Story HikmahNisa

5 Ide Jalan-Jalan di Bulan Ramadhan untuk Anak yang Sedang Belajar Puasa – Tidak Menguras Tenaga dan Bikin Fresh

Assalamualaikum,

Bagi anak yang sedang belajar puasa, hari-hari pertama pasti sangat berat rasanya. Waktu menuju magrib terasa lama sekali, badan lemas tak berdaya. Terkadang banyak tiduran saja tambah membuat badan lemas dan puasa menjadi tidak menyenangkan.

Padahal inginnya orang tua mengenalkan berpuasa dengan happy pada anaknya. Terkadang orang tua juga bingung, kegiatan apa yang bisa dilakukan di waktu anak belajar puasa, agar bisa bersemangat dan happy puasanya.

Jalan-jalan salah satu kegiatan yang disukai anak-anak, namun ketika ia sedang belajar puasa takut malah tambah lemas karena menguras energi. Tapi kalau dirumah dan tidak berkegiatan terlihat sekali anak-anak suntuk menunggu magrib.

Baca juga :Β 6 Kegiatan Ngabuburit Asik Bareng Anak

Jangan risau jangan galau bu, bisa coba beberapa ide jalan-jalan ngabuburit untuk menambah semangat si kecil berpuasa.

Ngabuburit Yuk

Kita sering mendengar istilah ngabuburit bulan puasa ini. Ngabuburit artinya menunggu burit. Kata burit kalau di bahasa Sunda itu adalah sore atau atau waktu dimana matahari akan terbenam. Jadi bisa diartikan ngabuburit itu kegiatan yang kita lakukan selagi menunggu magrib.

Banyak sekali yang bisa dilakukan menunggu waktu berbuka puasa terutama untuk anak, diantaranya :

  1. Membantu ibu masak dan menyiapkan menu berbuka puasa
  2. Baca buku
  3. Bermain puzzle atau memainkan permainan lainnya. Kalau jaman saya kecil biasanya ngabuburit dengan main ular tangga, monopoli, congkak, bola bekel bersama teman2. Tentunya permainan yang tidak menguras tenaga tapi tetap seru dimainkan sehingga waktu berbuka tak terasa lama.
  4. Jalan-jalan

Ketika bosan berkegiatan di rumah, ayah/ibu bisa mengajak anak-anak ngabuburit dengan jalan-jalan. Nah.. berikut ide jalan-jalan untuk anak-anak yang sedang belajar berpuasa, membuat fresh dan tidak menguras tenaga, diantaranya :

1. Jalan-Jalan ke Taman

Ayah/Ibu bisa memanfaatkan taman dekat rumah untuk mengajak anak-anak ngabuburit jalan-jalan sore. Menikmati angin sepoy-sepoy sambil bercengkrama dengan anak-anak.

Ketika sore tiba, di taman dekat tempat tinggal saya selalu ramai, kebanyakan memang para ibu yang mengajak anak-anaknya bermain. Disana ada beberapa permainan anak-anak seperti ayunan dan perosotan. Anak-anak pasti happy menikmati sore hari sampai tak terasa waktu berbuka sebentar lagi tiba.

2. Beli Takjil

Jalan-jalan beli takjil di bulan puasa ini menjadi langganan anak-anak untuk ikut serta. Tak dipungkiri bulan ramadhan ini banyak yang menjadi pedagang dadakan, menjajakan camilan untuk berbuka. Biasanya jualannya berjajar di suatu tempat ramai. Di daerah saya setiap sore pasti penuh dengan pedagang di pinggir jalan menyediakan takjil untuk berbuka. Menunya bermacam-macam, sampai bingung milihnya dan ingin beli semua, haha.

Kesempatan ini juga bisa mengajak anak-anak jalan-jalan membeli takjil. Tentunya anak-anak tambah bersemangat Β bersiap untuk menyediakan makanan minuman untuk berbuka. Anak-anak bisa memilih beberapa takjil yang diinginkan.

3. Membagikan Takjil

Bulan Ramadhan juga menjadi ajang berbagi karena keberkahan ramadhan salah satunya kebaikan akan dilipatgandakan. Ibu bisa mengajak anak-anak menyiapkan menu takjil dan membagikannya di waktu sore menjelang berbuka. Sekaligus mengajarkan anak-anak berbagi pada sesama. Membagikan takjil bisa untuk tetangga sekitar atau turun ke jalan membagikan takjil untuk orang-orang yang membutuhkan dan sedang berpuasa.

