Story HikmahNisa

Tips Melewati Macet Mudik dengan Happy Bersama Anak

Assalamualaikum,

Sudah menuju 10 hari terakhir Ramadhan, semoga ibadah gak kendor ya, malah harus semakin kenceng karena 10 hari terakhir ini waktu yang ditunggu-tunggu salah satunya datangnya malam lailatul qadar. Waktu-waktu terakhir ramadhan juga banyak yang sudah mempersiapkan untuk mudik.

Yup, budaya masyarakat kita tentang mudik di bulan ramadhan ini memang sudah turun menurun ya. Rasa-rasanya tidak afdol kalau tidak mudik ke kampung halaman, apalagi yang merantau jauh dari orang tua dan keluarga.

Banyak yang memanfaatkan mudik ini salah satu ajang silaturahmi dan berkumpul dengan keluarga besar. Bahkan banyak yang pulang setahun sekali ketika moment idul fitri saja. Sehingga banyak yang tak mau menyia-nyiakan kesempatan emas ini.

Persiapan mudik lebaran memang perlu ya, dari mulai memastikan tanggal akan mudik dan balik, lalu memilih menggunakan transportasi apa. Tak lupa persiapan bekal dan oleh-oleh, sampai dengan persiapan mental dalam perjalanan.

Mental perjalanan mudik perlu dipersiapkan, apalagi ketika memilih menggunakan mobil. Siap bermacet-macet ria, karena sudah dipastikan arus mudik dan arus balik mengalami kepadatan di waktu-waktu mendekati hari lebaran. Bayangkan saja semua berbondong-bondong pulang ke kampung halaman dalam jangka waktu yang bersamaan, betapa banyaknya kan.

Problematika ibu-ibu adalah ketika membawa anak mudik dan macet sampai berjam-jam. Bingung harus ngapain agar anak mau sabar dam anteng dalam mobil. Secara tidak bisa diprediksi dijalan akan seperti apa anak-anak. Alhamdulillah kalau bisa anteng dan diajak kerja sama, tapi kalau ia bosan, mulai kezel dan rewel. Wih.. ibu gak kalah rewel jadinya kan πŸ˜….

Tenang bu, semua bisa disiasati. Membuat anak happy walau sedang macet berjam-jam bisa ko. Berikut beberapa tips nya :

  • Sounding

Tentu persiapan mudik jauh-jauh hari ya bu, nah mari persiakan juga mental anak-anak kita untuk mudik, apalagi kalau mudiknya jauh dan terindikasi akan melewati macet panjang. Persuapan pertama adalah sounding anak kita jauh-jauh hari. Katakan bahwa nanti kita akan mudik, perjalanan panjang dan bisa terjadi macet juga. Kakak/adek nanti yang anteng ya, yang sabar ketika sedang macet. Kakak/adek bisa bawa mainan kesukaan atau bekal makanan kesukaan untuk dijalan ya. Jangan lupa terus mengulang-ngulang sounding pada anak.

  • Membawa Mainan Kesukaan Anak

Seperti yang sudah dijanjikan, anak-anak bisa membawa beberapa mainan kesukaannya, tentunya mainan yang simple untuk dibawa jalan. Sehinga ketika macet datang, bisa mengalihkan dengan bermain mainan yang anak-anak bawa.

  • Membawa Bekal Cemilan

Membuat anak sibuk bisa menghalau kejenuhan ketika macet. Sibuk main dan sibuk makan, hehe. Jangan lupa bawa cemilan kesukaan anak-anak ya buk 😊.

  • Siapkan Lagu-Lagu Kesukaan Anak

Menghalau kejenuhan macet bisa dengan berkaraoke bersama di dalam mobil, bawa cd lagu kesukaan anak-anak dan ajak mereka bernyanyi bahkan berjojed, hihi.

Apalagi sekarang sudah banyak aplikasi karaoke yang mudah dibawa dalam perjalanan. Pasti asik deh selama perjalanan 😊.

  • Ajak Mengamati Sekitar

Ibu/ayah bisa mengajak anak mengamati lingkungan sekitar yang dilewati. Apalagi jika melewati daerah yang pemandangannya indah. Ibu/ayah juga bisa ajak anak-anak bermain games seru, misalnya dengan menghitung jumlah mobil berwarna merah, dsb.

  • Ajak Bersyukur

Ajak bersyukur kuncinya ada di Ibu/ayah. Ibu/ayah dilarang mengeluh selama perjalanan. Walau tidak dipungkiri terkadang kita sebagai irang tuapun merasa jenuh ketika macet, namun tahan semua itu. Sebelum kita menuntut anak-anak sabar dan menikmati perjalanan, kita jarus pastikan dulu diri kita bisa sabar dsn menikmati perjalanan.

Ketika anak-anak sudah mulai mengeluh, ajak bersyukur. Ceritakan bahwa kita beruntung bisa berangkat mudik, berapa banyak orang yang tidak bisa mudik bahkan tidak memiliki keluarga.

——-

Orang tua happy anakpun akan happy, kuncinya ada pada kita ya Ibu/ayah. Jadikan setiap perjalanan menyenangkan bagi anak-anak. Jadikan setiap perjalanan sebagai bahan pembelajaran bagi anak-anak. Selamat mudik ya bu, selamat berkumpul drngan keluarga tercinta.

