Cerita HikmahNisa

Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Nasional RI

Assalamualaikum,

Sudah lama rasanya tidak membaca buku, dulu bisa satu bulan sekali, novel yang bebel-tebel dengan kisah dominan tentang mental illnes bisa aku lahap hanya dalam beberapa minggu saja. Namun setelah disibukkan di ranah domestik, rasa-rasanya membaca buku menjadi sesuatu yang perlu upaya lebih untuk dilakukan, ditambah sekarang jarang sekali membeli buku. Alasannya tentu karena belum membuat budget khusus untuk membeli buku (lagi), setelah berumah tangga dan memiliki anak, keuangan banyak dikhususkan untuk yang lebih prioritas ya tak lain tak bukan untuk keluarga.  Dan lagi kini aku sedang mengupayakan meminimalisir pembeliaan barang yang hanya dipakai sekali duakali, termasuk pada buku.

Jika memang tidak terlalu urgent, hanya akan dibaca sekali duakali saja aku lebih memilih meminjam atau membaca lewat web. Namun jika memang buku tersebut akan menjadi investasi jangka panjang, akan dibaca berulang-ulang, lebih efisien aku membelinya. Seperti beberapa buku montesori anak, karena buku tersebut bisa aku buka setiap hari untuk mempersiapkan ide main dengan Nada. Cerita tentang kegiatan anak bisa cari di kategori parenting dengan #KegiatanAnak ya.

Ya, kembali lagi ke buku, aku merasa lebih nyaman membaca lewat hardfile dibandingkan softfile. Dengan kata lain, lebih nyaman membaca buku secara langsung dibandingkan melalui web. alasannya, terlalu lama di depan screen kadang membuat pusing, dan aku seorang ibu yang mendampingi anak, sehingga untuk berlama-lama di screen baik hp atau laptop tidak terlalu baik terutama dalam memberi contoh pada anakku. Memang sih, membaca buku tapi anak usia 3 tahun ya melihat dengan kasat mata bahwa sedang main hp bukan melihat kontennya lagi baca buku di hp, walau sudah dijelaskan sedemikian rupa.

Jadilah kemarin coba-coba datang ke perpusnas dengan tujuan meminjam buku, tentu aku ikut membawa serta Bilal dan Nada. Nada anteng di lantai 7 buku khusus anak, dan aku berkeliling mencari tahu cara meminjam buku disana. Oia sebelum meminjam buku pastikan sudah memiliki kartu anggota ya, jika belum bisa cari tahu caranya disini. Yup kita lanjutkan ke tahap meminjam buku, yaitu :

  1. Search Buku yang Diinginkan

Mencari dulu ketersediaan buku yang ingin kita baca. Di lantai 2, ada area khusus untuk pendaftaran member perpusnas, nah teman-teman bisa langsung menuju jajaran komputer yang diujung untuk mencari ketersediaan buku yang ingin kita baca. Cara mencarinya :

  • Tulis kata kunci (Judul, Pengarang/subjek) lalu klik cari. Pilih koleksi yang diinginkan kalu klik disitu, maka akan terlihat detail dari buku tersebut.
  • Klik ketersediaan maka muncul keterangan tersedia, sedang dibaca, cetak info dan pesan. Jika memang buku tersebut tidak sedang dibaca oleh siapapun maka tanda pesan dapat di klik, klik pesan atau cetak info.
  • Selanjutnya scan kartu anggota atau klik via login manual jika kartu tidak dapat di scan. Caranya ; masukkan username (nomor anggota) yang tertera di kartu dan password yang dimasukkan saat mengisi form pendaftaran.
  • Setelah melakukan cetak info atau pesan, kita akan mendapatkan informasi tentang posisi buku tersebut di lantai berapa.

2. Ke Lantai Buku Tersebut Berada

Setelah proses memesan buku secara online, kita dapat langsung menuju ke lantai dimana buku yang ingin kita baca berada. Kebetulan saat itu buku yang ingin aku baca berada di lantai 12.

3. Memberikan Kartu Anggota Pada Petugas

Setelah sampai di lantai 12, petugas meminta kartu anggota dan mengecek/ memastikan buku yang kita pinjam.

4. Menunggu Dipanggil

Setelahnya kita tinggal menunggu untuk diambilkan bukunya, proses menunggunya pun sebentar waktu itu. Tak lama akupun dipanggil dan dapat menikmati membaca buku disana dengan situasi yang nyaman.


Jadi gimana? gampang kan?. Oia peminjaman buku tidak bisa dibawa pulang ya, kita harus mengembalikannya di hari itu juga. Ketika buku dikembalikan, kartu anggota kita pun akan diberikan kembali. Selamat membaca banyak buku-buku di Perpusnas.

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

4 thoughts on “Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Nasional RI

  1. Baru tau bund ada perpustakaan nasional, biasanya sih dulu kalau mengerjakan skripsi pergi ke perpustakaan daerah.

    Kelihatannya perpus nasional seperti swalayan aja ya sampai bertingkat tingkat. Oiya trims infonya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top