Story HikmahNisa

Membersihkan Luka #GakPakePerih dengan Hansaplast Spray Antiseptik

Assalamualaikum,

Anakku Nada 2.5 tahun sedang aktif-aktifnya bergerak, dan memang perkembangan motorik kasar anak sedang berkembang pada usia tersebut. Sehingga tak heran jika anak-anak tidak ada rasa takut jatuh ketika melompat, lari sana kemari, memanjat, dan lain sebagainya. Saya sebagai orang tua yang turut mengawasi kegiatan bermain Nada terkadang merasa khawatir, takut anak terjatuh akhirnya luka atau cedera.

Luka bisa terjadi dimanapun kapanpun, apalagi pada anak-anak yang sedang mengeksplor motorik kasarnya. Menurut Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) 2013, berdasarkan urutan proporsi terbanyak untuk tempat terjadinya cedera, sebanyak 36,5% cedera terjadi di rumah dan penyebab cedera terbanyak adalah karena terjatuh sebanyak 40,9%. Luka akibat insiden tersebut walau sekecil apapun tidak boleh dianggap ringan dan perlu ditangani dengan tepat. Langkah pertama dalam proses penyembuhan luka adalah membersihkan luka tersebut dengan benar untuk mencegah terjadinya infeksi.

Namun terkadang, anak enggan menggunakan obat untuk mengobati luka, bahkan untuk membersihkan lukanya saja susah sekali, karena tahu rasanya akan perih. Tidak hanya anak, bahkan saya pribadi pun ketika mendapati luka, rasa-rasanya harus menyiapkan mental untuk rasa perih yang akan diterima ketika membersihkan dan pengobatannya.

Fakta Tentang Luka

Seperti yang banyak kita tahu bahwa menggunakan obat merah pada luka ada sensasi rasa perih, berbau dan berwarna. Tentu ini hal-hal yang kurang nyaman terutama bagi anak. Sulit sekali membersihkan dan mengobati luka pada Nada, dan mungkin anak-anak lainnya. Saya sering memberikan sounding dan pengertian seperti ;
“Nak rasa perihnya sebentar ko dan cepat hilang, kalau tidak dibersihkan dan diobati kuman dan bakteri akan masuk dan akan menjadi semakin parah lukanya”.
Namun, adanya luka juga membuat anak belajar lebih berhati-hati karena pernah merasakan sakitnya jatuh dan perih ketika terjadi luka, sering juga sekali saya sounding untuk bermain dengan hati-hati.

Ternyata banyak fakta tentang luka dan obat merah yang belum banyak kita ketahui.
dr. Adisaputra Ramadhinara, Certified Wound Specialist Physician – seorang dokter spesialis luka bersertifikasi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, mengungkapkan beberapa fakta tentang luka yang wajib kita ketahui, yaitu :

  • Iodine atau obat merah tidak menyembuhkan luka.
  • Rasa perih dan menyengat tidak berhubungan dengan efektifitas penyembuhan luka.
  • Iodine dan alkohol membuat kulit kering dan memperlambat proses epitalisasi.
  • Obat merah/iodine dapat mencegah bakteri tapi bukan pembersih luka.

dr. Adisaputra Ramadhinara juga menjelaskan jika kandungan dalam banyak produk pembersih luka yang dijual bebas mengandung bahan yang bisa menyebabkan sakit perih dan meninggalkan noda. Pembersih luka yang meninggalkan noda tidak menjadi pilihan karena menutupi luka dengan warna yang bukan warna asli luka tersebut sehingga keadaan luka yang sebenarnya tidak bisa terlihat. Di klinik dan rumah sakit, dr. Adisaputra lebih memilih untuk menggunakan obat pembersih luka yang mengandung Polyhexanide (PHMB) sebab tidak meninggalkan noda. PHMB juga tidak berbau dan tidak menimbulkan rasa perih.

