Story HikmahNisa

Talk Show Anti Boncos di Bulan Ramadhan with HERO Group

Assalamualaikum,

Tak dipungkiri di bulan Ramadhan pengeluaran akan 2x lebih besar dibandingkan bulan lainnya. Setiap keluarga ingin menghidang-kan makanan terbaik ketika sahur dan berbuka puasa. Belum lagi buka bersama yang akan dilakukan bersama rekan kerja, alumni TK sampai dengan kuliah, belum lagi teman tongkrongan atau teman komunitas, dsb.

Di minggu-minggu terakhir bulan Ramadhan, sudah mulai belanja persiapan lebaran. Dari mulai kue-kue, baju, sepatu, kerudung, sampai peralatan rumah jadi ketika ada tamu yang datang tidak bikin malu πŸ˜…. Eh iya, yang mudik.. persiapan tiket mudik sepaket dengan tiket balik dong dan THR-an buat saudara-saudara di kampung. Wow banyak ya, maka tidak heran banyak yang boncos keuangannya di bulan Ramadhan.

Lalu bagaimana solusinya?

Alhamdulillah, kamis tanggal 2 Mei 2019, saya berkesempatan hadir di acara talk show with HERO GRUP judulnya β€œAnti Boncos di Bulan Ramadhan”. Talk show ini menghadirkan 5 pembicara, yaitu :

  • Ligwina Hananto – Financial Management Consultant
  • Karlina Elisabet Wirian – Perwakilan Management Giant
  • Yik Hun – Perwakilan Management Hero Supermarket
  • Ririn Basuki – PR Manager IKEA
  • Erin Arifin – Head of Marketing Guardian
Para narasumber bersama host

Acara tersebut juga dihadiri oleh Bapak Hadrianus Wahyu Trikusumo selaku Direktur PT. Hero Supermarket Tbk. Dalam sambutannya bapak Hadrianus menyampaikan bahwa : Bentuk kepedulian kami kepada pelanggan, Hero grup selalu memberikan promo-promo menarik di setiap tahunnya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. Juga tips-tips seputar bagaimana income kita bisa digunakan dengan baik dan bijak selama ramadhan.

Tips Anti Boncos Di Bulan Ramadhan

Menurut ibu Ligwina Hananto selaku pakar keuangan, ketika bulan Ramadhan ada perubahan perilaku konsumsi pada masyarakat. Ada 3 jenis pengeluaran yang terkena perubahan perilaku konsumsi, yaitu :

  • Pengeluaran Rutin

Banyak yang berfikir pengeluaran rutin ini akan berkurang di bulan puasa, karena kita hanya makan 2x ketika sahur dan berbuka, sehingga memangkas uang makan siang dan ngopi-ngopi di sore hari. Namun ternyata tidak, masyarakat cenderung akan menghidangkan menu buka puasa dan sahur yang lebih baik dibanding bulan lainnya. Belum lagi jajanan buka puasa di bulan puasa sangat banyak dan menggiurkan bagi yang berpuasa.

  • Lifestyle

Buka bersama salah satu lifestyle di bulan puasa. Kebayang gak buka bersama dengan teman TK sampai teman pensiunan πŸ˜…. Sampai bingung bagi jadwal bukbernya karena suka ada yang bentrok di tanggal yang sama, bener apa bener? πŸ˜‚. Yang biasanya makan diluar jatahnya hanya 1 bulan 2x misalnya ketika weekend saja, sekarang jadi hampir setiap hari πŸ˜₯. Gak ikutan bukber, sayang dan gak enak juga kalau gak datang.. soalnya setahun sekali sih bukbernya πŸ€”, hayoh jadi gimana ya? Galau pan. πŸ˜†

  • Sosial

Bulan ramadhan adalah bulan dimana semua pahala dilipat gandakan, sehingga masyarakat tidak mau ketinggalan berlomba-lomba untuk berbagi, beramal, memberi, bersedekah. Dari mulai memberi makan sahur kepada tunawisma di jalanan, buka bersama anak yatim, sedekah masjid ketika tarawih, dsb.

Lalu bagaimana tips trik biar gak boncos?

