Story HikmahNisa

Uang THR Dipakai Apa Saja?

Assalamualaikum,

Perdana nih saya membahas tentang uang, manajemen keuangan ala keluarga saya, hihi. Honestly, pola keuangan rumah tangga saya baru bisa berpola dan teratur di 1 tahun belakangan ini, 2 tahun sebelumnya berantakan, haha. Mungkin adaptasi keuangan juga dari yang sendiri sekarang berdua terus bertiga dengan anak. Dari yang saya bekerja dan berpenghasilan sendiri sekarang memutuskan resign dan jadi freelance blogger.

Carut marut keuangan rumah tangga kami salah satu proses belajar juga. Lama kelamaan saya kenali polanya dan tentunya belajar sana sini tentang manajemen keuangan rumah tangga yang sehat itu seperti apa. Namun alhamdulillah selama carut marut itu kami tak pernah kekurangan, hanya saja pas banget setiap bulan sampai gak bisa nabung. Nah yang jadi masalah adalah gak bisa nabungnya ini, sedangkan saya dan suami sangat sadar, rumah tangga masih seumur jagung harus banyak menabung. Untuk dana pendidikan anak, rumah, kendaraan, dana darurat, dana pensiun, dsb. Belum lagi bila saya ingin lanjut studi. Ya, kita harus menabung, awalnya manajemen keuangan rumah tangga harus sehat dulu.

Mau menulis tentang keuangan rumah tangga dari dulu maju mundur cantik, karena saya sadar masih terus proses belajar dan meraba-raba. Namun alhamdulillah di 1 tahun terakhir ini keuangan rumah tangga jauh lebih baik, kami bisa menabung setiap bulannya.

Saya merasa tertantang menuliskan keuangan perdana tentang uang Tunjangan Hari Raya (THR). Salah satu berkah Ramadhan ya pedagang laris manis sampai bisa 2x lipat, karyawan bisa dapat THR bahkan bonus. Namun tetap harus di list untuk digunakan apa saja, jangan sampai uang THR habis gak jelas.

Prinsip saya adalah THR harus dihabiskan, untuk :

1. PEMBAYARAN TAHUNAN

Tunjangan Hari Raya salah satu pendapatan per tahun, pendapatan per tahun ya untuk pembayaran pertahun juga. Seperti bayar pajak motor dan pajak mobil tahunan. Kenapa pembayaran nomor pertama? Ya karena kewajiban dulu harus diselesaikan yes. Jangan sampai lebaran cetar membahana dari atas sampai bawah eh tapi kewajibannya tidak dibayarkan dulu.

2. ZAKAT FITRAH

Yap, ini pun salah satu kewajiban yang mesti dikeluarkan dulu ya. Walau afdhalnya dilakukan mendekati hari Idul Fitri namun uang Zakat Fitrah harus disisihkan di awal agar tidak terpakai dengan keperluan lainnya. Tidak hanya zakat fitrah, kita bisa membuat target infaq berapa % dari THR kita, tentunya sesuai kemampuan.

Infaq ini biasanya memberi uang THR untuk tukang sampah di lingkungan rumah atau membagikan sembako, dsb.

3. PERLENGKAPAN LEBARAN

Selanjutnya baru untuk keperluan hari raya, dari mulai makanan, pakaian sampai uang transport plus biaya hidup ketika memutuskan akan mudik.

  • Makanan

Bisa mulai di list kira-kira akan buat apa ketika hari raya dan kira-kira akan menghabiskan berapa banyak (budget).

  • Pakaian

Buat list kebutuhan bukan keinginan yang didahulukan. Misalnya, suami memang sudah tidak memiliki celana yang bagus, rata-rata warnanya sudah pudar sedangkan baju istri masih banyak, malah masih ada yang diplastik rapi tanda belum pernah digunakan. Artinya prioritas membeli celana suami dulu, begitupun dengan perlengkapan anak. Dilihat mana yang prioritas dan memang dibutuhkan. Jangan sampai sebagian uang THR habis hanya untuk membeli pakaian.

  • Mudik

Ketika memutuskan akan mudik, amankan dulu uang transport pulang pergi dan bekal selama diperjalanan juga di kampung halaman.

  • Uang THR untuk Keluarga

Keluarga saya dan suami memiliki tradisi bagi-bagi uang THR pada anak-anak. Namun biasanya prioritas kami pertama adalah uang THR untuk orang tua, lalu sisanya untuk sanak saudara. Barapanya bisa disesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Kalau tidak ada, tidak usah memaksakan. Saya pun tahun awal menikah tidak turut membagi uang THR untuk saudara.

Tidak usah malu karena merasa bukan aib, dan bukan sebuah kewajiban juga. Jangan sampai kewajiban tak dibayarkan demi bagi-bagi THR atau sampai berhutang sana sini hanya untuk bisa bagi-bagi THR.

4. SISIHKAN UNTUK QURBAN

Idul Fitri ke Idul Adha sebentar loh, gak kerasa. Bagi keluarga yang keuangannya masih menengah seperti saya. Qurban harus diperjuangkan, salah satunya dengan menabung. Salah satu strateginya uang THR kami sisihkan untuk menabung ibadah Qurban 😊.

