Story HikmahNisa

Keberkahan Ramadhan Berlipat Bagi Ibu

Assalamualaikum,

Marhaban Ya Ramadhan, bulan Ramadhan selalu disambut dengan suka cita oleh semua orang, karena keberkahannya sampai pada semua orang bahkan bukan hanya muslim. Semua lapisan masyarakat mendapat keberkahan Ramadhan, baik tua maupun muda, kaya atau miskin, laki-laki atau perempuan, pedagang atau karyawan, semua merasakan hal yang sama bahwa Ramadhan adalah bulan berkah.

Keberkahan Rezeki

Pedagang atau karyawan merasakan sekali perbedaan bulan ramadhan dengan bulan-bulan lainnya. Rezeki mengalir lancar, bahkan 2x lipat bisa lebih besar dibandingkan bulan-bulan lainnya. Masya Allah, janji Allah benar dan tak mungkin Allah ingkar pada janji-Nya.

Saya pribadi merasa takjub setiap bulan Ramadhan pedangan 2x lipat bisa lebih banyak. Banyak yang jadi penjual dadakan, yang jual takjil misalnya, yang memang jualannya hanya di bulan ramadhan. Walau yang dagang banyak banget dan menu makannya serupa, jualannya berjajar berdampingan tapi semua laku loh, bahkan laku banget. Awalnya saya sempat mikir, ini banyak yang jadi pedagang, bisa-bisa pembeli lebih sedikit dari pedagang. Wew, salah banget pemikiran saya di bulan Ramadhan ini, dan kebukti banget semua laku diserbu pembeli, Masya Allah.

Harap bersabar masih otw ya bu.. hihi

Dan lagi, pegawai ada uang THRan hanya bulan Ramadhan, bahkan tak jarang ada yang dapat bonus di bulan ramadhan pula, jadi sampai 3x dapat gaji, Masya Allah 😍.

Tentunya rezeki tak hanya berupa uang kan, banyak sekali keberkahan yang didapat selama bulan Ramadhan. Saling berbagi makanan berbuka dengan tetangga misalnya, sering keluar beli takjil jadi sering menyapa orang-orang, silaturahmi di acara buka bersama, itu pun rezeki.

Banyak pakar keuangan berpendapat bahwa, pengeluaran bulan ramadhan lebih besar. Namun, pendapatannya pun lebih besar dan lebih berkah kan, setuju gak? 😊

Keberkahan Ibadah

Allah menyediakan berbagai fasilitas ibadah di bulan Ramadhan yang berbeda dengan bulan lainnya. Dari mulai sahur, berpuasa, berbuka, tarawih, semuanya bernilai ibadah. Selain menyediakan berbagai fasilitas ibadah untuk diri mempercantik hati dan akhlak, Allah akan melipatgandakan pahala di bulan Ramadhan.

Banyak sekali orang-orang yang berlomba-lomba memberikan ibadah terbaik dalam memanfaatkan bulan Ramadhan ini. Target-target ibadah mulai direncanakan beberapa hari sebelum bulan Ramadhan. Jangan sampai menyia-nyiakan ibadah di bulan yang penuh maghfiroh dan ampunan ini.

Tidak hanya melipatgandakan pahala, Ramadhan juga Allah membuka lebar pintu ampunan untuk orang-orang yang bertaubat dari dosa-dosa dan berkomitmen menjadi orang yang lebih baik. Sering-sering beristighfar, karena kita tidak tahu ada dosa yang tak disengaja atau yang tak dirasa.

Di IG saya memiliki program menulis singkat setiap hari selama Ramadhan #SharingRamadhanStory . Dan hari ke-9 kemarin saya menuliskan tentang rentannya dosa yang tak disadari dan tak dirasa ini, maka harus sering-sering perbaiki hati dan niat. Berikut tulisannya saya share kesini juga :

#SharingRamadhanStory
Day 9

Astagfirullah, kalimat istighfar harus sering terucap pada diri. Merasa hidup lurus-lurus aja, merasa sudah jadi orang baik, namun ternyata banyak dosa yang tidak terasa, tidak tersadarkan.