  • Berbelanjalah dengan Hemat, Cerdas dan Bijak

Dari kecil anak-anak selalu diajarkan menabung, tidak pernah diajarkan berbelanja. Bagaimana berbelanja yang cerdas dan bijak. Banyak yang berasumsi berbelanja baik adalah berbelanja yang murah sehingga bisa hemat dan sisanya bisa ditabungkan. Namun tidak serta merta begitu, belanja yang cerdas adalah ketika kita tahu kapan saatnya mencari barang dengan melihat dominan kualitas atau dominan kuantitas. Ketika berbelanja barang yang akan digunakan untuk jangka waktu lama, dan kita memilih dominan kuantitas, artinya harganya lebih murah. Eh ternyata tidak bertahan lama, ujung-ujungnya harus membeli lagi barang tersebut. Niatnya hemat jadi boros.

Belanja cerdas juga kita selalu garcep alias gerak cepat ketika ada promo menarik dan barang tersebut memang kita butuhkan. Salah satunya, di bulan ramadhan ini mari kita memanfaatkan berbagai penawaran tematik yang menarik dari HERO Group. Hero Group melalui empat unit bisnisnya yakni Hero Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA menawarkan solusi belanja cerdas dan ekonomis yang dapat memberikan dampak signifikan bagi keuangan pelanggannya.

  • Paham Prioritas

Selanjutnya adalah kita mesti paham prioritas. Seperti, jadwal buka bersama yang padat itu, tidak harus semuanya kita datangi. Ada skala prioritas, kira-kira kita bisa mengikuti berapa kali buka bersama dalam ramadhan kali ini

  • Jujur dengan Keuangan Sendiri

Banyak yang beranggapan mudik itu wajib, sebenarnya tidak juga. Silaturahmi memang harus, namun ketika kondisi dan situasi keuangan tidak memungkinkan untuk mudik ya tidak mengapa, tidak mesti setiap tahun kita pulang kampung ko. Termasuk dengan THR-an, pulang kampung rasanya malu kalau tidak berbagi THR. Jangan sampai karena malu itu kita menjadi berhutang sana-sini. Kita sudah semestinya jujur pada diri sendiri tentang keuangan kita sendiri.

Berbelanja Hemat dan Cerdas di HERO Group

Seperti salah satu tips yang dikasih oleh pakar keuangan tadi, berbelanja harus hemat dan cerdas. Cari peluang promo produk di supermarket yang sudah jelas kualitasnya, seperti di HERO Group.Β 

Hero Supermarket Tbk (HERO Group) merupakan perusahaan ritel modern pertama di Indonesia yang didirikan pada 1971. Saat ini HERO Group mengoperasikan empat unit yaiti Hero Supermarket, Giant, Guardian dan IKEA.

Menjelang ramadhan ini HERO grup menyediakan berbagai promo menarik untuk pelanggan, yaitu :

HERO Supermarket

Mengusung program Pasar ramadhan 30 days of discovery, dengan minimum pembelian Rp. 300.000 berhak untuk melakukan pembelian produk yang sudah ditentukan dengan harga spesial. Selain itu, terdapat program promosi Tematik 30 Days of Discovery selama periode Ramadhan yaitu tanggal 29 April – 6 Juni 2019 dengan menghadirkan ribuan produk berkualitas dengan merk terbaik. Teman-teman bisa langsung mengunjungi www.herosupermarket.id untuk informasi selengkapnya ya.

Giant

Menawarkan ribuan produk dengan harga terjangkau melalui program Belanja Murah Bulan Berkah, serta Pasar Ramadhan Berlimpah Berkah dan Santap Segera Saat Berbuka, dimana Giant menghadirkan menu-menu baru dari kategori makanan siap Saji dengan sajian yang menggugah selera dan harga yang murah. Cua langsung kepoin websitenya di www.giant.co.id

Guardian

Menghadirkan berbagai inspirasi menarik melalui program Fit & Cantik Selama Ramadhan. Ada ratusan produk dengan diskon spesial sampai 30%. Promo akan berlangsung pada periode 25 April – 22 Mei 2019. Ada juga promo +1000, dimana pelanggan cukup menambahkan Rp. 1000 dab mendapatkan produk kedua secara gratis. Teman-teman yang peduli dengan kesehatan dan kecantikan bisa langsung berkunjung ke Instagramnya Guardian : @guardian_id