———

Uang THR harus dihabiskan tapi dengan hal-hal yang berfaedah/bermanfaat ya gengs. Semua harus proporsional dan sesuai prioritas. Jangan sampai HTR habis gak jelas, sampai-sampai rasa sesal datang mengilas.

Senang berbagi ❀

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

24 thoughts on “Uang THR Dipakai Apa Saja?

  1. Wah THRnya gede itu Mak, bisa bust banyak hal. Hahaha..

    Saya justru waktu single dulu maangemen keuangan bagus Mak. Sekarang berkeluarga dan punya anak malah berantakan banget.

  2. Kalau bilang uang THR sebenernya ga ada yang kasih THR soalnya wiraswasta full hahahha

    Tapi ya aneh kok tiap tahun SELALU BERLIMPAH REJEKI UNTUK LEBARAN loh ..no matter what. Alhamdulillah.

    Tahun ini pengelolaan keuangan terbesar digunakan untuk sekolah dan kawan kawannya. Kebetulan si bontot perpisahan sekolah SD dia nari (udah naik kelas 6) dan harus sudah daftar ulang bulan Mei, dan daftar untuk bimbelnya dari sekarang!

    so… kebayang deh yaaa… berapa yang habis hihihi… Udah dua digit duluan . So tahun ini beli baju lebaran dan semua kuker serta ketupat uangnya dapat dari “langit”. Gabruk aja gitu! Ceritanya ntar deh dishare di blog. Hihihi

  3. THR oh THR,
    Alhamdulillah masih bisa berbagi THR dengan sanak saudara. dan Alhamdulillah banget juga diberikan kelapangan untuk mengelola THR sesuai skala prioritas. Harapannya, bisa berbagi THR ke lebih banyak orang (selain keluarga dan tetangga dekat), aamiin

  4. Hiyaa aku tahun tahun sebelumnya juga gitu sih mbak, berantakan soal keuangan untuk pembagian THR, wkkwkkw. Skrg sudah paham sih, poin2 di atas termasuk juga mbak, selain itu duit THR juga aku gunain buat tuker uang untuk angpau, mbak, hheheee

  5. Sebagai wiraswasta yang gak punya THR, sebenarnya aku gak pernah bikin perencanaan khusus seperti ini. Justriu saat Hari Raya gitu biasanya pengeluaranku selalu membengkak. Mulai dari tiket mudik, THR buat ortu juga keponakan. Tapi ya syukur alhamdulillah rezeki memang sudah diatur sama Allah. Tahu-tahu pokoknya cukup aja dan yang paling penting kami pastikan nggak ada pinjaman untuk konsumtif hari raya.
    Perencanaannya udah bagus, Mbak dan sangat menginspirasi seandainya aku punya THR suatu hari nanti. πŸ™‚ Amiin

  6. Sebagsi seorang Pengacara, penganggura. Banyak acara, hehe..bunda gak nerima THR lah, tp thr dari anak2 dari para keponakan buanyaak-e jd bunda bisa ngasihg angpaw buat anak yatim dan krucil2 yg berlebaran sm bunda.

  7. Yang paling banyak kayaknya buat beli keperluan lebaran mba klo di tempatku. Untungnya aku ga mudik sih…jadi malah teralihkan buat bayar pernik2 sekolah kmrn, wisuda, spp dsb…

  8. Kalau saya THR selalu habis buat mudik..maklum ke dua kota berbeda, dari Jakarta ke Jawa Timur dan dua-duanya keluarga besar.
    Tapi bener memang THR mesti direncanakan dengan baik agar ga habis begitu saja

  9. Aku agak terbantu juga sih sebagai sarjana ekonomi jurusan akuntansi mba hehehe.. yg pasti, aku keep track pemasukan dan pengeluaran dengan jelas berdua suami

  10. Kalau udah ada pasangan, keuangan emang jadi beda ya. Aku pun tahun ini pas banget lagi banyak pengeluaran, jadi gak ngasih ke saudara. Paling ponakan sendiri. Untuk Qurban, ini yang belum

  11. Karena enggak dapat THR jadi saya enggak pusing mikirin THR, hahaha. Namun sebagai freelancer saya juga baru setahunan mengelola keuangan rumah tangga dengan baik, hehe

  12. Rezeki THR aku tuh kayaknya kalau diitung-itung gak cukup untuk banyak hal seperti yang disebutkan di atas. tapi emang ada rezeki yang memang disisihkan seebelumnya sehingga bisa dipakai berlebaran. Paling besar sih justru untuk liburan lebaran hehehe,

  13. Alhamdulillah kalo ada THR yang bisa dialokasikan untuk berbagai keperluan.. Termasuk untuk persiapan qurban… kadang gak kepikiran untuk itu.

  14. Waalaikumsallam.
    Alhamdulillah, uang THR sebagian sudah dibelikan investasi buat tabungan masa depan.
    Kalau nggak gitu, bisa nangis nggak punya simpanan.

  15. Uang THR suami cepet banget abisnya deh terutama buat mudik, itu beneran komponen belanja terbesar. Apalagi harga tiket mahal mahal menjelang lebaran.

    Alhamdulillah masih ada sisa THR buat kebutuhan lain. Betul banget sebentar lagi idul adha jadi musti prepare juga buat beli hewan qurban ya mak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top