Senang berbagi ❀

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

33 thoughts on “Tips Melewati Macet Mudik dengan Happy Bersama Anak

  1. Setuju banget sama poin-poinnya, mak.
    Sejak dari awal saya udah sounding ke anak-anak bakal mudik dan mereka betul-betul excited! Bawa camilan, mainan dan dikasih vitamin sebelum jalan membantu bangeet anak happy selama perjalanan.

  2. Aku yang cuma mudik 2 jam perjalanan aja kalau musim mudik stress karena macet di jalan dan anak suka ikutan rewel. Memang harus well prepared deh kalau bawa anak. Moga2 lancar dan aman perjalanan mudiknya ya, Mbaak

  3. Nah iya bener nih, melewati jalan macet sambil bawa anak memang butuh trik. Untungnya anakku kalau jalan jauh sedikit suka tidur sih sampai lebih dari setengah perjalanan sih, jadi agak meringankan.

  4. Seru-seru juga mudik bawa anak yah mbak, setuju deh tipsnya di atas
    Karena kalau denger cerita kakak yg pas mudik juga gitu tantangannya, anak jadi rewel dan bosan karena lama di perjalanan, jadi perlu triknya ya mbak
    Makasih buat informasinya ya mbak ^_^

  5. Mainan kesukaan jangan sampai lupaa. Kalau udah mau nyampe juga disimpan kembali. Saya prnah tuh ketinggalan, wkwkwk beli lagi deh pas sampai di tempat tujuan. Mudik bawa anak emang ribet karena persiapannya banyak, tapi kan seru banget

  6. Anak-anak memang harus diberi pengertian dulu kalau kita mau mudik. Karena mudik itu kebanyakan macetnya, capek di jalan dan lainnya. Sebagai orang tua memang perlu banget bersabar ya.

  7. Boleh aku tambahi ya Mba,

    – Menyiapkan kondisi kendaraan agar dalam keadaan sempurna demi kenyamanan perjalanan
    – Memilih waktu mudik, usahakan di waktu jam tidur siang anak
    – Jangan panik ketika buah hati rewel
    – Istirahat ketika penat

    Selamat mudik!

  8. Bawa camilan yang cukup banyak, itu salah satu kunci yang penting ketika jalan2 bersama anak. Kalau diem aja pasti dia bakalan boring dan mulai ‘cari gara2’ πŸ™‚

  9. Mengajak anak-anak menempuh perjalanan jauh memang susah-susah-gampang deh. Butuh peraiapan khusus biar bisa tetap happy dan ga bosan selama perjalanan. Terimakasih tipsnya 😍

  10. Taun ini akuuu ga mudikkkπŸ˜‚πŸ˜‚
    Belum kebayang masih. Masih nguatin iman jalan2 sama anak-anak aplagi mudik

    Semoga taun depan bisa ngejalaninnya dan kuat iman ortunya bawa anak2 πŸ˜‚πŸ˜‚

  11. Mainan dan bekal khusus untuk anak-anak nggak boleh ketinggalan.
    Aku belum pernah mudik jauh sampai ratusan kilometer, karena mudiknya cuma butuh waktu 3 jam paling lama. Justru beberapa kali sering kami ajakin touring hingga ke Bali, kota-kota di Jateng dan Jatim. Nah cemilannya butuh banyak, terutama susu UHT, hihii

  12. Mainan dan bekal khusus untuk anak-anak nggak boleh ketinggalan.
    Aku belum pernah mudik jauh sampai ratusan kilometer, karena mudiknya cuma butuh waktu 3 jam paling lama. Justru beberapa kali sering kami ajakin touring hingga ke Bali, kota-kota di Jateng dan Jatim. Nah cemilannya butuh banyak, terutama susu UHT, hihii..

  13. Di salah satu tipsnya kok gak ada yang ajak tidur siih..?
    Aku hobi banget (karena perjalanan kami singkat siih, kalau pakai moda transportasi udara) ngajak anak bobok.
    Hahah…biar ga lelah.

  14. Oke banget tipsnya mbak. Aku jg selalu lakukan yg no satu itu yaitu sounding dari jauh2 hari soalnya kalau gak oasti deh anak2 kyk kaget dan jd rewel dan gak nyaman gtu di jalan. Kalau mainan dan camilan favorit anak emang wajib hukumnya dibawain hehe

  15. Tipsnya aku noted nih. Siapa tau aku bakal mudik kemana gitu. 7x kali Lebaran aku stand by di Jakarta karena ortu-ku dna mertua tinggal satu kota.

  16. Membantu banget itu mba tipsnya kalo kejebak macet gitu
    Kalo aku ya motoran, kejebak macet ndusel ndusel cari jaoan kan motornya kecil dan ramping hahahha cari celah

  17. Kalau mudik biasanya juga selalu bawa mainan buat mengatasi kebosanan di jalan juga di tujuan. Seringnya, pas balik mainannya ketinggalan. Huhu… Jadi prahara deh, apalagi kalau itu mainan kesayangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top