Story HikmahNisa

Manfaat Pijat Bayi dengan Sentuhan Cinta Ibu – JOHNSON’S

Assalamualaikum,

Ibu dan ayah tahukah, 1000 hari pertama kehidupan merupakan periode emas bagi seorang bayi, terhitung dari dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Perkembangan di periode tersebut sangat berpengaruh pada tumbuh kembang anak sampai dewasa. Oleh karena itu penting sekali ayah dan ibu mengoptimalkan periode emas bayi.

Dua hal yang menjadi kunci agar tumbuh kembang bayi menjadi optimal adalah nutrisi dan stimulasi. Selain ASI yang menjadi nutrisi terbaik untuk buah hati, ibu dan ayah juga perlu memberikan stimulasi-stimulasi untuk merangsang perkembangan indra si kecil. Seperti yang kita ketahui, ada 4 indra yang berfungsi pada manusia yaitu ; mata untuk melihat, mulut untuk berbicara, telinga untuk mendengar dan kulit untuk merasa. Penting ibu dan ayah dapat menstimulasi ke-4 indra tersebut di periode emas bayi.

Pentingnya Sentuhan Ibu untuk Bayi

Berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), angka kematian bayi di Indonesia menurun dari 32 per 1.000 kelahiran hidup pada 2012 menjadi 15 per 1.000 kelahiran hidup pada tahun 2017. Meskipun demikian, untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), pemerintah menargetkan angka kematian bayi di Indonesia turun menjadi 12 per 1.000 kelahiran. Untuk itu, dukungan dari semua pihak masih diperlukan untuk mendukung upaya pemerintah meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia, sehingga mereka dapat tumbuh secara optimal.

Ibu Wynne memaparkan tentang sejarah kampanye sentuhan cinta Johnsons

Saya pernah menonton sebuah video dimana ada bayi kembar baru lahir, yang satu tidak menangis ketika dilahirkan dan dokter mengupayakan agar salah satu bayi kembar tersebut selamat. Namun, dokter menyatakan kabar yang tidak menyenangkan bahwa bayi tersebut tidak bisa terselamatkan. Ibu yang baru melahirkan bayi kembar tersebut kemudian menggendong dan memeluk bayi tersebut sambil menangis. Didekapnya sang bayi dengan penuh cinta kasih dengan durasi yang cukup lama. Lama kelamaan bayi tersebut akhirnya menangis dalam dekapan ibu, dan akhirnya selamat, Masya Allah.

Ini terbukti bahwa sentuhan atau indra perasa sangatlah penting bagi seorang bayi. Tentunya dapat menyelamatkan dan mengoptimalkan tumbuh kembangnya. Oleh karenanya JOHNSON’S berkomitmen sejak 1975 untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia.

JOHNSON’S sebagai salah satu perusahaan produk bayi di Indonesia berfokus terhadap perkembangan holistik anak, memperkuat komitmennya dalam meningkatkan kualitas hidup bayi melalui program Sentuhan Cinta.

Sentuhan Cinta JOHNSON’S

JOHNSON’S melalui program Sentuhan Cinta mendorong para ibu/ayah untuk terus mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi, melalui ritual pijat dan mandi, terutama selama periode emas.

Dengan membeli produk JOHNSON’S Ibu dan Ayah sudah ikut membantu membangun fasilitas kesehatan di pelosok tanah air. Saat ini sudah dibangun pusat kesehatan anak (posyandu) di desa Randusingo, Gresik, Jawa Timur. Program ini bekerja sama juga dengan Habitat For Humanity, Alfamart dan Shopee. Dengan komitmennya, tentu JOHNSON’S akan terus berbagi membantu masyarakat dan pemerintah dalam memberikan yang terbaik untuk bayi dan keluarga Indonesia.

Roadshow edukasi pelatihan pijat bayi yang sejak lama rutin dilakukan, akan terus dilakukan. Tentu tujuannya untuk memperkenalkan sentuhan cinta dan mengedukasi para ibu tentang pentingnya ritual pijat bayi dan bagaimana caranya memijat bayi yang benar. Dan aman dilaksanakan pelatihan pijat bayi ke 15 kota di Indonesia bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari JOHNSON’S untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan bayi secara optimal.

Pelatihan Pijat Bayi Sentuhan Cinta

Narasumber dan MC

Alhamdulillah saya berkesempatan hadir di acara #TUMBloggerMeetUp dalam pelatihan pijat bayi dengan sentuhan cinta yang diselenggarakan oleh JOHNSON’S, pada hari Rabu, 26 Juni 2019 bertempat di Hotel Gran Mahakam Jakarta Selatan. Dalam acara tersebut, banyak ilmu yang saya dapat terutama tentang pijat bayi ini.