Pentingnya Membersihkan Luka

Membersihkan luka adalah langkah pertama dan sangat penting, tidak terkecuali luka-luka kecil seperti luka tergores, terpotong, luka tubruk sampai dengan luka-luka parah seperti luka bakar dan luka terbuka.
Membersihkan luka juga direkomendasikan untuk perawatan luka kronis dan luka setelah operasi, sesuai dengan instruksi dokter.

Saat kulit terbuka, lapisan pelindung kulit sedang rusak dan memungkinkan debu kotoran dan bakteri untuk masuk ke dalam tubuh. Ini dapat menyebabkan infeksi pada luka, yang akan menghasilkan kerusakan lebih jauh pada kulit dan penundaan proses penyembuhan. Apabila tidak segera dibersihkan, infeksi bisa menyebar ke bagian kulit yang lebih dalam.

Ketika terjadi insiden jatuh dan luka pada Nada di dalam rumah atau daerah dekat rumah, langsung saya bawa ke kamar mandi untuk dibersihkan dengan air. Ketika diperjalanan, biasanya saya menggunakan tisu/kapas yang dibasahi dulu dengan air putih. Biasanya ketika akan dibersihkan, Nada menangis ngamuk luar biasa. Padahal ketika jatuh nangisnya tidak separah ketika akan dibersihkan. Belum lagi setelah dibersihkan saya harus memberi obat merah yang juga akan perih, wih Nada ngamuknya gak ketulungan, dan Nada termasuk anak yang sering terjatuh, please help.. Ibu harus gimana 😅.

Membersihkan Luka #GakPakePerih

Alhamdulillah, sekarang saya tidak galau lagi karena cairan antiseptik khusus untuk membersihkan luka #gakpakeperih , tidak bau dan tidak berwarna. Solusi banget kan buat para ibu yang memiliki anak yang sedang aktif-aktifnya.

Hansaplast, sebagai ahli produk Pertolongan Pertama, tidak pernah berhenti berinovasi dalam memberikan produk Pertolongan Pertama yang tepat guna bagi masyarakat. Untuk menjawab kebutuhan masyarakat pembersih luka yang praktis dan tidak menimbulkan rasa perih, Hansaplast meluncurkan inovasi terbaru yang praktis dan modern untuk membersihkan luka yaitu Hansaplast Spray Antiseptik.

Kandungan utama Hansaplast Spray Antiseptik adalah Polyhexanide (PHMB), zat antiseptik yang banyak digunakan oleh para dokter karena tidak perih, tidak meninggalkan noda dan dan tidak berbau. Perlu diketahui bahwa zat PHMB dalam pembersih luka yang selama ini sudah banyak digunakan di klinik dan rumah sakit tidak dijual bebas, tetapi Hansaplast sudah memformulasikan zat antiseptik tersebut agar tersedia dalam bentuk produk OTC / Over The Counter – produk yang dijual bebas tanpa resep dokter.

Hansaplast Spray Antiseptik solusi untuk membersihkan luka tanpa rasa perih, tidak berbau dan tidak berwarna. Kemasan dan pemakaian pun sangat praktis, bisa digunakan kapan saja, dimana saja. Sehingga pertolongan pertama pada insiden yang menimbulkan luka baik luka kecil maupun besar bisa dilakukan sesegera mungkin agar infeksi tidak berlanjut lebih parah.

Cara Pengunaan Hansaplast Spray Antiseptik

Hansaplast Spray Antiseptik adalah cairan antiseptik pembersih luka, dengan bahan aktif Polyhexanide / PolyHexaMethylene Biguanide (PHMB) membantu mencegah dan mengatasi infeksi. Adapun keunggulan dari Hansaplast Spray Antiseptik, yaitu ;

  1. Pain Free, Cegah Infeksi Tanpa Perih.
  2. Tidak Berwarna dan Tidak Berbau, nyaman digunakan untuk gaya hidup yang modern dan aktif.
  3. Aman Digunakan, Tolerabilitas lebih tinggi, efek samping lebih sedikit dibandingkan dengan zat antiseptik lain.
  4. Bahan Aktif : 0.1% Decyl Glucoside Tenside dan 0.04% Polyhexanide (PHMB) dalam Larutan Ringer.

