Story HikmahNisa

Cerita Liburan Perdana ke Kota Jogja Serta Tips Traveling Bersama Balita dan Lansia

Assalamualaikum,

Hai hai, kali ini aku mau berbagi cerita tentang perjalanan liburan kami ke kota Jogja. Ya, ini merupakan perdana bagi keluarga kami menyengaja liburan ke Jogja dengan mengajak serta si kecil Nada juga nenek dan kakek.

Dengan menggunakan kereta Argo Parahyangan kami menempuh perjalanan Bandung-Yogyakarta sekitar 8 jam. Memilih kereta malam agar bisa beristirahat di perjalanan dan sampai Jogja dini hari, sehingga kami bisa menghabiskan waktu pagi hingga malam untuk mengelilingi kota Jogja. Well, ini salah satu strategi mengefisienkan waktu karena kami hanya 2 hari saja berlibur di kota Pelajar ini.

Tempat Wisata Familiar Di Kota Jogja

Jadi kita kemana saja? Karena ini pertama kalinya berlibur ke kota Jogja, kami memilih ke tempat-tempat wisata yang terkenall. Yakin deh semua sudah pada familiar dengan tempat-tempat wisata berikut :

1. Candi Borobudur

Hari pertama kami memutuskan untuk berkunjung ke Candi Borobudur, salah satu Cagar Budaya Indonesia yang patut dilestarikan. Pertama kali kesana dan melihat bangunan Candi yang begitu Β kokoh dan megah, ditambah berbagai bentuk ukiran-ukirannya yang Masya Allah keren sekali. Borobudur termasuk salah satu candi terbesar di Indonesia, bahkan menurut UNESCO Candi Borobudur termasuk monumen kompleks stupa termegah serta terbesar di dunia.

Kami berkunjung ketika weekend jadi cukup ramai, banyak pengunjung lain baik lokal maupun asing yang juga penasaran dengan karya seni yang mengagumkan tersebut. Tiket masuk Candi Borobudur Rp.40.000/orang, buka setiap hari dari jam 06.00-17.00. Berlokasi di Magelang, Jawa Tengah sekitar 40 km dari kota Yogyakarta.

Yang menyenangkan adalah kami semua menikmati perjalanan sampai puncak Candi termasuk Nenek dan Kakek. Jarak jalan kaki yang cukup jauh, jalan yang menanjak serta cuaca pada saat itu teralihkan dengan keindahan dan kemegahan candi.

2. Jalan Malioboro

Malamnya kami memutuskan ke Jalan Malioboro, yang sering disebut kantungnya Kota Jogja, untuk menikmati suasana malam di sana. Dikutip dari Wikipedia, Jalan Malioboro ini adalah nama salah satu kawasan jalan dari tiga jalan di Kota Yogyakarta yang membentang dari Tugu Yogyakarta hingga ke perempatan Kantor Pos Yogyakarta. Secara keseluruhan terdiri dari Jalan Margo Utomo, Jalan Malioboro, dan Jalan Margo Mulyo. Jalan ini merupakan poros Garis Imajiner Kraton Yogyakarta.

Kami berjalan sepanjang Jl. Malioboro tersebut, dari ujung sampai ke ujung lagi. Ramai sekali kala itu, banyak toko oleh-oleh terutama baju dan berbagai macam kuliner malam. Kami sempat berbelanja juga mencicipi nasi kucing, kuliner khas Jogja. Live music pun ternyata ada, permainan music tradisional lengkap dengan gamelannya.

Dan lagi berjalan sepanjang jalan Malioboro itu tidak terasa lelah termasuk nenek dan kakek yang tidak kami sangka kuat jalan cukup jauh seharian kala itu. Ya, karena kami benar-benar menikmati suasana di Malioboro yang terasa ‘Jogja Banget’.

3. Pantai Indrayanti

Esok harinya kami memutuskan mengunjungi pantai cantik di sekitar Jogja, pantai Indrayanti. Lokasi pantai Indrayanti berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kami menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari kota Jogja, kurang lebih 66 km dari pusat kota.

Perjalanan 2 jam tersebut sangat tidak terasa karena jalan yang sangat lancar juga pemandangan selama perjalanan Subhanallah indah sekali. Kami disuguhkan dengan pemandangan pedesaan, langit biru dengan awan putih, gunung sejauh mata memandang, diapit dengan sawah yang masih hijau.

