Story HikmahNisa

Melestarikan Hutan dan Meningkatkan Perekonomian Lokal dengan Membeli Produk Kreatif Hasil Hutan ‘Bukan Kayu’

Saya dalam acara ‘Forest Talk with Blogger’ bertempat di Almond Zucchini

Assalamualaikum,

Tanpa disadari banyak sekali barang yang kita gunakan bahan dasarnya impor dari negara lain, atau bahan dasarnya tidak ramah lingkungan. Honesty saya benar-benar tidak pernah memikirkan itu dalam membeli barang. Ketika saya butuh dan cocok di dompet, ya saya beli. Tanpa peduli hal-hal semacam itu.

Paparan dari Ir. Murni Titi Resdiana di acara ‘Forest Talk with Blogger’ membuka mata saya bahwa ternyata selama ini saya termasuk masyarakat yang acuh tak acuh terhadap lingkungan dan negeri sendiri. Salah satu cara untuk menyelamatkan bumi yang sekarat adalah dengan mengembalikan fungsi hutan.

Baca juga : Mari Bergerak Selamatkan Bumi yang Sekarat

Bagaimana cara saya yang tidak tahu menahu mengenai hutan dan tinggal di perkotaan berkontribusi mengembalikan fungsi hutan? Saya berpikir, mungkin saya hanya bisa berdoa dan biarkan pemerintah juga lembaga terkait kehutanan yang bisa bergerak 😅.

Ternyata banyak yang bisa saya dan seluruh masyarakat perkotaan lakukan untuk membantu melestarikan hutan dan meningkatkan perekonomian lokal. Diantaranya :

  • Membeli sayur dari pedagang lokal hasil hutan Indonesia.
  • Mendukung ekonomi kreatif hasil hutan ‘bukan kayu’ dengan membeli produk-produk ekonomi kreatif dari anak negeri.
  • Membuat ekonomi kreatif hasil hutan ‘bukan kayu’. Bagi yang berminat merintis usaha, bisa menjadi ide cemerlang untuk membuka peluang dalam menghasilkan produk kreatif dari hutan kita.

Mari Menanam Pohon

Produk hasil hutan ‘bukan pohon’

Seruan untuk menanam pohon sejak dulu disuarakan, karena pohon sangatlah penting bagi keberlangsungan hidup bumi dan kita semua. Banyak sekali manfaat dari pohon, salah satu yang saya baru sadar adalah pohon dapat menghasilkan berbagai produk kreatif.

  • Pohon sebagai sumber serat
  • Pohon sumber pewarna alam
  • Pohon sebagai bahan kuliner
  • Pohon sumber furniture
  • Pohon sumber bahan dekorasi
  • Dll.

Menanam pohon tidak harus diambil kayunya. Kini banyak sekali ditemukan produk kreatif sebagai pengganti fungsi kayu dan masih dari pohon dan hutan kita, Masya Allah 😍.

  • Rotan : menghasilkan produk kreatif berupa fashion dan kerajinan tangan
  • Lontar : selain kuliner, lontar dapat menghasilkan produk kreatif berupa fashion dan kerajinan juga.
  • Daun Jati : bisa digunakan untuk pewarna kain (merah), juga untuk makanan dan minuman.
  • Kulit Secang : pewarna kain (merah coklat) dan minuman
  • Indigofera : pewarna kain (biru), makanan ternak.
  • Akar mengkudu : pewarna kain (merah)
  • Kelapa : semua bisa difungsikan, dari mulai buahnya bisa dimakan dan diminum, lalu sabut kelapa bisa untuk scotch brite dan yang paling membuat saya terpukau adalah bisa dibuat sebagai pengganti kayu dan lebih kokoh dari kayu, Masya Allah 😍.
  • Nipah : Nira sumber gula dan bioetanol, buah bisa dimakan dan daunnya untuk kerajinan.
  • Kaliandra merah : Renewable Energy sebagai sumber energi terbarukan
  • Serat Eukaliptus, serat daun nanas, serat bambu, serat pelepah pisang : potensi serat alam untuk tekstil.

Masya Allah banyak sekali manfaat dari hasil hutan ‘bukan pohon’ yang bisa kita manfaatkan.

Mini Exhibition – Ekonomi Kreatif Hasil Hutan

Dalam acara ‘forest talk with blogger’, kami disuguhkan dengan mini exhibition dari produk hutan bentuk ekonomi kreatif anak bangsa. Semua membuat saya kagum begitu luar biasanya ciptaan Allah sampai tak terpikir dalam benak saya begitu banyaknya hasil dari produk hutan yang dapat dijadikan produk kreatif. Dan Masya Allah, salut dengan karya-karya anak negeri yang berhati mulia membuat produk kreatif untuk mendukung pelestarian hutan dan meningkatkan perekonomian negara dan mereka juga memberdayakan masyarakat ❤.

  • Rumah Rakuji
Ibu Myra dengan produk dari Rumah Rakuji

Saya sangat tertarik dengan rumah rakuji. Produk-produknya semua hasil hutan, dari mulai tas, selendang, dompet, dll. Sebuah karya seni yang patut diacungi jempol 👍. Ibu Myra selaku owner menceritakan awal mula rumah rakuji terbentuk karena passionnya di bidang fashion dan seni budaya. Lalu bertemu dengan ibu Amanda dan mulai berkontribusi ikut melestarikan hutan dengan karya-karya rumah rakuji. Rumah rakuji juga memberdayakan pengrajin-pengrajin dari masyarakat lokal dan ini Masya Allah luar biasa.😍

Produk keratif hasil hutan dari Rumah Rakuji
  • Javara

Javara merupakan produk dari PT. Kampung Kearifan Indonesia yang didirikan oleh Helianti Hilma selaku CEO. Javara bergerak di bidang kuliner dan semua produk hasil hutan. Javara juga bekerjasama dengan petani-petani dan masyarakat lokal dalam mendukung produksi Javara. Kini produk Javara sudah merambah pasar global dan 90% diekspor ke luar negeri. Mantap betul kan, Masya Allah 😍.

Beberapa produk dari Javara

Apalah saya belum mampu menghasilkan produk kreatif, namun setidaknya saya ingin ikut berkontribusi dalam melestarikan hutan juga meningkatkan perekonomian masyarakat lokal dengan membeli produk-produk kreatif hasil hutan kita 💝.

Icip-icip Kuliner Hasil Hutan

Demo masak oleh Chef Nurman

Acara ‘forest talk with blogger’ ini diselenggarakan di Almond Zucchini Cooking Studio. Almond Zucchini Cooking Studio menyediakan fasilitas dan kitchen yang serba lengkap untuk suatu cooking place. Nah jadi kami disuguhkan juga dengan demo masak oleh chef Nurman dengan menunya, ‘Ayam Madu Hutan’. Setelahnya kami mencicipi berbagai kuliner tentunya yang berbahan dasar dari hutan kita. Alhamdulillah 😊

Senang berbagi 💝

 

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

7 thoughts on “Melestarikan Hutan dan Meningkatkan Perekonomian Lokal dengan Membeli Produk Kreatif Hasil Hutan ‘Bukan Kayu’

  1. Beberapa daun dan tanaman pewarna alami memang Mpo sudah kenal.

    Inilah yang akan membuat kesehatan dan lingkungan jadi sehat dengan memakai bahan pewarna alami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top