Acara sentuhan cinta JOHNSON’S menghadirkan ; dr. Bernie Endyarni merupakan Dokter Spesialis Anak & Konsultan Tumbuh Kembang Pediatri Sosial, Medise, SpA(K), MPH. Memberikan materi tentang manfaat pijat bayi bagi tumbuh kembang si kecil. Lalu hadir juga ibu Emillya Eventha (Certified Infant Massage Instructor) yang memandu para ibu dalam pelatihan pijat bayi bersama. Dan ada ibu Wynne Lukman selaku Brand Manager Johnson’s & Johnson’s Indonesia menjelaskan tentang kampanye sentuhan cinta. Adapun MC dipandu oleh Vivit Kahfi.

dr. Bernie sedang menjelaskan tentang manfaat pijat bayi

Acara diawali dengan makan siang bersama lalu pembukaan oleh MC dengan beberapa pengumuman, dilanjut oleh ibu Wynne yang menjelaskan sejarah dari kampanye sentuhan cinta JOHNSON’S ini. Dilanjutkan oleh dr. Bernie yang menjelaskan tentang pentingnya perkembangan bayi di masa keemasannya juga manfaat stimulasi pijat bayi bagi si kecil. Lalu kami dipandu oleh ibu Emillya dalam melakukan pelatihan pijat bayi.

Dalam latihan pijat bayi, kami dipandu step by step gerakannya dengan benar, di posisi belakang ada beberapa  instruktur yang juga standby membantu ketika kami masih kebingungan. Gerakan pijat bayi dari mulai wajah, perut, tangan dan kaki, lalu terakhir punggung. Sebelum memijat pastikan semua benda yang ada di pergelangan tangan ataupun di jari disimpan terlebih dahulu, seperti cincin, gelang, jam tangan dsb.

Pijat yang dilakukan ini bukan untuk Terapi tapi untuk Stimulasi.

Pijat pada bayi bisa dilakukan sebelum atau setelah mandi. Produk yang digunakan pun berbeda. Ketika melakukan pijat sebelum mandi, bisa menggunakan Johnson’s baby oil, Jika pijat dilakukan setelah mandi bisa menggunakan Johnson’s baby lotion.

Dalam acaranya sentuhan cinta JOHNSON’s saya bertambah yakin bahwa memang kebutuhan bayi untuk dipeluk dan disentuh dengan cinta oleh sang ibu. Malah ternyata banyak manfaat bagi tumbuh kembangnya kelak sampai dewasa.

Saya di acara sentuhan cinta Johnsons

Dulu saya sempat protes karena bayi Nada dominan ingin digendong, dipeluk ibu dan menyusui terus. Ternyata memang semua bayi dominan ingin dekat dengan ibunya, karena hanya ibunya baru yang ia kenal ketika lahir di dunia. Dunia asing bagi seorang bayi, ia hanya mengenal detak jantung ibunya sejak dalam kandungan dan bau ibunya ketika menyusui. Hanya ibunya yang ia percaya, sehingga bayi tidak mau jauh-jauh dari sang ibu. Dulu saya berpikir Nada bau tangan atau anaknya rewel, ternyata saya benar-benar salah.

Baca juga : Bayi Hanya Tidur Di Gendongan

Hal ini penting diketahui oleh semua ibu, terutama calon ibu dan ibu-ibu baru yang biasanya minim ilmu tentang perawatan bayi dan belum memiliki pengalaman. Program Johnson’s ini mulia karena akan sangat membantu para ibu dalam memahami bayinya.

Manfaat Pijat Bayi

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa pijat bayi disini untuk stimulasi, bukan untuk terapi. Sehingga ini bisa dilakukan oleh siapapun, terutama ibu dan ayah sebagai orangtua pertama bagi si kecil. Berikut bahasan singkat tentang manfaat pijat bayi :

  • Membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi. Bayi menjadi lebih tenang, dan nyaman.
  • Melancarkan saluran pencernaan, sehingga makanan pun akan lebih dapat diserap dengan baik
  • Meningkatkan imunitas bayi dan juga kepadatan mineral tulang.
  • Berpengaruh pada sistem saraf. Stimulasi sensorik dapatmembantu otak bayi untuj berkenbang dan bekerja lebih cepat.
  • Mengurangi kerewelan bayi dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan bayi.
  • Lebih mudah bersosialisasi. Melakukan kontak mata jika bertemu orang lain, tersenyum dan berbicara dengan ramah.
  • Meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi.
  • Berpengaruh terhadap kesehatan anak jangka panjang. Seperti anak mampu menghadapi tekanan.

