Story HikmahNisa

Review Buku Wonderful Family, Merajut Keindahan Keluarga

Assalamualaikum,

Pernikahan merupakan harapan semua orang, tentunya menikah dengan orang yang dicintai dan mencintai. Tidak seperti kebanyakan dongeng, pernikahan bukanlah akhir dari kisah cinta, melainkan awal dari perjalanan cinta. Tentunya hal ini harus disadarkan pada pasangan muda-mudi sebelum memutuskan menikah. Menikah adalah perjalanan panjang, penuh dengan suka maupun duka, senang dan sedih, ujian dan hadiah.

Mempersiapkan pernikahan bukan hanya mempersiapkan segala sesuatu untuk akad dan resepsi. Namun juga mempersiapkan mental diri dalam menjalani perjalanan panjang nanti, salah satunya mencari bekal ilmu tentang pernikahan. Bisa dengan membaca buku, mengikuti seminar pra nikah atau pasca nikah, dsb.

Saya dihadiahi buku Wonderful Family ini oleh Rina. Rina merupakan teman sekantor dulu, namun ketika saya baru beberapa minggu bekerja di kantor tersebut, Rina sudah memutuskan resign. Walau begitu, kami masih berkomunikasi baik sampai 1 tahun kemudian saya menikah dan mengundang Rina. Sayangnya Rina tidak bisa hadir karena sedang diluar kota, ia mengirimkan buku ini sebagai hadiah pernikahan. Masya Allah, Jazakallah ya Rin 💕. Sayangnya semenjak nomor lama saya hilang, lalu kehilangan kontak lagi dengan Rina sampai saat ini. Semoga Allah pertemukan lagi kami kelak, aamiin.

Wonderful Family, Merajut Keindahan Keluarga

Judul : Wonderful Family

Penulis : Cahyani Takariawan

Penerbit : PT. Era Adicitra Intermedia

Tahun Terbit : 2012

Sampul hardcopy, isi softcopy

Berisi 261 halaman

Wonderful Family, Merajut keindahan keluarga merupakan buku yang ditulis oleh Cahyani Takariawan yang merupakan penulis buku-buku best seller tentang pernikahan dan keluarga. Buku ini pun merupakan buku Nasional Best Seller.

Di bagian belakang buku Wonderful Family ini tertulis inti bahwa kita sepatutnya merawat keluarga yang Allah hadirkan dalam kehidupan ini. Keluarga adalah perhiasan yang paling berharga. Nikmati keindahannya setiap waktu. Buku ini mengajak kita merasakan cinta dan kebahagiaan yang sempurna dalam keluarga. Jangan lewatkan setiap bagian indah yang selalu bisa kita dapatkan bersama keluarga.

Buku wonderful family tidak hanya di desain untuk konsumsi pribadi, namun di design juga untuk dihadiahi pada orang-orang terdekat dan tersayang kita. Biasanya hadiah untuk pasangan yang baru menikah, atau yang akan menikah, bahkan bagi pasangan yang sudah bertahun-tahun menikah pun bisa loh. Buku ini membahas bagaimana kita bisa mengarungi rumah tangga dari pembentukan visi sampai penyelesaian konflik yang muncul.

Buku ini saya hadiahkan untuk :

Buku wonderful family ditulis dalam rangka memperingati usia pernikahan penulis yang memasuki dua puluh tahun pernikahan. Sebagai rasa syukur kepada Allah Yang Maha Kasih atas limpahan nikmat yang tiada henti. Penulis mengungkapkan bahwa buku wonderful family adalah hadiah bagi kesetiaan istri yang telah membersamai kehidupan lebih dari dua puluh tahun.

Tem wonderful family diambil dari blog yang dikelola berdua oleh penulis dan sang istri, www.wonderfulfamily.web.id. Harapan dan keinginan penulis untuk berbagi dengan pembaca semua untuk mewujudkan keluarga yang dipenuhi oleh keindahan, dilingkupi oleh cinta dan kasih sayang dalam naungan dan lindungan Allah.

