Story HikmahNisa

6 Kegiatan Ngabuburit Asik Bareng Anak

Assalamualaikum,

Bagi anak yang belajar berpuasa, rasa-rasanya waktu menuju magrib begitu lama. Hari-hari pertama terasa berat dijalani. Tentu sebagai orang tua ingin sekali membuat anak-anak semangat dan happy menjalankan puasa.

Terkadang saking lemas dan tidak tau harus berkegiatan apa, anak-anak jadi lebih banyak menghabiskan waktu dengan tidur-tiduran bahkan tidur dalam jangka waktu yang lama. Malah tidur-tiduran dan tak berkegiatan hanya akan menambah lemas dan rasa keluh kesah anak-anak biasanya meningkat karena rasa lapar dan haus mereka.

Anak-anak ketika berkegiatan dan asik dengan kegiatan tersebut akan membuat ‘lupa’ waktu bahwa ia sedang berpuasa. Lapar dan haus tidak terlalu terasa dibandingkan berdiam diri melihat detak laju jarum jam.

Maka pentingnya orang tua memunculkan ide-ide berkegiatan untuk anak-anak happy dengan puasanya. Sebenarnya, kegiatan anak sangatlah sederhana, nah beberapa ide kegiatan ngabuburit ini bisa ibu/ayah lakukan bersama anak, diantaranya :

  • Masak Menyiapkan Menu Berbuka

Ibu bisa mengajak anak memasak menyiapkan menu buka puasa bersama. Sebelumnya ibu bisa mengajak anak berbelanja bahan-bahan untuk memasaknya juga bersama anak. Berdiskusi untuk menu berbuka yang anak-anak inginkan juga akan membuat semangat anak-anak dalam ikut berbelanja dan menyiapkan menu berbuka.

Beri anak tugas-tugas ringan sesuai kemampuannya, pastinya ibu harus tetap meyakinkan anak akan aman dalam proses memasak. Tidak harus anak perempuan, anak laki-laki pun bisa banget loh bu diajak masak didapur.

Hal ini akan membuat ngabuburit anak-anak menjadi lebih menyenangkan dan bermanfaat pastinya. Sampai-sampai tak terasa adzan maghrib sebentar lagi berkumandang. Dan pastinya anak-anak happy makan makanan yang ia buat bersama ibu.

  • Membeli/ Membagikan Takjil

Ibu/ayah bisa mengajak anak-anak ngabuburit membeli takjil atau membagikan takjil. Ini salah satu menghalau kebosanan beraktifitas dirumah, dengan ngabuburit jalan-jalan keluar rumah,bisa membeli takjil atau membagikannya.

Budaya masyarakat sekitar ketika bulan Ramadhan tiba adalah menjadi penjual takjil dadakan, hihi. Dan biasanya menjelang berbuka banyak sekali pedagang takjil di lingkungan tertentu. Nah ibu bisa mengajak anak-anak ngabuburit dengan membeli takjil kesukaan anak.

Selain membeli, ibu juga bisa mengajak anak membagikan takjil. Ibu bisa membuat takjil dan membagikannya ke tetangga atau ke orang-orang yang membutuhkan untuk berbuka puasa. Selain menghalau kebosanan, kegiatan ini juga mengajarkan anak untuk berbagi pada sesama.

Baca juga : 5 Ide Jalan-Jalan Di Bulan Ramadhan Untuk Anak Yang Sedang Belajar Puasa – Tidak Menguras Tenaga Dan Bikin Fresh

  • Murojaah dan Hafalan Qur’an

Ayah/Ibu apakah memiliki target ibadah di bulan ramadhan ini bersama anak-anak?. Tentunya bulan penuh berkah ini esensi utamanya adalah untuk beribadah, menambah ketaatan pada Allah. Maka buatlah target ibadah bersama anak, salah satunya adalah murajaah Quran dan menghafal surat-surat pendek dalam Al-Quran.

Bersama-sama murojaah dan hafalan Quran sambil menunggu waktu berbuka. Jika dilakukan bersama-sama pasti anak-anak akan lebih bersemangat 😊.

  • Memainkan Permainan

Ketika saya kecil dulu, sering sekali ngabuburit dengan melakukan permainan tradisional di rumah bersama keluarga atau teman-teman sekitar. Seperti bermain ular tangga, monopoli, bola bekel, congklak. Mungkin jaman sekarang permainan-permainan tradisional ini sudah jarang dimainkan anak-anak. Ibu/ayah bisa menggantinya dengan permainan lain seperti main puzzle misalnya.

Permainan-permainan tersebut tidak menguras tenaga namun dapat membuat asik sehingga waktu berbuka sebentar lagi tiba 😊.

  • Baca Buku

Ayah/Ibu bisa mengajak anak-anak membaca buku kesukaan si kecil. Atau membacakan buku bisa dengan memainkan boneka tangan agar tambah seru. Ayah/ibu juga bisa menceritakan cerita dongeng untuk anak-anak 😊.

  • Menonton

Anak-anak bisa menonton film kesukaannya sambil menunggu waktu berbuka. Menonton memang aktivitas sederhana yang seru, biasanya menonton adalah kegiatan yang paling diminati anak-anak. Namun orang tua tetap harus selektif dalam pemilihan film dan durasi menonton, jangan sampai terlalu lama.

——–

Banyak lagi kegiatan asik ngabuburit bersama anak-anak. Sehingga anak yang belajar puasa semakin semangat melaksanakan ibadah puasa dan kelak akan rindu suasana bulan ramadhan. Ibu/ayah pilih kegiatan mana nih untuk ngabuburit bersama anak? 

Senang berbagi ❤

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

One thought on “6 Kegiatan Ngabuburit Asik Bareng Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top