Story HikmahNisa

6 Hal Sederhana yang Termasuk Sedekah, Bisa Dibiasakan pada Anak Sedari Dini

Assalamualaikum,

Alhamdulillah sudah memasuki pertengahan Ramadhan. Semoga target ibadah kita lancar dan terlaksana dengan baik ya, yang keteteran yuk disusul masih ada waktu sebelum Ramadhan Berlalu.

Bulan ramadhan bulan dimana kita banyak belajar dan mengajarkan anak-anak tentang kebaikan. Meliputi ibadah kepada Allah dan berbuat baik kepada sesama. Sekarang sudah banyak yang tahu bahwa kecerdasan anak tidak melulu masalah nilai raport atau nilai ujian.. Tapi juga kecerdasan emosi dan spiritual.

Tidak dipungkiri banyak dari orang tua lebih menjunjung tinggi nilai-nilai sekolah. Betapa marah dan sedih ketika anak memiliki nilai yang dianggap buruk pada mata pelajarannya. Berapa bangga dan senang hati ketika anak sempurna dalam nilai raportnya.

Kecerdasan emosi dan spiritual sebenarnya lebih penting dibandingkan intelegensi. Lebih baik lagi jika 3 kecerdasan tersebut beriringan dimiliki oleh anak-anak kita. Ingin kan ayah/ibu?

Kecerdasan emosional dan spiritual ini salah satunya berhubungan juga sedekah. Sedekah bukan hanya berupa uang, namun hal-hal sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari. Hal ini bisa dikenalkan dan dibiasakan kepada anak sejak dini. Sedekah selain uang adalah berempati pada sesama kita, menyangkut adab/akhlak. Seperti tersenyum, membantu orang lain, memudahkan urusan orang lain, berbagi makanan, dsb.

Yuk kita bahas hal-hal kecil apa saja yang ternyata sangat berharga dan itu termasuk sedekah

Bisa dimulai dari hal kecil, ajarkan anak berempati kepada sesamanya. Ajarkan yang pertama adalah adab dan sopan santun. Kenalkan sedari dini dan biasakan dengan kata Maaf, Tolong dan Terimakasih. Sayang sekali sekarang kata-kata tersebut hampir punah 😥. Oleh karenanya mari ayah/ibu kita mulai dari rumah, ajari anak sejak dini dan biasakan dalam kehidupan sehari-hari dalam berinteraksi.

Selanjutnya adalah Tersenyum, senyum ini menyangkut keramah-tamahan kita terhadap sesama. Menyangkut sopan santun dan adab juga. Ayah/ibu bisa mengajarkan anak sedari dini, biasanya ketika akan difoto anak-anak diminta tersenyum. Namun jangan hanya ketika akan foto, ketika bertemu dengan sanak keluarganya mintalah anak-anak untuk tersenyum dan memberi salam. Tersenyum adalah sedekah yang paling ringan.

“Senyummu didepan saudaramu, adalah sedekah bagimu” (H.R.Tirmidzi)

Lalu, Membantu Orang lain. Ajarkan anak saling tolong menolong sedari kecil, dengan berkata “nak, bisa tolong ibu?” atau ketika ia kelihatan kesusahan melakukan sesuatu bisa kita tawarkan “mau ibu tolong nak?”. Hal-hal sederhana seperti ketika ada yang jatuh di kantong belanja seseorang di pasar, membantu mengambil dan memberikannya kembali kepada orang tersebut. Walau bukan anak yang berperan, namun contoh dari kita akan membuat anak belajar lebih banyak. Ketika tetangga membutuhkan sesuatu, biasanya saya memberi kesempatan untuk anak dalam bersedekah “Nak, tante Dini minjem pulpen ibu, bisa tolong kasih ke tante Dini sama Nada ya”.

Yang selanjutnya, Memudahkan Urusan Orang Lain. Mamah saya setiap makan diluar, selalu merapikan piring ketika sudah selesai makan, lalu saya berkata “Mamah gak usah diberesin, kan nanti juga diberesin sama pelayannya”. Lalu mamah berkata “Memudahkan urusan orang lain itu sedekah, toh bekas makan kita juga dan gak bikin kita capek juga kan”. Hal itu terus teringat dalam diri saya dan paham kebaikan sekecil apapun adalah sedekah.

Poin selanjutnya adalah Mengajak Berbuat Baik, sederhana mengingatkan kebaikan atau mengajak kearah yang lebih baik. Bisa dengan mengingatkan anak shalat atau mengajak anak mengaji atau berbuat baik lainnya. Beri penjelasan bahwa mengajak berbuat baik merupakan sedekah. Allah suka dan Allah akan tambah sayang pada kita 😊.

Selanjutnya adalah Menahan Diri Dari Perbuatan Buruk. Jika tak mampu membantu dan meringankan urusan orang lain, setidaknya mampu menahan diri dari perbuatan buruk walau ada peluang melakukannya itu merupakan sedekah. Ayah/ibu bisa memberikan pengertian sedari diri pada anak tentang menahan diri ini.

——-

Hal-hal sederhana ini merupakan sedekah, Masya Allah dekat sekali dengan keseharian kita ya. Sedekah tidak selalu tentang uang, jika ada kelebihan rezeki ajarkan juga anak sedekah harta. Yuk mari ayah/ibu kita kenalkan dan biasakan hal-hal sederhana ini yang ternyata merupakan sedekah pada anak-anak kita sadari diri.

Oia berikut hadits panjang yang menjelaskan point-point di atas :

Dari Abdillah bin Qais bin Salim Al-Madani, dari Nabi Muhammad, bahwa beliau bersabda :

“Setiap muslim harus bershadaqah”. Salah seorang sahabat bertanya,

“Bagaimana pendapatmu, wahai Rasulullah, jika ia tidak mendapatkan (harta yang dapat disedekahkan)?”

Rasulullah bersabda,

“Bekerja dengan tangannya sendiri kemudian ia memanfaatkannya untuk dirinya dan bersedekah.”

Salah seorang sahabat bertanya,

“Bagaimana jika ia tidak mampu, wahai Rasulullah?”

Beliau bersabda,

“Menolong orang yang membutuhkan lagi teraniaya.

Salah seorang sahabat bertanya,

“Bagaimana jika ia tidak mampu, wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab,

“Mengajak pada yang maruf atau kebaikan”.

Salah seorang sahabat bertanya,

“Bagaimana jika ia tidak mampu, wahai Rasulullah?”

Beliau menjawab,

“Menahan diri dari perbuatan buruk, itu merupakan shadaqah.”

(H.R. Muslim)

 

Senang berbagi ❤

 

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top