Buku wonderful family terdiri dari 12 Bab termasuk Bab pendahuluan dan penutup ;

  • Catatan Pendahuluan, Memasuki Wonderful Family
  • Catatan Pertama Motivasi, Menikah Itu Bukan Seperti Memakai Sepatu
  • Catatan Kedua Visi, Sebuah Tempat Bernama Syurga
  • Catatan Ketiga Peta Kasih, Mengenali Jalan Menuju Hati Pasangan
  • Catatan Keempat Rasa Suka, Betapa Banyak Kebaikan Pasangan Anda
  • Catatan Kelima Kesepakatan, Mengapa Rumah Kita Berantakan?
  • Catatan Keenam Perbedaan, Sampai Kapan pun, Tidak Akan Pernah Sama
  • Catatan Ketujuh Ngomong, Apa Sulitnya Ngomong?
  • Catatan Kedelapan Badai, Menyongsong Badai
  • Catatan Kesembilan Suasana, Redakan Ketegangan, Hadirkan Kehangatan
  • Catatan Kesepuluh Generasi, Menyelamatkan Generasi
  • Catatan Penutup, Jangan Mengabaikan Hal Kecil

Wonderful Family Adalah

Sebuah keluarga yang selalu merasakan kebahagiaan karena dilandasi oleh syukur. Mereka merasakan ketenangan dalam kehidupan berkeluarga karena dilandasi hati yang bersih. Mereka mendapatkan keindahan karena selalu berfikir positif dan mereka kiat karena bersandar kepada Dzat Yang Maha Kuat.

Wonderful family adalah keluarga yang dipenuhi keindahan, kebahagiaan, keharmonisan, serta kemuliaan. Keluarga yang terjauhkan dari penyimpangan, kekerasan, kekasaran sikap, kesewenangan, dan kehancuran. Sebuah keluarga yang berdiri di atas nilai-nilai kebaikan, dan dipenuhi dengan keberkahan. Keluarga yang memberikan kontribusi kebaikan bagi masyarakat.

Dalam BaB mengapa rumah kita berantakan?

Dalam membangun wonderful family pastinya tidak mudah, buku ini menjelaskan bahwa pernikahan adalah awal mula dibangunnya wonderful family. Pernikahan perjalanan sangat panjang yang membutuhkan banyak bekal.

“Bangunan yang menjulang tinggi harus disertai fondasi yang menghujam bumi. Jika fondasi rapuh, bangunan mudah rapuh dan akhirnya roboh”.

Buku ini juga membuka pemahaman dan wawasan untuk mengokohkan fondasi, membentuk visi bersama suami. Suami dan istri harus memiliki kesamaan visi yang jelas dan terang benderang, yang harus ditempuh bersama-sama.

Perbedaan Akan Selalu Ada

Suami/istri memiliki hal yang seba berbeda, bahkan saudara kembar saja pun tetap memiliki perbedaan, apalagi suami/istri yang berbeda gen, latar belakang, budaya, keluarga, dsb. Maka membangun wonderful family harus dulu mengenali jalan menuju hati pasangan, perlu dulu mengenali peta kasih pasangan. Peta kasih yang lengkap akan membuat kita mengerti jalan-jalan menuju hati dan perasaan pasangan.

Baca juga : Jangan Salahkan Perbedaan (Catatan Pernikahan).

Dalam BaB Suasana

Manusia hidup dengan dinamis, oleh karenanya pasti melakukan perubahan dan perkembangan dirinya setiap waktu. Jangan sampai kita kehilangan peta kasih pasangan sendiri karena tak memahami perubahan yang dia alami. Sehingga banyak pasangan yang berkata :

“Dulu istri/suamiku tidak seperti itu”.

Belajar mengenali pasangan setiap saat dan ini merupakan proses panjang. Biasakan ngobrol setiap hari, tentang apa saja yang dilakukan dirasakan pasangan kita.

