Story HikmahNisa

Cerita dan Tips Penyembuhan Sakit Campak pada Nada

Assalamualaikum,

Hai bu, apa kabar? Semoga ibu dan keluarga sehat selalu ya. Nikmat sehat memang benar-benar terasa sangat berharga ketika sedang merasakan sakit. Apalagi anak yang sakit, biasanya ibu-nya yang tekanan batin karena khawatir, betul gak bu?

Kali ini aku mau cerita pengamanan Qatrunada beberapa hari yang lalu terkena sakit campak. Dari ciri-ciri sampai pengobatan yang aku berikan pada Nada. Bismillah, semoga menjadi hikmah buat semua baik pembaca yang terutama penulis sendiri.

Jadi sekitar 3 minggu lalu aku dan Nada ke Bandung, seperti biasa setiap bulannya berkunjung ke rumah orang tua. Kami juga merencanakan akan liburan bersama keluarga besar, namun yang kami rencanakan ternyata tidak sesuai kenyataan, tentunya digantikan Allah dengan yang lebih baik, Insya Allah . Qodratullah keluarga besar kami memutuskan menunda rencana liburan karena satu dan lain hal, kecewa? Pasti! Namun Allah langsung bukakan mata ini yang tertutup hawa nafsu dunia dengan Nada yang kemudian sakit.

Ya, Nada sakit 1 hari sebelum akan berangkatnya kami liburan (kalau jadi), dari sana aku yang tadinya kecewa langsung berubah jadi sangat bersyukur karena liburannya ditunda. Tidak terbayangkan kalau pas liburan dan Nada sakit seperti ini.

Awal Sakit

Awal ciri-cirinya seperti pilek, hidung mampet sulit bernafas dan suhu badan panas. Hampir semalaman Nada tidak bisa tidur karena kondisi tersebut. Alhamdulillah Nada anaknya sangat pengertian, tidak rewel dan terlalu manja walau sedang sakit, seringnya bangun dan minta minum.

“Nada, apa yang sakit?” Tanyaku

“Ini sakit bu…”, Menunjuk ke tenggorokan sambil meringis.

Pikirku ini mungkin tanda-tanda akan flu batuk. Suhu badan panas diatas 37.5°C aku  beri obat penurun panas, sambil sesekali di kompres dengan air hangat. Sakit tenggorokannya aku beri minum air hangat dan larutan, juga buah-buahan yang mengandung air, sayangnya Nada sangat sulit makan pada saat itu, sehingga makanan-makanan untuk membantu pengobatan tidak optimal. Hidung mampetnya aku beri aroma therapi yang khusus untuk batuk pilek anak. Namun, sampai keesokan harinya masih seperti itu kondisinya, tidak membaik.

Suhu badannya masih panas, tetap tidak bisa tidur sampai matanya merah sekali karena mengantuk tapi tidak bisa tidur karena sulit bernafas. Sedih sekali melihat kondisi Nada ketika itu, terlebih Nada benar-benar tidak rewel padahal sakitnya terlihat tidak biasa. Akhirnya malam ke-2 aku memutuskan untuk memeriksakan Nada ke dokter.

Setelah Ke Dokter

Sayangnya, dokter yang kami datangi tidak kooperatif, tidak berkomunikasi baik pada kami. Aku jelaskan secara detail dan bertanya dengan penuh harap jawaban yang bisa menguatkan. Namun nihil, kami hanya diberi resep untuk diminum Nada, obat panas plus flu, antibiotik dan vitamin.

Anak susah minum obat? Klik disini

Alhamdulillah sedikit membaik, suhu badan sedikit turun namun masih hangat, sudah bisa tidur lebih lama walau masih belum nyenyak. Setelah 2 hari mengkonsumsi obat dari dokter, Nada sariawan dan bibir pecah-pecah. Asumsi-ku adalah panas dalam, sehingga aku terus gencar memberinya banyak minum air hangat dan larutan, makan sayur-sayur bening dan buah-buah mengandung banyak air dan madu. Tak apa walau sedikit makanan yang masuk ke dalam tubuh Nada, aku bersyukur karena Nada masih mau makan tanpa dipaksa.

Nada sangat lemas, maunya tiduran terus, sampai makan pun maunya di kamar, terkadang makan sambil dia tiduran juga, aku tinggikan bantalnya agar tidak tersedak. Kondisi lemas ini sampai 3 harian.

Sampai disini kami sama sekali belum menyadari kalau Nada sakit Campak.

Ternyata Campak!

Alhamdulillah Nada sudah kembali sedikit bertenaga, mau beraktifitas dan sudah ketawa-ketawa bercanda dengan orang-orang rumah. Makan sudah naik porsi dan tidur juga lebih nyenyak.