Sampai di pantai Indrayanti kembali takjub dengan keindahan pantai ini. Pantainya bersih sekali, pasir putih dengan beberapa karang di bibir pantai dan lautnya benar-benar biru. Suasana pantai selatan di wilayah Jogja yang sangat luas dan airnya pun sangat jernih.

Belum puas rasanya bermain dengan pasir dan berkenalan dengan ombak Pantai Indrayanti saat itu, namun apa daya jadwal kereta kepulangan kami ke Bandung juga harus dikejar sore itu. Lalu bergumam dalam hati,Suatu saat aku akan kembali lagi ke kota Jogja dengan lebih lama, karena seru sekali liburan kesana dan rasanya belum puas.


By the way, aku baru pertama kali juga membawa Nada liburan keluar kota yang cukup jauh, biasanya hanya sekitar Jakarta-Bandung saja. Dari pengalaman kemarin aku ada beberapa tips buat teman-teman yang ingin mengajak anak balita traveling, terlebih perjalanan yang cukup jauh dan atau liburannya akan lama.

Tips No Ribet-ribet Traveling Membawa Anak Balita dan Lansia Β :

  • Tetapkan Destinasi Liburan Sebelum Berangkat

Cek kesiapan liburan salah satunya dengan memilih destinasi wisata dan membuat jadwal, terlebih ketika tidak menggunakan tour guide. Hari pertama mau kemana saja, lalu hari kedua kemana, dan seterusnya. Ini akan membantu dalam persiapan packing apa saja yang harus dibawa. Dengan destinasi yang jelas, kita dapat membawa baju/keperluan lainnya sesuai dengan kebutuhan disana. Seperti ke Borobudur, aku menyiapkan baju dari bahan yang menyerap keringat untuk digunakan, sedangkan ke jalan Malioboro aku menyiapkan baju panjang dan jaket untuk Nada pakai, menghindari angin malam karena tahu akan kesana di malam hari.

  • Membawa Baju Seperlunya

Terkadang membawa Balita sangat cemas akan kekurangan baju atau peralatan lainnya, namun membawa terlalu banyak baju atau peralatan yang tidak perlu malah akan membuat repot. Sesuaikan dengan destinasi yang kita pilih, seperti ke pantai sediakan baju ganti 1-2 stel untuk anak.

  • Membawa Gendongan yang Nyaman

Memilih membawa stroller atau gendongan bisa disesuaikan dengan kondisi keluarga dan dimana tempat liburannya. Aku memilih membawa gendongan kangguru, karena lebih simple dan dirasa paling nyaman untuk kami.

  • Menginap di Hotel/Penginapan yang ;

Lokasinya Strategis, Ini salah satu yang penting juga apalagi ketika liburan membawa anak-anak dan juga orang tua yang sudah mulai sepuh, seperti kemarin aku mengajak juga nenek dan kakek. Pilihan tempat menginap yang lokasinya strategis sesuai destinasi yang kita pilih adalah salah satu solusi ‘no ribet-ribet’. Mengefisienkan waktu berlibur dengan meminimalisir waktu perjalanan.

OYO Room

Memiliki Fasilitas Lengkap, menjadi solusi agar tidak banyak membawa barang karena sudah tersedia di hotel. Penginapan dengan lokasi strategis dan fasilitas lengkap pasti harganya mahal dong?, tenang ada Oyo Hotel Indonesia yang menawarkan penginapan dengan lokasi yang strategis juga memiliki fasilitas lengkap ditambah Harga yang Bersahabat. So, nggak khawatir repot lagi ketika liburan keluarga bawa anak-anak dan orang tua. Lalu berandai jika aku dapat kesempatan mendapatkan disc 70% menginap di Oyo Hotel Yogyakarta, wah senang sekali pastinya. Aku akan kembali mengunjungi kota Jogja dan mengeksplor wisata juga kuliner lainnya disana. Excited mengajak Nada kembali liburan dengan nyaman πŸ’•.

 

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

29 thoughts on “Cerita Liburan Perdana ke Kota Jogja Serta Tips Traveling Bersama Balita dan Lansia

  1. Yogyakarta ini kota yang selalu kurindu. Padahal baru sekali ke sini, tapi kenangannya sungguh sulit untuk dilupakan. Aku belum pernah mencoba layanan OYO ini, sepertinya layak dicoba, ya.