Ingat Kebaikan, Lupakan Keburukan

Sangat banyak kebaikan yang dilakukan pasangan kita setiap hati. Fokuslah mengingat dan mencatat semua kebaikan dan sisi positif pasangan. Mengapa banyak sekali pasangan yang sulit mengingat kebaikan pasangannya dan selalu mengungkit-ngungkit keburukan pasangannya?. Karena sebelum melaksanakan pernikahan, setiap orang memiliki gambaran yang ideal mengenai sosok pasangan hidup yang diinginkan. Namun begitu mulai menapaki kehidupan dalam rumah tangga, berbagai gambaran ideal itu tidak mesti didapat secara keseluruhan. Ini karena tidak ada manusia yang sempurna. Semua memiliki kekurangan dan kelemahan.

Membahas juga tentang LDM

 

Salah satu yang menutupi pandangan kita adalah adanya sekat antara kewajipan dan kebaikan. “Mencari nafkah kan kewajibannya”, “Memasak, menyiapkan pakaian, bebenah rumah kan memang sudah kewajibannya”. Lantas ketika itu kewajipan, tidak termasuk kebaikan kah?. Menjalankan kewajipan merupakan kebaikan. Berapa banyak pasangan yang hengkang dari kewajibannya?. Ketika pasangan kita melaksana-kan kewajipan, bersyukur lah, jangan lupa ingat dan tuliskan itu sebagai kebaikan dan kelebihan pasangan. Karena melaksanakan kewajiban adalah kebaikan 💕.

Dan lagi, secara umum kita sangat pelit melihat kebaikan pasangan. Cobalah sekarang kita biasakan hal-hal kecil di rumah misalnya para suami mengucapkan terima kasih saat istri sibuk menyiapkan keperluan sarapan di dapur, begitupun sebaliknya.

Apa Sulitnya Ngomong?

Komunikasi sangat penting dalam membangun wonderful family. Oleh karenanya suami/istri harus memanfaatkan setiap kesempatan untuk selalu mengobrol dan berkomunikasi. Komunikasi efektif adalah sebuah bentuk komunikasi dimana pesan yang disampaikan berhasil mencapai sasaran dengan respons yang sesuai tujuan. Misalkan suami menghendaki “Aku ingin dibuatkan teh manis panas”. Maka istri mengerti percis berapa tingkat manis dan panasnya. Ketika istri malah memberikan kopi, jelas ini bukan komunikasi yang efektif.

Buku wonderful family juga menjelaskan mengenai badai atau konflik rumah tangga yang biasanya terjadi dan bagaimana cara menyelesaikan juga mengantisipasinya. Banyak juga penyebab terjadinya konflik karena tidak efektifnya komunikasi yang dilakukan pasangan suami/istri atau yang tidak memiliki visi rumah tangga jelas, juga tidak memiliki peta kasih pasangannya.

Konflik adalah bumbu kehidupan keluarga. Suami dan istri harus memiliki kemampuan mengelola konflik, serta menyelesaikan konflik dengan kedewasaan.

Kesimpulan

Buku wonderful family ini sangat recomended, bahasa nya yang formal namun tetap nyaman dibaca juga mudah dimengerti. Kontennya sangat membuka mata dan hati saya, walau saya sudah 3 tahun pernikahan namun buku wonderful family selalu jadi reminder untuk saya dan suami. Bahkan ibu dan ayah saya yang sudah 17 tahun pernikahan pun masih relevan baca buku wonderful family.

Buku ini syarat akan nilai agama juga, penulis mengarahkan pembaca untuk satu visi pernikahan dengan anjuran agama. Selalu menghadirkan Allah dan Rasul dalam wonderful family.

Buku wonderful family ini untuk sebuah usaha mewujudkan keluarga yang dipenuhi keindahan, dilingkupi oleh cinta dan kasih sayang, dalam naungan serta lindungan Allah.