Begitu banyak manfaat hanya dengan pijat bayi yang dilakukan ibu dan ayah dengan sentuhan cintanya. Untuk tau bagaimana cara pijat bayi step by step nya bisa baca di sini ; Pijat Bayi. Ibu dan ayah yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang kampanye sentuhan cinta Johnson’s, bisa baca disini ; Sentuhan Cinta. Atau bisa juga berkunjung ke Instagram resmi JOHNSON’S @JohnsonsBaby_id dan Facebook @JohnsonsBabyIndonesia

Sesi foto bersama

Semoga bermanfaat ya 😊

Senang berbagi 💕

 

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

26 thoughts on “Manfaat Pijat Bayi dengan Sentuhan Cinta Ibu – JOHNSON’S

  1. aku juga pernah nonton video itu, ya Allah, nangis bombay deh ya. itu mengharu biru banget emang.

    saya belum pernah cobain pijat bayi btw. pingin juga dapetin workshop tentang pijet bayi begini, biar ngerti apa yang harus dilakukan ke bayi.

  2. Manfaat pijat bayi memang bagus banget, dulu anakku pun rutin tiap 2 minggu sekali pijat. Tapi aku bawa ke tukang pijat langganan dari jaman aku masih kecil. Dulu belum ada kursus pijat bayu buat ibu muda gini. Tukang pijat bayi dulu udah pakai baby oil Johnson untuk mijet baby

  3. Ternyata manfaat pijat bagi bayi nggak hanya untuk merileks kan tubuh tapi utk stimulasi panca indra juga. Sayang, dulu nggak ada yg ngajarin pijat kek gini. Jadi anak saya selalu dibawa ke tukang pijat.

  4. Bagus banget ini acaranya, pelatihan pijat bayi untuk ibu..jadi ibunya bisa rutin pijat bayi tiap hari ya jadi bayi nyaman..dulu aku pelatihan pijat dari bidan klinik dan buku hehehe

  5. Saya dulu juga suka sebel karena si bayi kalau digendong papanya, baru sebentar aja udah nangis, begitu pindah ke saya langsung diem. Sampai saya curiga sama suami, jangan-jangan bayi itu dicubitnya biar nangis dan pengen ikut saya hehehe… Suami juga sebel, karena pengen gendong dan cium-cium si bayi, eh si bayinya malah nangis. Ternyata, memang si bayi itu lebih nyaman sama ibunya.

  6. biasanya kalo ibu-ibu jaman ibu kita, mijat bayi manggil dukun bayi gitu ya sebutannya, sekarang mah bisa pijat sendiri karena udah bisa tinggal googling cara pijat bayi

  7. Kalau baru jadi ibu mungkin melakukan pijatan pada bayi tuh masih sedikit takut ya mbak. Kecuali jauh dari keluarga jadi biasanya dilakukan pijatannya sama dukun bayi gitu mbak kalau di desa aku hehheee

    Terima kasih banyak untuk sharingnya Mbak. Kalau gini jadi tau manfaat dari Pijatan bayi dan juga kontribusi Jhonson s untuk menstimulasi anak apalagi dari indera bayi
    TFS Mbak

  8. Sentuhan ibu kepada anaknya memang luar biasa. Bisa dikatakan memberi ‘kehidupan’ baru. Kelembtan seorang Ibu itu tiada duanya.

    Memijat bayi banyak manfaatnya, ternyata. Terlebih pijatannya menggunakan produk Johnson Baby, bakalan tambah rileks dan nyaman.

  9. Saya termasuk orang yang percaya bahwa kontak fiisk sangatlah berarti membangun bonding dna komunikasi dg anak… Bahkan sejka bayi
    Sentuhan lembut apalagi pijatan pd bayi selain banyak manfaarnya jg mendekatkan hati kuta dg si baby

  10. Anakku suka banget dipijet waktu kecil. Justru saat dibawa ke klinik untuk dipijat oleh bidan, dia nangis terus-menerus. Paling nyaman sama emaknya kali yaa

  11. Pijat bayi memang banyak banget manfaatnya. Waktu ponakanku bayi, lumayan sering lihat mereka dipijat, tapi sama dukun bayi. Next aku harus bisa sendiri deh

  12. Banyak bnget ya manfaatnya pijat bayi mba,, inget bngt dulu ASI sedikit pas terapi pijat bayi rutin alhamdulillah pengaruh bngt ASIku jd banyak ,,, Dan anakku tumbuh sehat

  13. Aku pernah juga ikutan event Johnson’s ini
    Seru bisa belajar pijat bayi lagi
    Jadi nanti kalau habis lahiran, saya nggak bingung lagi

  14. Adek bayi memang jadi rileks dan bisa tenang setelah dipijat. Boboknya juga jadj gampang karena badannya udah rileks gitu ya. Emang banyak sekali manfaat pijat bayi dengan penuh rasa cinta gini.

  15. Ya Allah terharu baca kisah bayi kembar itu. Si ibu begitu tegarnya mengendong Bayi yang enggak nangis itu ya dan akhirnya selamat. Masya Allah, sentuhan ibu emang ajaib deh. Sampai sekarang aku pun kangen dengan pelukan ibuku, hiks…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top