Story HikmahNisa

Mengenali Bahasa Cinta Pasangan + Free Download Test Bahasa Cinta

Assalamualaikum,

Pernikahan bukan sebuah akhir, melainkan awal perjalanan panjang. Sebagaimana perjalanan, tentunya harus memiliki tujuan, akan kemana akhir dari perjalanan ini. Setelahnya tentu dijalani dengan suka duka. Begitu bahagianya melakukan perjalanan bersama orang yang terkasih, berbagi cerita dengan cinta. Namun, perjalanan tidak selalu mulus, tentu banyak hambatan dan rintangan yang akan dilewati, dari yang dirasa ringan sampai yang dirasa berat.

Ketika memilih menggunakan kendaraan mobil misalnya, perjalanan terhambat karena macet, riuh ricuh jalan raya, belum lagi berhadapan dengan kendaraan-kendaraan besar, atau motor-motor yang menyalip. Tak jarang mengundang emosi penumpang didalamnya, tak sependapat dan bisa saling adu argumen. Tidak lama jalan tersebut terlewati dan jalanan lancar kembali, lalu ada hambatan lagi, begitu seterusnya sampai pada tujuan. Begitupun dengan pernikahan, ini bukan akhir dari kisah cinta, melainkan awal mengenal dan memperdalam cinta. Selama menemukan hambatan dalam perjalanan akan sangat mengurangi ketegangan ketika kita memahami bahasa cinta pasangan.

Romantisme setiap pasangan berbeda, sesuai bahasa cinta yang dimiliki masing-masing. Pada umumnya, pasangan yang memberi bunga dan kejutan dikatakan pasangan yang romantis. Namun, ternyata tidak serta merta semua pasangan membutuhkan kejutan dan hadiah sebagai wujud bahasa cinta. Termasuk saya dan pasangan, saya merasa biasa saja ketika suami memberikan kejutan atau hadiah. Lebih berharga bagi saya ketika pasangan pulang lebih cepat atau jalan berdua menikmati waktu weekend.

Memahami bahasa cinta pasangan dapat membuat perjalanan rumah tangga jauh lebih indah. Memahami bahasa cinta pasangan dapat mengoptimalkan komunikasi dalam pernikahan. Memahami bahasa cinta pasangan akan menemukan romantisme dalam rumah tangga dan ini akan membuat diri masing-masing berharga dan need of love akan terpenuhi.

Mengenal Jenis-Jenis Bahasa Cinta

Dr. Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul “5 Bahasa Kasih”, mengungkapkan bahwa setiap manusia ingin dicintai dengan suatu cara yang ia inginkan. Terdapat 5 bahasa cinta, yaitu :

  • Kata-Kata Pendukung

Seseorang yang merasa dicintai apabila mendapat pujian tulus dari pasangannya atas semua hal yang dikerjakannya. Bahkan hal-hal kecil seperti menjemur anduk setelah digunakan. Mereka juga merasa dicintai ketika diberikan kata-kata positif kepada pihak ketiga, misal kita memuji hal-hal baik pasangan kita di depan orang tuanya atau kerabat. Kata-kata ramah juga menguatkan perasaan cinta mereka. Hal yang membuat kerusakan besar pada jiwa adalah ketika diberikan kata-kata dengan nada tinggi, direndahkan, atau tidak menerima pujian-pujian dalam waktu lama.

  • Waktu Berkualitas

Seorang yang merasa dicintai apabila bisa menghabiskan waktu bersama pasangannya. Menghabiskan waktu bersama yang benar-benar fokus berdua tanpa gangguan. Tanpa gadget, tv dan anak-anak. Percakapan yang mendalam tentang perasaan, pikiran, pengalaman spesial akan lebih menambah rasa cinta bagi orang dengan bahasa kasih waktu berkualitas.

  • Hadiah

Seorang merasa bahagia dan dicintai ketika pasangannya memberi hadiah-hadiah kecil bahkan spontan. Tidak harus yang mahal karena bukan nilai hadiahnya yang dilihat, namun simbol dari hadiah itu yang berarti. Ia akan merasa diperhatikan dan dihargai.

  • Pelayanan

Seseorang merasa dicintai ketika ia dibantu dalam pekerjaannya tanpa diminta. Contohnya, seorang suami membantu menyuci piring, menyapu atau membuatkan teh. Ini akan sangat berharga bagi tipe bahasa cinta pelayanan. Pekerjaan atau kesibukannya yang membuat lelah bisa teringankan dengan bantuan yang diberikan, ini akan membuat ia merasa dicintai.

  • Sentuhan Fisik

Seorang merasa dicintai ketika pasangannya memberikan sentuhan fisik seperti bergandengan tangan ketika jalan bersama, mengelus punggung, memberi pijatan ringan. Seorang tipe bahasa cibta sentuhan fisik ini, mengartikan bahwa dengan begitu pasangannya mengungkapkan bahwa “Aku mencintaimu”.

Beri Ungkapan Cinta yang Pas dengan Keinginan Pasangan

Cara mengetahui bahasa cinta diri kita adalah denga merasakan setiap bahasa cinta yang diberikan oleh pasangan, apakah kita nyaman, bahagia dan merasa dicintai dengan kata-kata pendukung, waktu berkualitas, pelayanan, atau sentuhan fisik?. Tentu merasa senang mendapatkan perlakukan semua bahasa cinta tersebut namun coba merasakan mana bahasa cinta yang lebih dominan dalam diri kita/pasangan kita?.

