Story HikmahNisa

Positif dan Negatifnya Berbelanja Online

Assalamualaikum,

Pengalaman beberapa kali berbelanja online, tentunya ada sisi positif dan negatifnya. Dengan mengetahui kekurangan dan kelebihannya saya sudah tau celah bagaimana agar tidak kecewa dan merasa puas dalam berbelanja online.

Sebenarnya saya termasuk yang lebih menyukai belanja langsung dibandingkan online. Namun semenjak memiliki anak dan jauh dari keluarga, saya mulai mengenal dan memilih untuk berbelanja online.

Kelebihan dan Kekurangan Berbelanja Online

Kelebihannya, tidak perlu capek datang ke toko untuk memilih barang yang diinginkan. Apalagi kebanyakan perempuan berbelanja dengan cermat katanya. Muter sana muter sini, mampir ke toko sana ke toko sini, niat beli sepatu tapi lihat-lihat  baju boleh lah ya 😅. Selain itu, lebih mengefisienkan waktu, apalagi bagi orang yang sibuk, berbelanja online lebih memudahkan, cukup lewat smartphone, tidak perlu waktu khusus untuk berbelanja ke toko.

Saya memilih berbelanja online semenjak punya anak ya karena alasan diatas. Membawa bayi/anak berbelanja sepertinya akan sangat melelahkan. Kalaupun mau, harus menunggu waktu suami libur, karena tidak mampu saya hanya berdua bersama Nada ketika berbelanja. Namun tetap ada kekurangannya sehingga saya lebih memilih belanja langsung.

Kekurangannya, terkadang tidak sesuai ekspektasi, sering sekali saya berbelanja online yang tidak sesuai ekspektasi, salah ukuranlah, tidak sesuai gambarlah, barang cacat, dll. Namun sayangnya kebanyakan online shop enggan menukar. Untuk menghindari ini kita sebagai pembeli online harus memiliki pengetahuan tentang rincian barang yang akan dibeli. Misalnya saya akan membeli baju, saya harus tahu ukurannya, LD nya berapa, PB nya berapa, bahannya apa. Awal-awal saya gak tau LD, PB itu singkatan dari apa, oh ternyata Lingkar Dada (LD) dan Panjang Badan (PB). Bahan Pun kita harus tahu misalnya bahan baloteli, katun ima, sifon dll. itu yg seperti apa. Nah kan yang kaya gini-gini saya gak hafal bahan-bahannya. Hal yang seperti ini yang membuat ‘zong’ saat berbelanja online.

Dan lagi alasan saya kenapa memilih berbelanja langsung adalah salah satu cara refreshing yang sederhana, sekaligus jalan-jalan dan makan diluar, ya kan. Saya selalu merasa lebih puas karena memilih langsung, melihat langsung, memegang langsung barangnya.

Situs Belanja Online

Tidak banyak situs belanja online yang pernah saya coba, hanya 3 situs saja, yaitu :

  • Shopee. Selama memiliki anak saya memilih berbelanja online di shopee. Tahapannya mudah, barangnya cukup lengkap dan lagi free ongkir, hehe.
  • Instagram. Di instagram kini jadi salah satu medsos favorit untuk berdagang. Nah saya pun senang berjalan-jalan di online shop instagram, haha. Bahkan saya membuat online shop juga di instagram, hehe.
  • Tokopedia. Saya pernah 2x berbelanja di tokopedia, caranya juga cukup simpel 👍.

——–

Nah kalau kamu lebih suka berbelanja online atau langsung?

Tulisan ini diikutsertakan dalam Challenge Blogger Perempuan Network.

Challage BPN

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

One thought on “Positif dan Negatifnya Berbelanja Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top