IKEA

Memberikan penawaran terbatas untuk pembelian wajan IDENTIK dari harga Rp. 499.000 menjadi Rp. 399.200 dari tanggal 26 April – 5 Mei 2019. Ada juga Gift Voucher IKEA senilai 1.500.000 untuk setiap pembelian METOD Kitchen dengan minimum pembelian Rp. 15 juta dan kelipatan Rp. 5 juta selama periode 25 April – 26 Mei 2019. Silahkan berkunjung ke website untuk informasi selengkapnya juga promo produk lainnya dari ikea di www.IKEA.co.id


Saya di acara talk show

Yuk prakrekan tips nya, jangan sampai bonces di bulan Ramadhan tahun ini ya gengs..

Senang Berbagi ❀

 

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

46 thoughts on “Talk Show Anti Boncos di Bulan Ramadhan with HERO Group

  1. Waaah, saya malah tidak memikirkan boncos atau gimana Mbak. Belanja belanja saja, hehehee. Tapi benar banget sich, pengeluaran di bulan Ramadan pasti akan lebih besar dibandingkan bulan lainnya. Kalau soal makanan, sepertinya wajar-wajra saja, di post pengeluaranku lebih banyak ke belanja buah dan minuman yang menyegarkan gitu. Kalau di buka bersamaaaa, em em, em…bisa iya bisa diperhitungan, heheee. ya ampun iya banget yaaa, semua pasti bakalan lebih besar kalau tidak bijak mau belanja di mana. Di sini ndak do Hero yang dekat.

    1. Iyaa mba bener banget.. awalnya gak sadar ternyata pengeluaran membengmak banget.. apalagi akutuh suka tergods drngan jajanan-jajanan bulan puasa yang buanyak banget. Biasa kalau puasa suka lapar mata.. padahal baru minum aja udah kenyang.

      Bener2 harus pinter2 berburu disc dsn memang barang itu kita butuhkan yaa

  2. Berbelanja dengan cerdas, hemat dan bijak…catatt
    Semoga Ramdhan kali ini enggak boncos lagi. Syukur belanjanya di Hero Group yang harganya juga bikin terhindar dari boncos ini:)

  3. Lah anti boncos tapi di saat yang sama nawarin diskon belanja tempat lain .. hahahahhah…. Kalau yang promo guardian sih yes, lumayan buat nambah buy one get one. Perlu banget.

    1. Ini kan salah satu strategi yang dikasih sama pakar keuangan mba.. cari disc dan promo untuk lebih menghemat. Dan ingaatt tebtunya harus barang yang kita butuhkan. Bukan sembarangan ambil karena diskon.. gitu loh mba.

  4. Bulan puasa memang pengeliaran malah berlipat-lipat ya mbak, bener banget aetuju sama tips2nya biar nggak boncos. Perlu banget pengelolaan keuangan, minimalisir belanja2 yang nggak perlu (semoga bisa) ehehehe

  5. Acara yang seru banget. Pastinya bakal mengingatkan kita soal keuangan di bulan Ramadan. Soalnya, aku sendiri di bulan ramadan malah suka lebih boros. Noted deh pesan dari Mbak Ligwinanya. πŸ™‚

  6. Hihi, bulan puasa yang kelihatannya makan jadi 2 kali malah ternyata lebih boros emang. Beli takjil lah, terus beli baju lebaran lah..Emang harus pinter-pinter nih biar ga boncos. Pasang prioritas itu penting ya

  7. hahaha apalagi arti boncos ini baru denger.
    Emang biasanya sih ramadan banyak pengeluaran, kalau saya sebenarnya gak tipe belanja-belanja gitu. Kalau mau makan gratis ya ke masjid hahaha, ntar kalau mau lebaran gak usah masak-masak alias belanja masakan, cukup silaturahmi aja saja ke sana kemari LOL
    Eh satu lagi, tidak usah beli pakaian, pakaian yang lama aja disetrika, udah.
    Tapi, itu cuma rencana, biasanya partner hidup minta ini dan itu, yang akhirnya bisa boros juga.