Biasanya kita akan memberikan bahasa cinta diri kita kepada pasangan. Misalnya : Seorang suami memiliki bahasa cinta berupa pelayanan, ia akan memberikan pelayanan pada istrinya, seperti membantu pekerjaan rumah dll. Padahal belum tentu bahasa cinta istrinya bentuk pelayanan. Malah mungkin istinya memiliki bahasa cinta berupa waktu luang, sehingga dibanding membatu pekerjaan rumah, sang istri lebih merasa dicintai ketika suaminya menemaninya mengobrol berdua saja.

Sehingga penting memahami bahasa cinta diri kita dan pasangan kita. Sehingga kita dapat memberikan bentuk ungkapan cinta yang pas sesuai dengan kebutuhan atau yang diinginkan pasangan.

Cara Mengenali Bahasa Cinta

Cara mengenali bahasa cinta diri sendiri bisa dirasakan dan mencoba jujur pada diri mana yang paling dominan memberikan kenyamanan, rasa bahagia ketika mendapatkannya. Sedangkan cara mengenali bahasa cinta pada pasangan, bisa memberikan ke-5 jenis bahasa cinta kepada pasangan dan coba observasi dan tanyakan manakah yang paling dirasa bermakna oleh pasangan. Kini sudah ada tes bahasa cinta, terlampir disini 👇.

TEST-BAHASA-KASIH-PASANGAN

Setiap orang bisa memiliki lebih dari 1 bahasa cinta, namun hanya akan ada 1 yang dominan.  Saling berbagi tes ini bersama pasangan, saling jujur satu sama lain dan mulai memberikan ungkapan cinta yang diinginkan pasangan. Ini sangat akan membantu dalam menjalani pernikahan.

Bahasa cinta yang dominan pada diri saya adalah waktu berkualitas, sedangkan suami adalah sentuhan fisik. Kami melakukan tes bahasa cinta ini bersama-sama, dan berkomitmen untuk saling membahagiakan dengan ungkapan cinta yang diinginkan satu sama lain. Dan saat ini kami sedang proses mengobservasi untuk mengetahui bahasa cinta Nada, anak kami tersayang.

Apa bahasa cinta kamu dan pasanganmu? share di kolom komentar ya.

Senang Berbagi 🙂

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

45 thoughts on “Mengenali Bahasa Cinta Pasangan + Free Download Test Bahasa Cinta

  1. wah ada testnya ya, coba ah hehe

    Kadang kan kit suami istri tidak tahu apa yang dibutuhkan pasangan kita untuk memperdalam cinta, walaupun sudah hidup bersama sekian tahun

    1. Betul mba.. maka penting sekali mengetahui bahasa cinta pasangan.. sehingga tangki cinta masing2 terisi.. ini yang akan membuat segala macam rintangan perumahtanggan dirasa lebih ringan karena merasajan kasih sayang satu sama lain

  2. Kalau saya random, apa aja bisa jadi bahasa cinta hehehe. Karena beberapa poin di atas pernah juga dilakukan. Dikasih hadiah, dipeluk kalau pas pulang kerja, atau kadang dimasakin. Tetap jadi bahasa cinta.

  3. Ahahaha ada ya tes bahasa cinta, yang aku rasain dari suami itu pelayanan kali ya. Suami tanpa segan mau cuci piring dan nyetrika kadang masak sendiri kalau saya repot.

  4. Memahami bahasa pasangan bagi yang baru menikah tentu ada bermacam tantangan ya mbak. Maklum saja karena kita datang dari latar belakang yang berbeda ada yang kesehariannya juga mungkin menggunakan bahasa yang berbeda. Semoga kita dengan pasangan masing-masing tidak bosan saling belajar tentang bahasa masing-masing. Karena dari sanalah pangkal kebahagiaan berawal

    1. Betul sekali mba.. saya setuju.. banyak perbedaan diri kita dengan pasangan.. bukan harus jadi sama namun harus bisa memahami satu sama lain dan mencoba betadaptasi dengan sgl perbedaan yg ada. Ini salah satu bentuk saling melengkap8 dan membahagiakan satu sama lain 💖

  5. Suamiku sih nggak pernah bantuin urusan rumah mba, mungkin sama dengan sebagian besar lelaki yaaaa….hihii.. Meski jarang berkata-kata cinta, tapi rutinitas cium dan peluk setiap kali berangkat ngantor itu sudah oke banget lah. Ada kan yang bahkan enggak pamitan sama istrinya waktu berangkat kerja.

  6. kalau aku pelayanan.
    Bahagia banget rasanya kala saya masih repot mengurus si bungsu, suami bikin kopi sendiri, bahkan kadang memasak untuk saya dan anak-anak.

    Kalau suami sentuhan fisik. Sehingga dia sering protes kalau si bungsu nempel terus ke saya, kapan giliran bapaknya hehe

  7. setelah tahu bahasa cinta pasangan jadi lebih mudah yaa buat berkomunikasi. Kalau kami sekeluarga quality time, sukanya kemana-mana bareng.

  8. Amin ya kak.. Bacanya adem.. Yaaa tidak mudah soalnya membangun pernikahan karena ada banyak disana pasangan yg akhirnya berpisah…

  9. bahasa cinta aku n suami sederhana. kala aku kepikiran pengen sore2 ngemil pempek, tetiba dia ngajak makan pempek. atau kayak kemarin, pulang dr event aku nelp bilang mau dibeliin bakso ga, jawabnya ga usah. besoknya dia ajak sekeluarga makan bakso di luar. sesederhana ituh hihihi

  10. Baru tau aku ada test bahasa cinta… Hhhmmmm jadi flashback ini aku kapan menggunakan bahasa cinta, karena ya biasanya gitu aja sih mengalir seperti biasanya. Hahahahaa… Tapi penasaran sama testnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top