4. Ajak Buka Bersama Di Luar

Sesekali bisa mengajak anak-anak buka bersama diluar, sekalian tarawih bersama di masjid. Ayah/ibu bisa mengambil weekend atau hari dimana ayah libur bekerja, sehingga waktu bisa lebih leluasa untuk menikmati buka bersama di luar dan shalat tarawih di masjid bersama-sama.

Ini dapat membuat anak-anak tambah bersemangat dan menikmati ibadah di ramadhan dengan penuh suka cita.

5. Sepedaan atau main sepatu roda di Sore Hari

Sepedaan atau main sepatu roda keliling komplek atau sambil beli takjil bisa loh membuat anak-anak fresh sambil ngabuburit menunggu waktu berbuka.

——-

Banyak cara agar anak-anak menikmati belajar puasa dengan hati gembira dan menjalani ramadhan dengan penuh suka cita. Sehingga, anak-anak akan rindu dengan bulan Ramadhan dan dengan ibadah bersama di dalamnya.

Senang berbagi ❀

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

48 thoughts on “5 Ide Jalan-Jalan di Bulan Ramadhan untuk Anak yang Sedang Belajar Puasa – Tidak Menguras Tenaga dan Bikin Fresh

  1. anaku udah gedean, jadi ga rewel lagi. paling ngeluh lapar πŸ˜€
    tapi teuteup maunya main sepedahan. biasanya kubilangin jangan capek2 dan jangan jauh2 sepedahannya πŸ˜€

  2. Sepakat!

    Untuk buah hati yang sedang belajar puasa, kita, orang tua kudu pandai-pandai mengambil hati mereka ya, agar puasa itu adalah hal yang menyenangkan.

    Dari ke 5 hal di atas, jalan-jalan ke taman dan membelik takjil adalah aktivitas favorit aku dan si kecil saat usia belajar puasa.

  3. anakku lihat aku siapin es buah aja udah ngiler. Hahaha… belum adzan udah tergoda icip. Eh namanya masih belajar yaa. Palingan ku ajak ke taman supaya asyik main sama kawan.

  4. Ini ngabuburitnya sama kayak aku nih, main ke taman, main sepeda didepan rumah dan jajam takjil kedepan komplek. Kebetulan tahun ini anakku mulai puasa walau masih setengah hari tapi senang sekali lihat dia antusias.

  5. Jaman anak-anak masih kecil. mereka ikut pengajian di masjid. Trus dapat pembagian takjil dari takmir masjid. Aku suka dengan kegiatan setiap ramadhan di masjid dekat rumah. Kayaknya anak-anak sekarang di perumahan yang aku tempat saat ini udah mulai jarang. Enggak tahu kenapa

  6. Semuanya pernah aku alami waktu kecil dulu kecuali amen sepatu roda. Mau belajar males ah, faktor umur hahaha….. Kangen deh dengan keseruan ngabuburit waktu kecil. Udah dewasa gini ngabuburitnya kalau ga ngoprek gadget ya di dapur atau bukber di luar hahaha

  7. Anakku paling seneng diajak buka puasa di luar rumah. Mereka amat menikmati berbagai pilihan hidangan yang tentunya tidak mereka temukan di rumah. Jadi keasyikan tersendiri bagi mereka tuh. Kalau di rumah kan hidangannya itu itu aja :))

  8. Seru idenya ya mba kalau aku duku main bareng congklak atau kartu gitu seringnya sih monopoli gitu barengan,,, trus anak2 ku ajak buka bersama di masjid Kita teraweh keliling

  9. Sejak puasaan..banyak anak-anak tetangga yang main di depan rumah.
    Ini menyenangkan sekali bagi kami…karena kami tergolong warga baru di lingkungan sekarang.

  10. Jadi ingat waktu anak-anak masih kecil dulu.
    Menunggu waktu berbuka, mereka harus dialihkan perhatiannya pada hal yang menyenangkan, seperti jalan-jalan ke taman atau sekedar bermain monopoli/ular tangga/ congklak saja

  11. Beli takjil, ini yang paling disukai anak-anak hehe… Sepulang mengaji di Masjid, biasanya mereka ngajak jalan-jalan ke pasae takjil dadakan dekat rumah

  12. Menunggu buka puasa saat masuk jam kritis ini bisa menguras energi kita. Rengekan si anak kombinasi mempersiapkan hidangan buka puasa yang harus disegerakan. Idenya yang diajak beli takjil dan main ke luar sudah sering dilakukan tapi mental melulu. Cuma main di rumah aja, nih yang bisa. Anaknya mager di lantai haha.

Leave a Reply to Nanik Nara Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top