Langkah cara penggunaan Hansaplast Spray Antiseptik sangat mudah dan praktis, yaitu ;

  1. Semprot dari jarak kurang lebih 10 cm ke seluruh area luka.
  2. Ulangi apabila dibutuhkan, kemudian secara perlahan keringkan area sekitar luka.
Cara pemakaian yang praktis bisa dilakukan dimanapun kapanpun ketika insiden dan luka terjadi.

Proses Penyembuhan Luka yang Benar

Untuk proses penyembuhan luka yang optimal, setelah dibersihkan, terdapat 2 langkah lainnya yang harus dilakukan dengan benar. Berikut langkah penyembuhan luka optimal :

  • Bersihkan Luka ~Membersihkan luka merupakan langkah pertama untuk penyembuhan secara optimal. Bersihkan luka dengan Hansaplast Spray Antiseptik untuk mencegah infeksi dengan cepat dan tanpa rasa perih.

  • Lindungi Luka ~ Langkah kedua adalah melindungi luka dari pengaruh eksternal seperti kotoran dan bakteri untuk kulai penyembuhan agar tidak terganggu setelah dibersihkan. Tutup luka yang sudah dibersihkan dengan plester hansaplast sesuai dengan kebutuhan luka. 
  • Sembuhkan Luka ~ Langkah ketiga adalah membantu luka cepat sembuh secara aman, cepat dan mencegah bekas luka dengan menggunakan hansaplast salep penyembuh luka secara teratur pada luka sampai sembuh total. 

Dengan inovasi baru dari hansaplast, masyarakat terutama para ibu terbantu dalam melindungi anak-anak dengan melakukan penanganan pertama ketika terjadi insiden dan luka. Anak-anak bebas mengeksplor motorik kasar mereka yang sedang berkembang namun tetap harus dalam pengawasan orang tua agar insiden dan luka tetap terhindarkan 😊.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang hansaplast ayah/ibu dan teman-teman bisa berkunjung ke www.hansaplast.co.id dan melalui akun Instagram resmi Hansaplast @Hansaplast_ID dan Facebook Fanpage @HansaplastID

Senang berbagi 💕

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

35 thoughts on “Membersihkan Luka #GakPakePerih dengan Hansaplast Spray Antiseptik

  1. Wah ada kemasan spray nya ya, anak anak kalau luka kecil aja susah banget kasih obat luka pake drama nangis leher dulu. Kalau yang kemasan spray ini belum pernah coba

  2. Ini produk baru dari hansaplast ya mbak?
    Harus beli nih, buat persediaan di rumah, soalnya anak-anak juga kerap lari-larian dan saya sering takut aja kalau mereka jatuh dan terluka

  3. Aih baru tau ada spray anti septik ini, langsung dimasukkin list untuk beli! Kadang si kecil kalau dipakein obat cair gitu suka perih dan teriak sakit. Kalau ada ini kan solusi banget, biar nggak perih. ^^

  4. Iya nangis karena pas jatoh lanhsung dibawa ke kamar mandi dan luka nya di cuci kan perih hehehe.. untung sekarang udha ada hansaplast spray antiseptik ya mba

  5. Wow, jadi selama ini aku salah memahami luka ya. Kupikir kalau ditetesi obat merah trus puerih itu karena obatnya meresap trus cepet kering. Ternyata gak ada hubungannya. Walah, ke mana aja akutuh.
    Btw, selama ini cuma provide Hansaplast plester aja. Perlu juga nih spray antiseptic-nya mengingat anak-anak lumayan sering terluka di siku dan lutut.

