Story HikmahNisa

Buka Puasa dengan Apa?

Assalamualaikum,

Berpuasa artinya menahan diri dari lapar, dahaga dan hawa nafsu. Berpuasa melatih diri menjadi pribadi yang sabar dan taat. Sabar untuk tidak makan, minum, marah dan segala perbuatan buruk. Segala hal bentuk menahan diri ini yang akan tumbuh menjadi ketaatan. Ketaatan pada Allah, atas segala aturan yang Allah beri, salah satunya mengenai ibadah puasa ini.

Bagi yang tidak pernah absen makan ditambah pekerjaan yang lumayan menguras tenaga, tentu ujian puasa ini cukup berat. Berbeda dengan yang biasa absen makan walau pekerjaannya juga menguras tenaga, ya seperti fakir miskin dan orang-orang tak mampu. Huh, puasa memang mengingatkan kita pada mereka, orang-orang yang kurang mampu, yang untuk makan saja sulit. Puasa mengajarkan kita bukan hanya sabar tapi juga syukur.

Yang dipikirkan ketika berpuasa tentunya Adalah berbuka, yang dinanti oleh orang yang berpuasa adalah adzan maghrib tanda bolehnya ia berbuka. Buka puasa dengan apa ya nanti?, pasti dari kita memikirkan hal itu setiap harinya.

Banyak yang kalap mata ketika berpuasa, merasa butuh banyak makanan dan minuman, ternyata itu hanya nafsu. Buktinya, banyak yang tidak termakan dan harus terbuang. Ternyata kita masih dilingkupi hawa nafsu tak terbendung ketika berpuasa. Hal ini tidak sekali dua kali terulang, namun sering.

Jangan Hanya Sekedar Perut

Buka puasa dengan apa? Proses berpikir ini pasti terjadi pada setiap orang yang berpuasa, setiap harinya. Mengapa? Karena makan/minum merupakan kebutuhan pokok manusia. Namun sayangnya, sekedar perut yang difikirkan. Kebutuhan lainnya di ramadhan ini seringkali terlewat, apa itu? Sholat.

Shalat itu kewajiban bukan kebutuhan kakak, eitts.. ternyata shalat ini adalah kebutuhan kita loh. Kita membutuhkan makan dan minum untuk perut dan fisik, kita membutuhkan sholat, mengaji, berdoa, untuk hati dan batin.

Yang lapar ternyata bukan hanya sekedar isi perut loh, isi hati kita juga lapar. Perlu diisi ‘makanan-makanan’ yang enak dan bergizi. Setelah memikirkan buka puasa dengan apa? Selanjutnya kita bisa memikirkan tarawih dimana?. Jangan hanya sampai menanyakan isi perut.

Jangan Mencela Makanan

Berbicara tentang makanan ketika berpuasa, tanpa kita sadari, seringnya diri menghardik makanan. Apa itu menghardik makanan? Mengeluh, mencela makanan, namun tetap kita makan.

“Rasulullah tidak pernah mencela makanan sama sekali. Kalau beliau menyukainya, maka akan beliau makan. Dan jika tidak menyukainya, beliau meninggalkannya.[H.R. Bukhâri dan Muslim]

Sering dari kita tidak sadarkan diri mengeluh dan mencela makanan bahkan dengan kata-kata buruk jauh dari syukur, namun ternyata kita masih memakannya dengan habis pula.

Rasul mengajarkan tidak mencela makanan, jika suka ya makan, jika tidak ya tidak usah dimakan. Adab Rasul memang luar biasa, walau hanya sekedar makanan ❤. Semoga kita bisa belajar dan mencontoh Rasul.

Makanan yang Selalu Hadir dalam Buka Puasa

Makanan yang selalu hadir menemani buka puasa setiap orang tentu berbeda, beda kebiasaan beda kesukaan juga, bahkan beda budaya pun bisa berbeda menu makanan. Saya dan keluarga punya makanan/minuman yang sering menemani buka puasa, yaitu ;

  • Minuman Segar.

Rasanya melepas dahaga dengan minuman dingin dan segar sesuatu nikmat yang luar biasa ketika berbuka. Saya dan keluarga selalu sedia minuman dingin dan segar namun tak setiap hari. Dan awal berbuka pastinya diawali dengan minum air mineral terlebih dahulu.

  • Gorengan

Sedia bukaan yang manis dan yang asin. Yang asin ini kami senang gorengan, karena dari sunda, jadi bala-bala, gehu, cireng, sering menemani ketika berbuka. Lagi-lagi tak setiap hari, namun jadi favorit.

Jika memang tidak ada kedua makanan dan minuman itu ya tak apa, bukan makanan wajib yang harus tersedia setiap berbuka juga sih. Kami sangat fleksibel, tidak perlu memaksakan jika memang tidak ada atau tidak butuh. Namun yang wajib harus selalu ada adalah ; Air Mineral.

Kalau ini jangan sampai lolos, air mineral paling jadi favorit dan setiap hari kami sediakan tanpa terlewat. Hehe.

Kalau teman-teman biasanya buka puasa dengan apa? ☺

Senang berbagi ❤

 

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

One thought on “Buka Puasa dengan Apa?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top