Story HikmahNisa

Dukung Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ untuk Mendukung Tumbuh Kembang Si Kecil

Foto Booth Ibu dan Nada

Assalamualaikum,

Alhamdulillah, tanggal 7 Februari 2019 kemarin saya dan Qatrunada (2 tahun) menghadiri acara Dancow Advance Excelnutri +, luncurkan gerakan ‘1 juta iya boleh’, dalam rangka mempersiapkan 5 karakter anak unggul Indonesia. Acaranya sangat seru dan mengedukasi bagi para orang tua juga anak-anak.

Menghadirkan 4 Narasumber yang ahli dibidangnya, diantaranya : Dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog, dr. Ray W. Basrowi, dan Alfin Wiradarma selaku brand manager Dancow. Acara ini dihadiri oleh mom blogger dan smartmoms Jabodetabek.

Para Narasumber

Mengapa Orang Tua Masih Takut Berkata ‘Iya Boleh’ pada si Kecil?

Banyak orang tua masih takut berkata ‘iya boleh’ pada si kecil, tentu dengan beberapa alasan yang memang benar adanya seperti takut anaknya sakit. dr. Ray W. Basrowi menjelaskan bahwa anak yang banyak bermain di luar rumah memiliki resiko terkena penyakit 2-3x lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang hanya di dalam rumah. Padahal si kecil perlu stimulasi yang banyak untuk tumbuh kembangnya, dengan berkata ‘iya boleh’ si kecil akan banyak mengeksplorasi berbagai macam hal, yang tentunya bagus untuk perkembangan fisik dan otaknya. Lalu bagaimana? Agar orang tua bisa berkata ‘iya boleh’ tanpa takut anak sakit.

Para orang tua dan anak bersiap menerima ilmu

Solusinya adalah memberikan perlindungan kepada si kecil sebagai fondasi tumbuh kembangnya dalam mendukung proses belajar dan pertumbuhan fisik. dr. Ray juga menjelaskan bahwa balita di Indonesia masih belum bisa lepas dari masalah gizi kurang. Riset kesehatan dasar dari Kementerian Kesehatan RI tahun 2013 dan 2018 memberikan data bahwa; 17.7% balita mengalami berat badan kurang, 28.1% balita mengalami anemia dan 30.8% stunting. Tidak heran mengapa banyak orang tua yang takut berkata ‘iya boleh’ pada si kecil karena perlindungan nutrisi si kecil pun kurang optimal. Apalagi dengan adanya tantangan eksplorasi si kecil, yang data nya menunjukan 41.9% Si kecil 1-4 tahun mengalami ISPA, 12.2% si kecil usia 1-4 tahun mengalami diare.

Ray juga menjelaskan, anak yang mengalami sakit atau infeksi berulang akan menghambat tumbuh kembangnyal. Hal ini disebabkan oleh :

  • Asupan makanan dan minuman
  • Gangguan penyerapan nutrisi
  • Peningkatan kebutuhan
  • Bahkan terkadang mengalami gangguan pada transportasi nutrisi ke organ yang dituju.

Orang tua merasa takut bilang ‘iya boleh’ pada si kecil cukup beralasan dengan beberapa penjelasan diatas. Namun, tidak serta merta itu jadi hal yang baik karena perkembangan si kecil juga tidak akan optimal. Maka orang tua harus berubah, hilangkan rasa takut dengan memberikan perlindungan pada si kecil. Bagaimana perlindungan yang harus diberikan?

Perlindungan Sebagai Fondasi Tumbuh Kembang si Kecil

Perlindungan yang harus orang tua berikan tentunya dengan memberikan nutrisi terbaik untuk si kecil. Memberi ragam jenis makanan, porsi makan cukup, memberi makanan sehat dan seimbang, juga menjaga bakteri baik seperti lactobacillus rhamnosus dan inulin. Lactobacillus rhamnosus merupakan bakteri baik yang ada dalam tubuh si ke kecil yang harus dipertahankan, karena ;

  • Bakteri baik, bantu melindungi saluran pernapasan sehingga menurunkan resiko infeksi saluran pernafasan.
  • Bakteri baik bantu melindungi daya tahan tubuh, sehingga daya tahan tubuh anak meningkat.
  • Bakteri baik bantu melindungi saluran cerna, sehingga mengurangi resiko infeksi saluran cerna.

Dan serat pangan Inulin sebagai ‘makanan’ dari bakteri baik dan membantu menjaga kesehatan saluran cerna.

