Story HikmahNisa

Ramadhan, Selalu Membuat Rindu

Assalamualaikum,

Sudah mau memasuki 10 hari terakhir bulan Ramadhan. Masya Allah tak terasa sekali ya, waktu cepat berlalu. Jangan sampai kita menyesal karena menyia-nyiakan bulan ramadhan tahun ini. Ramadhan bulan yang selalu dirindukan, benar adanya. Bulan yang sangat bermakna terutama bagi umat muslim sudah pasti dirindukan semua. Apalagi budaya ramadhan di Indonesia tambah membuat rindu.

Apa yang dirindukan dari Ramadhan? Semuanya. Dari mulai ibadahnya dan suasananya.

1. Rindu Ibadah Ramadhan

Ramadhan waktu terbaik untuk meningkatkan iman dan taqwa diri kepada Allah. Ibadah khusus yang Allah berikan hanya di bulan Ramadhan ini membuat selalu rindu. Apalagi ibadah yang disediakan berjamaah, bersama-sama. Pastinya tambah membuat semangat, dari mulai ibadah puasa sampai shalat tarawih.

Maka ketika Ramadhan datang jangan sampai lupa membuat target ibadah bulan penuh berkah ini. Target ibadah sangat penting dalam memanfaatkan momen Ramadhan yang esensinya memang untuk menambah ketaatan pada Allah. Salah satu target setiap Ramadhan adalah khatam quran. Saya pernah menulis tentang tips khatam quran selama ramadhan di IG ;

#SharingRamadhanStory
Day 6

Yang utama dipersiapkan dalam Β bulan Ramadhan adalah target ibadah. Bagaimana caranya agar tak menyesal melewatkan Ramadhan begitu saja.

Seperti yang kita tahu bahwa bulan penuh berkah, ampunan, segala nilai ibadah dilipatgandakan, fasilitas ibadah yang Allah lebihkan, adanya malam seribu bulan, ya hanya di bulan Ramadhan.

Maka, tak ingin menyia-nyiakan karena belum tentu umur sampai pada Ramadhan tahun depan.Salah satu target ibadah yang dilakukan adalah membaca Al-Quran. Bagaimana Quran ini bisa dikhatamkan full selama 1 bulan di Ramadhan ini. Ternyata caranya sangat mudah, cukup membaca 1 hari 1 juz, 30 hari kita akan khatam 30 juz.

Banyak yang beranggapan wah sulit, berat, padahal sangat ringan loh. Dalam Quran ukuran standar, 1 juz itu terdiri dari 10 lembar. Mengkhatamkannya bisa dengan dua cara, yaitu :

1. Tunai
Sediakan waktu 1-2 jam untuk full menyelesaikan bacaan Quran sebanyak 1 juz. Yup, 10 lembar. Bisa cari di waktu setelah sahur sambil menunggu adzan subuh, atau setelah subuh, atau setelah tarawih. Waktu sangat fleksibel bisa disesuaikan dengan keadaan masing-masing.

Kita bisa scroll IG sampai 1-2 jam, bahkan lebih loh. Kita bisa, kepoin online shop sampai berjam-jam. Jadi jangan alasan gak ada waktu yes. Bahkan bagi yang sudah biasa, 1 juz bisa diselesaikan dalam 30-60 menit saja πŸ‘.

2. Angsuran
Merasa berat kalau harus tunai 10 lembar langsung dalam satu waktu, bisa kok dengan cara angsuran. Caranya, baca 2 lembar setelah selesai shalat wajib. 5 waktu setelah shalat wajib dikali 2, yup khatam 1 juz.

Cara tentu bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi masing-masing ya gengs.
Yuk ngaji, semangat khatam di Ramadhan 😊.

Kita sama-sama tahu bahwa semua amal kebaikan pahalanya dilipat gandakan, doa-doa diijiabah dan pintu ampunkan dibuka lebar.Β Saya pernah menulis di IG tentang doa di bulan Ramadhan salah satu waktu diijabahnya doa;

#SharingRamadhanStory
Day 13

Keberkahan ramadhan pada amal kebaikan bukan hanya berlipat gandanya palaha, namun juga terbuka lebarnya pintu ampunan dan diijabahnya doa-doa.

Kebahagiaan orang yang berpuasa ada 2, yaitu ketika ia berbuka dan ketika bertemu Rabnya kelak ❀.

Salah satu waktu diijabahnya doa adalah ketika menjelang berbuka. Setelah adzan magrib, berdoa lah dulu atas segala keinginan dan harapan kepada Rabb yang Maha mengabulkan, barulah berdoa berbuka dan meneguk air yang melepas dahaga seharian berpuasa.

Waktu adalah pedang, maka jangan menyia-nyiakan waktu-waktu diijabahnya doa terutama di bulan Ramadhan ini.

Doa harus diiringi dengan ketaatan kita pada Allah, menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya.
Semoga segala cita dan harapan kita bisa terkabul segera, Allah selalu memberi yang terbaik untuk hambaNya. ❀

2. Rindu Suasana Ramadhan

Di Indonesia ini budaya ramadhan luar biasa banyak, membuat suasana ramadhan semakin membuat rindu. Apa saja?

  • Munggahan

Biasanya awal puasa diawali oleh munggahan, biasanya kumpul keluarga untuk makan sahur pertama.

  • Ngabuburit

Setiap sore ada acara ngabuburit menunggu waktu magrib dengan berbagai aktivitas dari mulai menunggu takjil sampai bermain permainan tradisional seperti congklak.

  • Buka bersama

Jadi rutinitas silaturahmi setahun sekali dari teman TK sampai teman pensiunan (saking banyaknya πŸ˜…). Saking banyaknya sampai kadang-kadang bentrok waktunya πŸ˜….

  • Mudik

Sarana berkumpul dengan keluarga setahun sekali, merayakan idul fitri di kampung halaman. Salah satu yang selalu dirindukan dari bulan ramadhan.

Baca juga : Tips melewati macet mudik dengan happy dengan anak

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top