Apalagi termasuk manusia akhir zaman yang godaanya luar biasa. Dari medsos saja, ternyata bisa banget loh terlihat baik oleh orang lain, ternyata bukan jadi kebaikan yang nyata buat dirinya sendiri. Ternyata ada ujub, riya, sombong dalam hatinya, bukan jadi kebaikan malah jadi keburukan untuknya sendiri.

Kadang berfikir, memilih menjadi blogger yang memang pekerjaannya harus share konten dan berbagi ilmu/pengalaman pada orang lain, sangat rentan dihantui penyakit2 ini. Maka sering-sering istighfar, periksa hati sangat sangat penting.

Ini bukan tentang bagaimana kita memandang postingan orang lain (jelas kita diwajibkan husnudzon alias jangan julid yes). Yang utama adalah bagaimana meluruskan hati dalam apa yang kita posting.

Penting sekali memahami bahwa  diri tidak ada apa-apanya dihadapan Allah, semua atas kuasa dan ijinNya. Semua karenaNya, dariNya dan olehNya. Maka, astagfirullah.. ampuni jika ada hati-hati ini yang melenceng dari niat baiknya.

Bukan menghentikan sharing kebaikannya namun meluruskan niat agar tetap jadi kebaikan untuk orang lain dan diri sendiri ❤.

#StoryRamadhanHikmah
#ramadhan2019
#ramadhan1440h

Tulisan itu lebih kepada pengingat pada diri saya pribadi, semoga bisa jadi pengingat untuk orang lain juga.

Oia, Ramadhan juga jadi waktu ijabahnya doa. Berdoa lah apa keluh kesah kita, keinginan dan harapan kita. Curhatlah kepada Allah di Ramadhan ini, doa kita akan didengar dan diijabah 2x lipat di bandingkan bulan lainnya.

Keberkahan Ramadhan terasa sampai hati betapa Allah begitu sayang pada hamba-Nya. Merasa perlu memantaskan diri jadi hamba yang disayangiNya.

Keberkahan Berlipat Untuk Ibu

Ibu masih beraktifitas luar biasa walau sedang puasa ❤

Setelah 2 tahun absen dari ibadah puasa karena mengandung dan menyusui, Ramadhan kali ini sangat istimewa bagi saya. Saya mulai melaksanakan ibadah puasa kembali, kerinduan yang teramat sangat bisa berpuasa di bulan Ramadhan. Alhamdulillah, Allah memberi kesempatan bertemu ramadhan tahun ini, semoga bisa mengoptimalisasi diri memanfaatkan semua fasilitas ibadah di Ramadhan ini.

Berkah ramadhan bagi seorang ibu, Masya Allah banyak sekali, seperti :

  • Menyiapkan sahur dan berbuka untuk keluarga (keberkahan ibadah)
  • Mulai mengajarkan anak berlatih puasa (keberkahan ibadah)
  • Kesabaran harus lebih ekstra di bulan puasa, kalau stok sabar saya sudah menipis selalu berkata dalam hati “sabar Hikmah, sedang puasa, ini bulan Ramadhan” (keberkahan ibadah)
  • Ikut euforia berbelanja keperluan keluarga (keberkahan rezeki)
  • Berbagi makanan dengan tetangga (keberkahan rezeki)
  • Dan lain sebagainya

Ini baru sebagian kecil yang dirasakan setelah menjalani 10 hari Ramadhan, masih 20 hari lagi yang pasti ladang amal masih terbuka lebar untuk kita optimalkan, jangan sia-siakan.

Nah gampang kan masak yang itu-itu lagi 😅. Efek ibu yang selalu bingung masak menu saur dan berbuka.

Berkah ramadhan bagi seorang ibu banyak sekali karena kita semua tahu perjuangan ibu lebih dari siapapun. Bagaimana perjuangan bangun lebih pagi untuk menyiapkan sahur, membangunkan anggota keluarga. Bagaimana berbelanja makanan untuk berbuka, memasak dan menghidangkan menu terbaik untuk berbuka. Bagaimana mengajarkan anak berpuasa dengan happy. Dan semua perjuangan ibu ada keberkahan di dalamnya, Ridho Allah selalu dalam genggaman ibu, sampai doa ibu adalah doa yang paling mustajab. ❤❤

Nikmat Allah memang tak terhingga apalagi di bulan Ramadhan ini~ yang jelas para ibu yang merasakannya sendiri, bagaimana Allah Maha Baik kepada para ibu, alhamdulillah. Semangat terus menjemput keberkahan ramadhan untuk semua ibu 😘❤.