Dancow memberi kejutan kepada anak-anak ❤

Lalu bagaimana memelihara atau mempertahankan bakteri baik ini? Tentunya dengan memberikan si kecil tambahan nutrisi berupa susu yang mengandung lactobacillus rhamnosus dan inulin, seperti dalam kandungan susu Dancow Advance Excelnutri +.

dr. Ray juga menjelaskan beberapa nutrisi penting bagi si kecil dan manfaatnya. Nutrisi ini untuk dukung pertumbuhan fisik dan perkembangan otak anak, diantaranya :

  • Kalsium : membangun dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi.
  • Protein : sebagai komponen esensial dalam pertumbuhan dan perkembangan anak
  • DHA, Omega 3 dan Omega 6 : mendukung perkembangan anak
  • Vitamin C, B1, B3, B6, Biotin, B12, Magnesium, Zat Besi dan Zink : mendukung fungsi normal dari sistem saraf dan berkontribusi pada perkembangan kognitif normal.

Nah, jadi para orang tua tidak perlu takut lagi untuk berkata ‘iya boleh’ pada si kecil. Perlindungan yang baik akan membuat hati orang tua tenang dan si kecil senang 😊.

Dukungan Cinta Orang Tua Mengoptimalkan Potensi Si Kecil

Dra. Ratih Ibrahim, M.M., Psikolog merupakan Board of Experts Dancow Parenting Center mengedukasi pada orang tua khususnya para ibu untuk menstimulasi si kecil dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Mengajak para orang tua untuk berkata ‘iya boleh’ pada si kecil dalam eksplorasi berbagai hal di lingkungannya. Sehingga si kecil akan :

  • Belajar lebih banyak
  • Motorik meningkat
  • Lebih percaya diri.

Jangan lupa perlunya keterlibatan aktif orangtua. Ini hal penting yang sering terlupakan, beberapa orang tua membiarkan si kecil bermain sendiri, tanpa keterlibatan aktif orang tua. Padahal dengan keterlibatan aktif orang tua, si kecil akan merasa lebih diperhatikan, lebih merasa berharga, lebih bahagia dan merasakan cinta dari orang tua. Itu merupakan point sangat penting dalam tumbuh kembang si kecil.

Vote untuk mendukung gerakan ‘1 juta iya boleh’

Bunda Ratih juga menyampaikan, dengan berkata ‘iya boleh’ si kecil akan banyak bereksplorasi dan belajar sehingga dapat menjadi 5 karakter unggul anak Indonesia, yaitu :

  • Berani

Dengan banyak bereksplorasi si kecil akan semakin terlatih keberanian dan kepercayaan diri dengan mencoba berbagai hal dan kegiatan yang menarik juga menantang untuk dirinya.

  • Cerdas

Banyak bereksplorasi otak akan semakin terasah dan membuat si kecil belajar dari trial and error melakukan sesuatu yang sampai akhirnya sukses melakukannya. Proses belajar ini akan menstimulasi kecerdasan si kecil.

  • Kreatif

Si kecil juga akan semakin kreatif, menemukan ide yang ia sukai dan tentunya mengejutkan sekaligus membuat tersenyum para orang tua.

  • Peduli

Banyak eksplorasi tentunya semakin banyak yang si kecil lihat dan observasi, melatih kepedulian si kecil dengan role model terutama orang tua dan orang sekitar.

  • Kepemimpinan

Dari berani dan percaya diri, si kecil akan menunjukan jiwa kepemimpinan yang tentunya akan membuat orang tua bangga.

Area bermain balok kayu

Dalam mendukung gerakan ‘iya boleh’ para orang tua juga harus aware bagaimana cara.yang tepat dalam berkata ‘iya boleh’ pada si kecil, yang tentunya tingkatan usia berbeda atau situasi dan kondisi yang berbeda. Maka bunda Ratih memberi tips berkata iya boleh, diantaranya :

  • Si Kecil Siap

Orang tua perlu memahami perkembangan usia si kecil, dalam usia tersebut si kecil sudah siap melakukan apa saja. Bisa list dan ceklis tugas-tugas perkembangan si kecil sesuai dengan usianya. Jadi pastikan berkata ‘iya boleh’ ketika si kecil siap.

  • Pastikan Aman

Mengenali situasi dan kondisi apakah aman atau tidak untuk si kecil bereksplorasi.

  • Orang tua Terlibat

Pastikan orang tua terlibat, dengan.keterlibatan orang tua anak akan merasa lebih berharga, percaya diri dan lebih bahagia karena merasakan cinta dari orang tua.

Area bermain mengecat tembok

 

Tidak Ada yang Lebih Kuat dari Cinta Ibu untuk Mempersiapkan Masa Depan Anaknya

Tiga hal yang penting dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, yaitu :

  • Nutrisi

Pemberian nutrisi seimbang sebagai perlindungan si kecil untuk pondasi tumbuh kembangnya.

