi, mencuci muka, tangan dan kaki. Optimalkan dengan puasa sunnah senin kamis πŸ˜πŸ˜˜πŸ‘.

 

  • Berpikir Positif

 

Saya sangat percaya dengan kekuatan pikiran, pikiran positif akan menghasilkan keyakinan dan diri yang positif juga, begitupun sebaliknya. Maka jauhkan diri kita dari β€˜nyinyir’ dan ghibah. Karena ini akan sangat berpengaruh pada kesehatan, fisik dan mental kita. Jadilah diri kita yang berhusnudzan, berfikir positif karena itu yang menenangkan jiwa kita 😘.

————–

Nah sekian 5 tips mensyukuri nikmat sehat ala saya. Jangan lupa selalu berdoa, semoga Allah senantiasa memberi kita kesehatan jauh menjauhkan dari berbagai macam penyakit πŸ™. Semoga bermanfaat ya 😘.

Tulisan ini diikut sertakan dalam ChallageΒ  yang diadakan Blogger Perempuan Network.

About Hikmahnisa.com

Hikmah ingin berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana bahagianya menjadi seorang Istri, Ibu, dan Hamba Allah. Blog ini akan berisikan tulisan seputar merried, parenting, islamic dan lifestyle. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top