  6. Sewaktu anakku kena musibah, kakinya nginjek beling botol dan mesti dijahit 10 jahitan luar, dan jahitan dalam entah berapa. Aku menggunakan Hansaplast antiseptik spray ini, buat kakinya setelah dibersihkan, lalu ditutup deh pakai kain kasa

  7. Jadi inget waktu kena cutter itu pas di tempat kerja, rasanya sakit bet, huhuu… trus dibersihkan pakai air mengalir dan dipakein kasa trus dikasih handsaplast, huuu
    Aku baru tahu ada handsaplast varian spray ini. Canggih banget nih.
    Harus tersedia di P3K tempat kerja nih,
    TFS ya Mbak ^_^

  8. Kemarin aku diinfo juga sama teman soal manfaat Hansaplast Spray ini
    Aku pikir hansaplast cuma semacam plester luka saja
    Sekarang ada pembersih luka

  9. Waah…mesti beli ini…
    Masuk ke kotak obat.
    Anakku hobi mainan kucing, giliran uda kecakar, nangis deeh…
    Kan takut juga ada kuman yaa…tinggal dibersihkan pakai antiseptik dari Hansaplast.

  10. Bener banget nih, anak2 mah sering banget terluka, jadi harus siap sama obat luka. Sekarang bagus banget ada hansaplast spray yang ngga bikin perih, jadi anak2 ngga ketakutan perih ketika jatoh atau terluka 😀

  11. jadi gak ada drama perih yang bikin anak nangis lebay gitu ya mba hahhaha… anakku waktu kena musibah kakinya kena beling aja, saat dibersihin aku gunain Hansaplast Spray Antiseptik

  12. Inovasinya beneran keren mbak Handsaplastnya, praktis juga. Tinggal semprotin aja hheee
    Dijamin anak2 yg kena luka nggak akan nangis lama gegara lama buka tutup botol handsaplast dan nuangin ke luka. tinggal buka tutupnya trus semprot deh heheee

  13. Iyaa bener solusi banget nih mba. Anak2 takut diobati karena perih pedih. Alhamdulillah ada ini ya. Tinggal spray.. juga aman dibuat khusus utk anak

  14. Nah, ini yang kucari dari dulu, pembersih luka yang nggak bikin perih. Soalnya anak-anak kalau luka tuh pasti drama deh, kalau pas dibersihin lukanya karena perih.
    Nyetok ah, apalagi praktis banget dalam bentuk spray gini.

  15. Kayaknya sensasi Hansaplast Spray ini bakalan mak nyes gitu. Nggak kayak obat merah yang langsung nyes panasmnya, trus langsung perih. Lebih simple juga, bisa sekalian buat bersihin luka. Anak-anak itu kan agak susah dibersihin lukanya kalau habis jatuh. Soalnya takut perih

  16. Setuju, Mbak, obat merah hanya untuk membersihkan bakteri, enggak bisa menyembuhkan luka. Udah gitu perih juga rasanya.

    Untungnya sekarang udah ada Hansaplast Spray Antiseptic.

  17. Jadi inget kejadian kemarin, pas lagi main di taman sama rashya… Ada anak jatuh, terus dia bilang ke temennya “jangan kasih tau ibu, takut diobatin” hihihi… Kalau pakai hansaplast spray pasti ga akan takut diobatin ya…

  18. obat pertolongan pertama kalau anak kena luka ya mbak, biasanya kalau tahu anak terluka panik dan bingung di kasih apa, sekarang bisa tinggal semprot pakai ini ya. baru dikasih plester kalau perlu.

  19. Membersihkan dan mengobati luka pada anak-anak emang paling susah ya. Sugesti anak lihat obat luka adalah perih. Untung ada hansaplast spray antiseptic. Tinggal semprot, dikeringkan. Beres deh. Nggak pakai perih. Nggak pakai drama.

  20. Anakku biasanya suka meringis perih kalau lukanya aku bersihkan mbak, kalau pakai ini bebas meringis yaaaa 😀
    Kudu sedia selalu di kotak obat di rumah nih pembersih luka kyk gini. Ini produk baru launching kah?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top