Senang berbagi ❤

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

19 thoughts on “Keberkahan Ramadhan Berlipat Bagi Ibu

  1. Salahsatu yg membedakan bulan ramadhan dengan bulan lainnya itu
    Aku percaya, banyak waktu-waktu untuk melantunkan doa dan itu mustajab
    Sehingga banyakin untuk berdoa kepada-Nya

    Btw, aku penikmat dagangan dari penjual dadakan di sekitar rumah aku, mbak
    memudahkan sekali hehehhe,
    Ramadhan karim, emang penuh berkah
    Selamat berpuasa mbak ^_^

  2. Masya Allah.. berkah Ramadhan itu … Luaaaarrrr biasa! Karena Allah sudah janjikan kemudahan beribadah untuk kita yang mau menahan hawa nafsu lapar demi Allah SWT semata, memohon belas kasihan Allah saja. Alhamdulillah. MET puasa yaaaa

  3. Rindu selalu dengan suasana Ramadan.
    Bagi saya pribadi, Ramadan adalah bulan yang intensif.
    Intensif berdekatan dengan Allah, intensif bercengkarama dengan keluarga.
    Indahnyaaa~

  4. Bulan Ramadhan memang memiliki makna spesial yang bisa di bilang berbeda dengan bulan lainnya, bukan hanya karena diwajibkan untuk berpuasa tapi ada banyak berkah dan kebaikan yang bisa kita dapatkan bahkan berlipat dari bulan lainnya. Terima kasih mak, sudah berbagi.

  5. Duh terharu bacanya dan jleb pas bagian sharing ramadan story’ yang periksa hati, harus banyak-banyak istighfar ya biar rasa riya dll itu pergi..terima kasih remindernya say

  6. Pas sampai di bagian ini:

    “… Kadang berfikir, memilih menjadi blogger yang memang pekerjaannya harus share konten dan berbagi ilmu/pengalaman pada orang lain, sangat rentan dihantui penyakit2 ini. Maka sering-sering istighfar, periksa hati sangat sangat penting.”

    … aku setuju pakai banget!

    Tapi, percayalah, Mak, hanya kita dan Allah SWT saja yang tahu niat kita.
    Jadi… mari kita tetap berbagi kebaikan sembari tetap meluruskan niat…

    Sungguh kita tidak pernah tahu bagaimana kuatnya kata-kata untuk memotivasi.
    Buktinya, aku sangat terinspirasi dengan tulisan Mak ini.
    … seperti diingatkan, begitu \(^^)/

    Yuk, terus belajar menulis dengan hati agar bisa sampai juga ke hati!

  7. Masha Allah luar biasa sekali keberkahan Ramadhan. Terimakasih sudah diingatkan tugas-tugas seorang ibu yang penuh berkah. Selama ini saya sering melalaikannya cari praktis beli makan di luar dan beres-beres rumah manggil embak.

  8. Bulan Ramadhan memang luar biasa berkahnya. Banyak rezeki, banyak pahala, banyak ini dan itu lainnya.

    Hmm, ngomong-ngomong kapan ya THRku, belum nampak hilalnya nih. Baru beli bahan pokok untuk bingkisan karyawan. Hihihihii

  9. Dari segi ekonomi, peluang bisnis di bulan ramadhan sangat besar dan tumbuh dua kali lipat dari bulan lainnya. Berbagai bentuk usaha dan bisnis musiman di bulan ramadhan berpotensi jadi peluang untuk dapat meraup rezeki.

  10. Ramadan itu berkah buat banyak orang bahkan yang bukan islam juga. Dari jam kerjanya, takjil gratisnya, alhamdulillah semoga makin banyak kebaikan yg kita lakukan

  11. semangat mengejar berkah di bulan suci Ramadan ini.

    Walo kadang bangun tengah malam untuk masak sahur bagi keluarga itu perjuangan sendiri untuk ibu-ibu … tapi terobati begitu melihat mereka makan dengan lahap walo matanya masih merem melek nahan kantuk. Hehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top