  2. Aku kalau di Yogya belum pernah pakai OYO, libur terakhir pakai OYO di Solo. Dan dapat surprise, ternyata kami dapat kamar semacam paviliun gitu dengan 2 kamar di dalamnya. Jadi anak2 dapat kamar sendiri. Padahal harganya bener2 murce. Wkwkwk

  3. Pantai indrayanti bersih banget ya, batu-batuannya juga keren buat berfoto. Pasti asyik banget duduk disitu dan diterpa ombak

  4. Aku tuh, kalo baca-baca traveling ke Jogja, pasti aja mupeng. Huhu, udah lama banget ga ke sana. MaLah bareng anak-anak belom pernah. Kapan ya bisa ke sana bareng mereka? πŸ˜…

  5. Baca ini, aku jadi pingin piknik ke Jogja juga. Lama nggak ke sana. Padahal cuman perjalanan 2 jam aja, yaelah … Tapi kalau sambil nginep enak kali, ya. Apalagi dapat penginapan murah dan nyaman, wah!

  6. Baca ini, aku jadi pingin piknik ke Jogja juga. Lama nggak ke sana. Padahal cuman perjalanan 2 jam aja, yaelah! Tapi kalau sambil nginep enak kali, ya. Apalagi dapat penginapan murah dan nyaman, wah!

  7. Waahh kami belum pernah nih ke Pantai Indrayanti, kayaknya menarik buat didatangin nih.
    Kalau sama balita sih udah pernah kami traveling ke Jogjah.
    Tapi kalau sama lansia, wao lebih menantang tu.

    Kami ajak traveling mertua jarak puluhan KM aja, telinga sumpek dengar kecerewetannya hahahahaha

  8. Pantai Indrayanti ini belum pernah saya kunjungi nih. Melihat di foto lokasinya sangat indah ya. Asyik buat spot foto. Bersama anak dan keluarga cocok main ke sana
    Semoga saya berkesempatan main ke Yogyakarta lagi. Amin.

  9. wah jalan2nya bukan cuma bawa anak tapi orangtua juga ya.. keren bgt si teteh ini hehe.. jadi pengen euy ke mana gitu sama keluarga soalnya udah lama ga jalan2 bareng

  10. wah jalan2 sama keluarga terlebih sama anak dan orangtua.. keren euy si teteh ini hehe.. aku jadi pengen jalan2 bareng sekeluarga nih.. soalnya udah lama ga kuy haha.. enaknya ke mana ya? untung sekarang ada OYO jadi nginepnya lebih murah

  11. Wah asik banget ya bisa liburan dengan keluarga besar. Saya sampai sekarang belum kesampaian liburan sekeluarga karena kesibukan masing-masing. Dan Jogja emang destinasi wisata yang patut dikunjungi karena saya belum pernah kesana…

  12. Ya Allah, wishlist kota tujuanku untuk berlibur dari kapan hari ini, mbak ke Yogyakarta
    Kayak mengunjungi Candi Borobudur dan Jalan Malioboro itu slaahsatunya,
    Semoga tahun depan bisa berlibur untuk pertama kalinya ke Yogyakarta bersama suami, hehehee. Terima kasih udah bikin mupeng mbak,e *_*

  13. Lengkap yah bawa balita Dan lansia. Tapi hebat lhoo bisa kepantai , Karena setau Saya jalan menuju komplek pantai pantai gunung Kidul agak terjal berkelok kelok. Alhamdulilah sehat semua jadi bisa menikmati liburan yah.

  14. Kebetulan tanggal 19 November kemarin aku juga one day trip ke Jogja mbak dan yang aku kunjungi juga gak jauh-jauh dari destinasi wisata yang mbak tulis. Aku ke pantai sadranan (kalau gak salah ini namanya), Candi Prambanan dan ke Malioboro pastinya

  15. Wah seru liburan bawa anak se kakek-neneknya yaaa πŸ˜€
    Jadi kepikiran juga pengen liburan keluarga kyk gtu pasti rame, tapi emang harus menyesuaikan dengan kondisi fisik yang senior dan junior ya πŸ˜€
    Wah di Yogya ada OYO ya? Asyik nih bisa hemat biaya nginep ya πŸ˜€

  16. Kemarin waktu ke Jogja gak sempat ke pantainya huhu 😭😭 bener Mba kalau bawa balita itu memang sedikit tantangan. Tantangan gendongnya haha. Saya juga suka nginep di OYO soalnya muraj πŸ˜†

  17. Banyak ya g bisa diexplore di kota Jogya ya mba. Seumur-umur, aku punya keluarga di jogya tapi baru sekali coba nginep di sekitaran malioboro. Hanya berempat (aku, 2 bocah & eyang uti). Emang benar kita kudu pilah-pilih penginapan dan tujuan wisata. Enjoy jogya mbaa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top