Senang berbagi 💕

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

22 thoughts on “Review Buku Wonderful Family, Merajut Keindahan Keluarga

  1. Buku yang sangat bergizi nih, bagus sekali dijadikan bacaan dan panduan untuk membentuk keluarga yang bahagia.
    Istri dari Pak Cahyadi Takariawan ini blogger juga lho mba, dulu jaman ada event Srikandi Blogger di Jakarta, beberapa orang pernah numpang di rumah dinas Pak Cahyadi, termasuk aku. :)) Memang inspiratif nih pasangan Pak Cahyadi dan Bu Ida.

  2. Betul kata mak Uniek. Mak Ida tinggal di Jogja. Dulu masih suka ngumpul & ngeblog ttg pasutri. Sekarang sudah sangat sibuk mendampingi pak Cahyadi keliling Indonesia. Beliau berdua ramah & suka berbagi ilmu.

  3. Aku penasaran langsung buka websitenya dong barusan, heheheee… Ini juga bisa dihadiahi untuk teman yang akan menikah ya, apalagi ini isinya bagus sekali untuk pembelajaran mereka dan kita juga. Bahwa sejatinya pernikahan adalah seperti belajar kehidupan.

  4. Semoga bisa ketemu dan kontakan lagi ya Neng sama Rina temannya, aku mah sok nyesek kalau lost contact teh tapi semenjak ada FB dan medsos lainnya jadi terhubung kembali 🙂

    btw bukunya bagus cocok banget ini ya buat hadiah juga jadi pengen beliin buat seseorang hahaha..

  5. wah sepertinya aku mesti cari punya buku ini juga deh, bagus ya dibaca pas lagi ngerasa suntuk sama kehidupan rumah tangga. Nanti cari di tokbuk ah. Makasi sharingnya yaaaa

  6. Paling suka “Ingat kebaikan, lupakan keburukan” karena masih sering mengungkit-ungkit kesalahan pasangan nih. Harus segera mengubah kebiasaan neh. Duh, jadi mupeng deh sama buku yang memotivasi ini

  7. Wah, baru tahu Pak CT punya buku ini. AKu suka ngikuti tulisannya sih, dari dulu malahan. Menurutku tulisannya emang realistis banget dan mudah dicerna. Bikin manggut-manggut setiap baca.

  8. Pertama, semoga bisa melepas rindu lagi kelak dengan sahabatnya, Rina ya, mba

    Baidewei,
    Aku langsung klik URL yang mba kasih di atas.
    Linknya mutar-mutar dan akhirnya jadi mercusuar(dot)uzone(dot)id
    URL yang benar, wonderfulfamily(dot)id

    … dan harus register dulu untuk mendapatkan materi^^

  9. Buku yang super menurut saya ini. Karena banyak sekali wejangan-wejangan yang tertuang di dalamnya tentang pernikahan.

    Kalau lagi marah ama pasangan emang baiknya ingat kebaikan dia, bukan keburukannya (numpang curhat jadinya, wkwkwkwk).

    Dan komunikasi itu sangat penting dalam segala hal. Karena kalau komunikasinya kurang bagus, takutnya malah jadi salah paham antara suami dan istri.

  10. Cocok bnget nih ya, bagi yg mau berkeluarga bukunya bisa saklng belajar klo dikasih buku ini next rekomendasi buat hadiah mudah2an msih Ada y di toko buku

  11. Buku yang bagus. Kelihatannya juga lebih ke bercerita. Jadi gak meras digurui gitu. Btw, aku ada buku soal rumah tangga tapi belum kubaca

  12. Nah, kalau sampai terucap dulu kamu tidak begini… Berarti sudah saatnya mawas diri dan mencari tau, sebenarnya yang berubah itu pasangan atau termasuk diri kita juga berubah. Setiap saat perubahan dalam diri kan bisa saja terjadi ya. Harus mau saling bicara dan menyampaikan uneg-uneg bila ingin masalah teratasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top