  • Stimulasi

Dengan berkata ‘iya boleh’ si kecil dapat mengeksplorasi berbagai hal dalam mengoptimalkan tumbuh lembangnya

  • Cinta

Keterlibatan aktif orang tua, cinta dan sayang orang tua dalam memberikan yang terbaik untuk si kecil merupakan poin terpenting dalam mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Tiga poin penting tersebut disampaikan oleh bapak Alfin Wiradarma selaku brand manager Dancow. Sehingga Dancow membantu mendukung cinta ibu untuk mempersiapkan masa depan si kecil.

Orang tua mendampingi anak-anak masuk ke area bermain

Bunda Ussy Sulistiawaty juga hadir untuk sharing bagaimana pengasuhan kepada putrinya, Sheva. Bunda Ussy ikut menyuarakan gerakan ‘1 juta iya boleh’ untuk stimulasi anak-anak Indonesia. Pemilihan permainan juga penting dalam eksplorasi si kecil, beberapa permainan dan kegiatan bunda Ussy dan Sheva yang dibagikan kemarin diantaranya;

  • Mengajak Sheva bermain dan memberi makan kelinci dalam menstimulasi keberanian Steva.
  • Mengajak Steva menyusun balok kayu dalam menstimulasi kecerdasan dan kreativitasnya.
  • Mengajak Steva menyiram tanaman untuk menstimulasi kepeduliannya.
Area bermian menanam pohon cabe

Keseruan Acara Dancow Luncurkan Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’

Saatnya cerita pengalaman serunya berpartisipasi dalam acara Dancow kemarin. Sejujurnya perdana bagi saya pribadi mengajak Nada dalam event blogger dan Masya Allah.. seru sekali. Walau akhirnya saya kewalahan karena Nada terlalu asik bermain 😅. Tapi melihat Nada happy tentunya saya pun sangat happy, alhamdulillah 😊.

Nada berfoto di area bermain

Dalam event ini saya mendapat banyak manfaat, selain happy tentunya sangat mengedukasi para orang tua untuk memberikan yang terbaik untuk si kecil.

Nada happy, Ibu happy, alhamdulillah ❤

Senang Berbagi ❤

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

30 thoughts on “Dukung Gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ untuk Mendukung Tumbuh Kembang Si Kecil

  1. Biasanya justru memang sang ibu yang takut anaknya kena kotoran. Bocahnya sih hepi ajaa… Untuk itu bagi kita para ibu maupun ayah harus mulai membolehkan mana saja yang sekiranya tidak memiliki potensi bahaya. Agar anak jadi bebas bereksplorasi sesuai perkembangan usianya.

  2. serunyaaa acaranya.. Dengan asupan gizi yang cukup dan lengkap.. ibuk jadi gak khawatir lagi ya kalau anak2 mau berkesplorasi macam2 aktifitas yang berguna untuk tumbuh kembangnya..

  3. Wah, asiknya. Kapan nih dancow ke Banjarmasin lagi. Baru sekali ke banjarmasin padahal disini komunitas blogger perempuannya udah berkembang. Hehe. Aku suka sm pembicaranya mb ratih. Berbobot banget ilmu parentingnya.

  4. Aku suka banget kalau ada event kayak gini.
    Anak2 bisa ketemu temen2 baru dan ibunya dapat ilmu juga.
    Setuju, kita harus bilang iya boleh ke anak2 supaya mereka semakin cerdas

  5. Iya Boleh…
    Kayanya Mamah2 Muda perlu banget kata sakti itu buat anak2nya nih. Biar anaknya semakin Pede dan penuh dengan kreatif plus disertai dengan asupan dan nutrisinya donk. Eventnya keren!

  6. Jujur aja, kadang aku emang nggak selaku bilang “iya boleh”, tergantung situasinya. Soalnya anakku ingin tahunya kadang kebangtan dan gak lihat tempat. Jadi kalau dalam situasi yg memungkinkan,barulah aku iyain, hehe. Emang sih, ujung2nya capek juga kalau nuruti kemauan anak, tapi kalau lihat manfaatnya sih sapa yg bisa nolak. Jadi ya,kalau aku lebih dibuat seimbang saja

  7. Ilmu banget nih. Aku hampir selalu ‘iya boleh’, tujuannya biar anakku berani mencoba sesuatu yg baru. Cuma klo lagi mertua ‘iya boleh’ bisa berubah jadi ‘tidak boleh’😂, karena mertua protek banget hehehehe

  8. Kebanyakan orangtua masih susah bilang “iya boleh” kalo anak-anak ya pengen main kotor2 atau main yg menurut orangtua berbahaya. Tapi alhamdulillah skrg sdh ada perlindungan ya

  9. Seru yaa eventnyaa. Anakku suka banget booth yg nanem2 secara kalo di rumah aku kadang takut dia cacingan atau apa gt kalo bantuin aku nanem2 di rumah trs baru sadar dgn bioang “iya boleh” itu bagus bgt buat tumbuh kembangnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top