Story HikmahNisa

Diri Selalu ‘On Fire’, Bisakah?

Assalamualaikum,

Hi, sahabat, tak bosan aku menyapa lewat tulisan-tulisan, bagaimana harimu? Sekarang sudah waktu jam istirahat, masihkan bersemangat? Atau sudah sisa lelah yang menyelimuti?. Jika begitu, aku pun sama.

Hari ini aku begitu kacau, terlebih karena PMS yang membuat mood swing begitu parah. Bangun pagi dengan semangat ‘on fire’ untuk menjalani hari dengan segudang aktivitas sebaik mungkin. Bukankah ada pepatah arab yang mengatakan bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini?. Itu yang selalu aku genggam dalam hati. Ya, harus terus semangat menjalani hari-hari.

Namun, sayang aku tidak mampu selalu dalam kondisi ‘on fire’, walau bukan robot tapi aku merasa semakin senja baterai-ku semakin lemah. Merasa begitu juga sahabat?

Ko Dia Bisa selalu Semangat Ya?

Pernahkah melihat teman yang selalu bersemangat, ceria dan bergairah menjalani hari-harinya?. Aku iri sekali, bagaimana bisa ia menjalani hari-hari dengan selalu bersemangat?. namun ketika dipikir ulang, aku hanya bersamanya selama beberapa jam saja dan tidak setiap hari apalagi setiap saat. Sehingga sebenarnya tidak bisa dipastikan ia selalu dalam kondisi bersemangat, apalagi ketika kita menilai hanya dari media sosial.

Aku yakin mereka yang selalu nampak semangat dan ceria itu pun memiliki rasa lelah, why? Ya karena aku, kamu, dia, mereka adalah manusia. Kita makhluk hidup dan menjalani hari dengan dinamika kehidupan masing-masing, artinya tidak ada yang terus-terusan bahagia atau terus-terusan sedih. Jika masih manusia, dia pasti juga merasakan lelah, sedih, bahkan down. Hanya kita tidak tahu saja.

Hidup gak lurus-lurus aja, pasti ada masa kita naik, turun, belok, dsb. Begitupun dengan semangat yang ada dalam diri. Gak bisa kita terus terusan semangat loh, kita pun harus merasakan lelah juga. Gak bisa kita terus-terusan ceria dan bahagia, kita pasti merasakan sedih dan kecewa juga. Namanya juga hidup, ya kan?

Sadari Kita Hanya Manusia

Sadari bahwa kita hanyalah manusia, memiliki sifat lalai dan lemah. Kita tidak mampu tanpa karunia Allah, tiada daya upaya selain karena atas KuasaNya. Sadari kita memang lemah, sangat lemah di hadapan Allah, kita tidak ada apa-apanya. Kekuatan yang kita miliki bersumber hanya dariNya.

Jadi sangat tidak salah jika merasa lelah, dan pernyataan bisakah diri selalu ‘on fire’ jawabannya jelas nggak! . Namun ada yang bisa kita ikhtiarkan agar grafik naik turun semangat kita tidak terlalu jauh, bisa diupayakan grafiknya berjalan naik.

Grafik cenderung turun

 

Grafik cenderung naik, diri kita harus seperti ini ya!

Bagaimana? Charger, kita butuh mencharger baterai diri.

Mencharger Diri

Pasti sudah menerka apa saja cara untuk mencharger diri, diantaranya memang istirahat, tidur, menjalankan hobi, me time agar tidak jenuh. Allah sudah memfasilitasi segala yang seimbang untuk hidup kita, termasuk diciptakannya malam untuk kita tidur dan beristirahat. Mewajibkan shalat 5 waktu setiap harinya, salah satu tujuannya ya untuk kita bisa mencharger diri, karena kita terlalu lemah, kita tidak mampu, tidak kuat, tidak bisa selain karena Kuasa Allah.

Charger diri dengan ibadah sunnah lainnya, dengan curhat kepada-Nya, dengan bertaubat kepada-Nya, apapun yang bisa mendekatkan diri kita kepadaNya. Semakin diri merasa lemah dihadapan Allah, semakin Allah berikan kekuatan bagi kita dan semakin mulianya kita dihadapanNya.

Jika diri lelah, sadari bahwa kita sangat butuh Allah. Jangan sok kuat! Kembali lah kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Bijaksana. 💕

 

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

2 thoughts on “Diri Selalu ‘On Fire’, Bisakah?

  1. Kalau pengalaman saya pribadi, ada 1 hal yang sangat penting untuk menjaga ritme agar tetap selalu on fire.

    Yaitu adanya Trigger, apapun itu, entah dari keluarga, atau faktor lain seperti keinginan.

    Nah begitu trigger ini bisa terpenuhi, pasti seneng banget, langsung set trigger selanjutnya 😊

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top