Alhamdulillah juga Ayahnya datang dari Jakarta yang rencananya memang akan menjemput aku dan Nada. Ayahnya sudah membooking tiket untuk kepulangan kami ber-3 ke Jakarta dan bersyukur Nada sudah sembuh, tinggal proses pemulihan.

Foto kami di Cipaku Setiabudi, Nada terlihat masih lemas.

Abah dan Ambu mengajak kami jalan-jalan yang dekat rumah di Cipaku Setiabudi sebelum besok pulang ke Jakarta, karena memang selama di Bandung belum sempat kemana-mana.

Ketika diperjalanan kami baru ‘ngeh’ ternyata ada tanda-tanda campak pada tubuh Nada, bercak-bercak merah di badan semakin jelas terlihat ketika terkena sinar matahari.

Ah iya akhirnya kami cukup yakin bahwa Nada terkena campak dengan ciri-ciri sakit yang beberapa hari dialami Nada.

Ciri-Ciri Campak pada Anak :

  • Suhu Badan Panas
  • Sulit Bernafas
  • Panas Dalam (Sakit tenggorokan, sariawan, bibir pecah-pecah)
  • Badan Terasa Sakit/Pegal
  • Lemas
  • Muncul Bercak Merah pada Tubuh

Ciri-ciri di atas seperti tahapan ciri sakit campak sesuai pengalaman Nada kemarin. Akhirnya aku kembali upayakan terus penyembuhan dengan meneruskan memberi makan-makanan yang membantu pemulihan. Istirahat yang banyak, ya! Nada campak pemulihannya harus istirahat yang banyak, tidak keluar rumah dulu (jangan kena angin). Ditambah juga memberikan bedak Salicyl pada seluruh badan Nada, karena bercak merah di tubuhnya dapat terasa gatal. Namun sangat bersyukur ketika bercak merah ini keluar tandanya baik. Bercak merah hilang pada tubuh Nada sekitar 3 hari. Jadi jika di total dengan awal mula sakit sampai sembuh sekitar 7 hari atau 1 minggu.

Tips Penyembuhan Campak Ibu Nada:

  • Beri obat penurun panas jika suhu badan panas di atas 37.5°C.
  • Konsultasi pada dokter untuk resep obat agar meringankan sulit bernafas. Bisa dibantu dengan aromaterapi khusus anak untuk melegakan pernafasan.
  • Minum banyak air putih hangat, boleh diselingi dengan larutan.
  • Memberi banyak makanan sayur dan buah yang mengandung banyak air dan vitamin A. Seperti : sayur bayam, wortel, brokoli, buah mangga, semangka, jeruk, dsb.
  • Memberi pijatan untuk meringankan nyeri badan.
  • Bantu Anak untuk mendapatkan istirahat yang banyak, jangan banyak melakukan aktifitas fisik.
  • Ketika muncul bercak merah, beri bedak Salicyl pada seluruh badan Anak.
  • Hadirkan jiwa dan raga ibu untuk anak, curahkan kasih sayang kita untuknya.
  • Terus ajak anak berdoa pada Sang Maha Mengembuhkan, Insya Allah cepat pulih.

Produk yang Ibu Nada Pakai :

  • Sanmol untuk demam
  • Botanina Aromatherapy Cold and Flu for Kids
  • Botanina Comforting Kid Oil untuk pijat
  • Bedak Salicyl Kimia Farma

Review Botanina klik disini

Takdir Allah Selalu Baik

Qodratullah karena hal tersebut, ayah Bilal pulang sendiri lagi ke Jakarta. Aku menunda kepulangan sampai Nada cukup stabil untuk perjalanan. Sehingga aku dan Nada 3 minggu di Bandung, yang biasanya hanya sebentar, Masya Allah. Ya begitulah manusia hanya berencana pada akhirnya Allah kembali yang menentukan yang terbaik bagi hambaNya. Tidak ada yang kebetulan di dunia ini, semua sudah diatur, sesuai rukun iman ke-6 kita wajib percaya pada Qada dan Qadar, bukankah begitu?

Akhirnya Ayah pulang sendiri lagi ke Jakarta.

Alhamdulillah, kini Nada sudah sehat sudah ceria kembali dan kami sudah berada di Jakarta saat ini. Banyak sekali hikmah yang aku ambil dari sakit Nada, salah satunya kami akan lebih fokus menjaga kesehatan sebagai salah satu bentuk rasa syukur yang tak ternilai. Perkara yang harus dijaga salah satunya sehat sebelum sakit itu benar adanya, semoga keluarga kita semua sehatkan selalu ya bu! Aamiin yra. 🤗

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top