HikmahNisa

Kota Kelahiran yang Dirindukan, Baturaja

Assalamualaikum,

Banyak yang bertanya ketika saya menuliskan kota kelahiran baik di formulir atau apapun yang mengharuskan mengisi TTL (Tempat, Tanggal, Lahir). Baturaja, 03 Agustus 1991, yang jadi bahan pertanyaan adalah β€œBaturaja itu dimana?” β€œBaturaja itu kabupaten Bandung bukan?.

Well memang saya besar dan tinggal lama di Bandung, garis keturunan dari mamah dan bapak pun Sunda, jadi sangat wajar jika banyak yang tanya Baturaja itu Bandung sebelah mana πŸ˜‚πŸ˜…. Padahal kota Baturaja sangat jauh dari kota Bandung.

Jadi begini ceritanya, waktu orang tua saya awal-awal menikah, Bapak ditugaskan ke daerah Sumatera Selatan tepatnya di kota Baturaja. Kurang lebih 10 tahun merantau, lahirlah saya dan kedua adik saya, Handa dan Hasni. Ketika Hasni masih usia 3 bulan, Bapak kembali di mutasikan ke Bandung. Jadi kami sekeluarga pindah lagi dan kembali bisa berkumpul dengan keluarga besar di kota Bandung.

Begitulah cerita singkatnya, jadi Baturaja itu di pulau Sumatera, tepatnya Sumatera Selatan. Namun kami tidak pernah berkunjung kesana lagi, selain jauh, kami pun tidak memiliki keluarga disana. Hanya beberapa teman bapak yang menikah dengan orang sana.

Saya tinggal dekat dengan stasiun Baturaja. Sekarang sudah bagus pembangunan disana, dulu masih hutan dan perkampungan.

Stasiun Batujara saat ini.

Bapak ditugaskan ke kota Baturaja beserta teman lainnya yang berasal dari Bandung juga. Tempat tinggal kami semacam mess berdekatan satu sama lain, tetanggaan. Sudah seperti keluarga saja, rata-rata memang baru menikah dan membawa istrinya merantau. Sehingga saya memiliki teman-teman seangkatan, yaa anak teman-teman bapak 😁. Dan kini menjadi sahabat dekat, karena mereka pun pindah ke Bandung 😘.

Dulu saya bisa berbicara bahasa Sumatera yang bahasanya lebih ke melayu, namun sekarang sudah lupa πŸ˜…. Disanapun mamah sering sekali memutar musik sunda, karena teman-teman bapak dan mamah yang merantau dari sunda jadi ngobrol ya pakai bahasa sunda πŸ˜…. Sehingga saya sudah sangat menjiwai sebagai turunan sunda, wkwk.

Intinya di Baturaja itu kaya numpang lahir doang πŸ™ˆ, apalagi bagi adik saya yang bungsu, usia 3 bulan sudah langsung pindah ke Bandung dan menetap sampai besar di kota kembang ini. Jadi sama sekali ngeblank Baturaja itu dimana, seperti apa.

Jika mau membandingkan, sangat jauh lebih nyaman tinggal di Bandung. Selain cuacanya yang adem, dekat juga dengan keluarga, lingkungan yang nyaman. Beda dengan di Baturaja, daerah Sulawesi daerah yang panas sekali, saya tinggal di kampungnya pada saat itu, jauh kemana-mana.

Tapi ko SAYA KANGENΒ dengan kota kelahiran saya ini πŸ˜”πŸ˜’ .

Divideo ini tempat tinggal saya, posisinya masih sama, tidak banyak berubah. Bedanya kini rumahnya sudah bagus-bagus, sudah pembangunan. Dulu masih kontraksn sederhana gitu, rumah petak.

Tidak hanya saya ternyata teman-teman saya juga merasakan hal yang sama, kangen dengan kota kelahiran kami yang panasnya poll, yang jauuuuh kemana-mana. Video di atas dikirim oleh teman kecil saya yang sama-sama merindukan kota kelahiran kami.

Kami beberapa kali mencoba merencanakan berkunjung kesana, namun selalu gagal karena kesibukan masing-masing, apalagi sekarang banyak yang sudah punya keluarga. Belum lagi jaraknya yang jauh, dulu saya pulang ke Bandung harus menggunakan beberapa kendaraan umum seperti kereta, lanjut bus, lanjut kapal laut, lanjut bus lagi, terakhir angkot. Saya masih ingat posisi rumah, jalan dan tempat biasa kami bermain.

Entah bisa kesana lagi atau tidak, saya hanya bisa mengenang masa kecil dengan kesederhanaan dan penuh kebahagiaan di kota orang. Bagaimanapun kota Baturaja sudah berperan membentuk diri saya sekarang dan menjadi bagian dari masa kecil saya. Bagaimanapun saya akan selalu mengingat dan merindukan kota ini, kota kelahiran saya, Baturaja ❀.

Tulisan ini diikutsertakan dalam Challage Blogger Perempuan Network.

 

About Hikmahnisa.com

Hikmah ingin berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana bahagianya menjadi seorang Istri, Ibu, dan Hamba Allah. Blog ini akan berisikan tulisan seputar merried, parenting, islamic dan lifestyle. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

5 thoughts on “Kota Kelahiran yang Dirindukan, Baturaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top