  8. Di Jogja Hero tinggal 1 & susah parkir. Sayang banget karena favoritku. Aku suka beli macam2 salad sauce kalau pas bisa parkir. Salad sauce & macam2 minyaknya paling lengkap.

  9. uwaaa…mbak ligwina……kapan ya bisa dateng ke acara yg ada blio.
    kalau kami, pengeluaran extra ada di desember – januari (mudik natal dengan sgala pengeluaran otomatisnya). jadi jauh hari memang sudah harus alokasikan budget extra untuk bulan tersebut. istilahnya, ini memang bulan yang kita permisif untuk boros hehehehe

  10. Iyess, kadangkala suka ribet sama tetek bengek Ramadhan yg bikin boncos, mulai dari mikirin THR, mikirin bingkisan lebaran, en bla bla bla.. padahal mah yang penting ibadahnya πŸ˜…

  11. Kalau belanja tuh emang paling bagus bawa list belanjaan dan tertib enggak melirik kiri kanan di luar list tersebut. Tapi ya gimana ya, kadang ibuk2 mah doyan ngeliatin sana sini. Akhirnya listnya membengkak deh heheee.. Makanya belanjanya di Hero ajalah biar aman.

  12. Aneh ya fenomenanya , makan cuma 2 kali sehari tapi pengeluaran malah makin besar ternyata lapar mata aja sih sebenarnya, maunya serba di beli pas puasa padahal mubazair kalau gak habis ya.
    BElanja sekali aja jadi tips hemat juga, gak usah bolak balik ke minimarket kadang ini yang bikin boros karena belai yang ga perlu.
    Hero deket rumahku udah gak ada nih mbak

  13. Wah aku suka banget mba Ligwina..iya lebih boros memang ya pas Ramadan, lapar mata pengen makanan ini itu..aku sih jarang bukber soalnya rumahnya jauh hihi

  14. Bulan puasa emg pengeluaran kdg jd 2x lipat. Iya sih tanya kenapa.. Kalo banyak sedekah gpp..lah kalo banyak jajan.. Hihi.. Ditanya jg misi puasanya nih. Jd kangen ke hero jg. Lama gak kesana..

  15. Iya nih maunya hemat di Bulan Ramadhan, tapi lagi punya anak kecil ngebujuknya ternyata lumayan bocor juga hehe… senang ya kalau di Bulan Ramadhan ini kita bisa hemat dan rajin sedekahnya.

  16. Emang sih di bulan puasa pengeluaran bisa gak ke kontrol, bablas, boncos kalo gak di kontrol dengan baik. Terutama kalo buibu ya, hahaha suka beli belanjaan impulsive gitu

  17. Kalau masuk pengeluaran untuk belanja amburadul dah haha. Pusing jadinya. Padahal kan harus saving juga buat mudik. Kayaknya harus bikin prioritas ya. Nggak bisa sembarang asal belanja lagi. Kalau belanja di Heru grup enak nih banyak voucher dan diskon bertebaran.

    1. Hehe iyaa mba.. betul.. harus pinter2 atur prioritas.. dan tahan beli barang yang emang gak butuh2 amat. Beli barang yang dibutuhkan pas disc.. nah di hero grup disc nya buanyak cobain deh siapa tau ada barang yanv dibutihkan dan disc

  18. Hhaha malesin ya masa pulkam malu gak kasi oleh2 gtu misalnya jd malah ngutang πŸ˜€
    Emang paling enak ya berpenampilan apa adanya gk meduliin omangan org πŸ˜€
    Wah aku baru tau lho kalau Giant, ikea dll, itu segrup sama Hero? Eh bener gak sih….

  19. Aku kira boncos sejenis makanan.
    ahahaa….
    Tapi bulan Ramadan ini memang unik ya…selain makannya berkurang dan belanjanya makin banyak, tapi rejeki juga mengalir lebih cepat.
    Eh, ini perasaan aku aja apa yaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top