Cerita HikmahNisa

5 Tips Agar Anak Mau Sikat Gigi

Assalamualaikum,

Anakku Nada 3 tahun senang banget sikat gigi, bahkan sekarang setiap  selesai makan permen, es krim atau sesuatu yang manis Nada langsung meminta ditemani untuk sikat gigi, Masya Allah. Jadi hari minggu kemarin tanggal 1 Maret 2020 Nada mengikuti acara playdate di Islamic Book Fair JCC. Nah ada dokter  Eka salah seorang dokter gigi anak yang mengedukasi secara asik pada anak-anak tentang kesehatan gigi dan mulut.

Salah satu yang dokter Eka sampaikan itu jika sudah memakan atau meminum makanan manis jangan lupa sikat gigi atau jika tidak memungkinkan bisa kumur-kumur menggunakan air mineral. Setelah pulang playdate aku ajak Nada berdiskusi mengulang atau mereview apa saja yang Nada dapatkan/pelajari disana dan semenjak itu semakin semangat pakai banget sikat giginya, alhamdulillah. Lalu pertanyaannya, Nada diajari sikat gigi usia berapa? pernah tidak susah atau menolak untuk sikat gigi?. Nah akan aku ceritakan di tulisan ini sekaligus tips-tips sesuai ilmu dan pengalamanku ya.

  • Kapan Anak Diajari Sikat Gigi?

Aku dan Bilal mengenalkan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut sejak dini sekali, katakanlah semenjak Nada memiliki gigi pertamanya. Awal mula tentu dikenalkan dengan sounding atau memberi  penjelasan tentang sikat gigi secara sederhana, rasanya bayi belum mengerti ya, namun aku percaya ia mengerti. Well hal apapun aku selalu sounding pada Nada sekecil apapun dia waktu itu aku yakin dia paham/akan paham. Termasuk pada proses menyapih, toilet training bahkan hal-hal sepele ketika kita akan pergi naik kereta atau kemanapun sebelumnya pasti aku sounding dulu. Ceritaku tentang menyapih Nada dengan metode weaning with love dengan lancar dan mudah bisa baca disini ya dan cerita tentang proses toilet training Nada yang alhamdulillah lancar juga bisa dibaca disini, ok 🙂 .

Setelah Nada berusia 1 tahunan, yang intinya ia sudah bisa memegang sikat gigi walau belum sempurna, dari situ aku mulai mengenalkan ‘sikat gigi sendiri’ walalu praktiknya tentu aku atau Bilal yang bantu menyikatkan giginya.

  • Pernah Tidak Nada Susah Diajak Sikat Gigi?

Jawabannya tentu pernah, pernah banget, hehe. Namanya anak-anak ya, ini berlangsung diawal-awal ketika pengenalan sikat gigi, karena anak perlu adaptasi dengan bulu-bulu sikat gigi dan odolnya, sehingga banyak anak yang menolak sikat gigi merasa geli, risih, aneh, yang intinya tidak nyaman. Lalu bagaimana solusinya agar anak mau sikat gigi?, berikut tipsnya :

  1. Sounding : Memberi penjelasan pada anak tentang pentingnya menjaga kebersihan gigi dan mulut salah satunya dengan rutin menyikat gigi. Penjelasan yang diberkan tentu dibuat sesederhana mungkin agar anak menangkap poin-poin nya. Biasanya aku sounding ketika Nada dalam posisi nyaman seperti sedang disusui, di gendong atau ketika mau tidur.
  2. Memberi Contoh : Anak peniru ulung, dia akan lebih menerima diberi contoh dibandingkan diberi perintah. Jadi kami rutin setiap hari untuk memperlihatkan aku dan Bilal sikat gigi, biasanya ketika Nada sedang mandi pagi kami ajak sikat gigi sambil kami-pun ikut sikat gigi (memberi contoh) dab ketika mau tidur kami usahakan untuk bersama-sama ke cuci tangan cuci kaku dan sikat gigi bersama. Jika Nada tidak mau bagaimana? it’s oke, tidak apa-apa biarkan dia melihat kita saja yang enjoy menyikat gigi.
  3. Tidak Memaksa : Jadi ketika Nada tidak mau dibiarkan gitu? iya kami tidak memaksa, karena paksaan membuatnya semakin tidak mau melakukan. Jadi kami sounding dan beri contoh terus saja tanpa memaksanya. Ketika dia mau ikut sikat gigi kami apresiasi dengan menggunakan kata-kata pujian positif.
  4. Kenalkan dengan Cara yang Menyenangkan : Banyak sekali cara yang bisa dilakukan dalam mengajak anak mau sikat gigi, bisa dengan buku, mendongeng, video edukatif, dsb. Sekarang banyak sekali buku aplikatif untuk mengenalkan kebersihan gigi untuk bayi dan balita. Aku dan Bilal lebih banyak menggunakan dongeng dengan boneka tangan dan nyanyian.
  5. Konsisten : Lakukan langkah-langkah diatas secara konsisten dan terus menerus, jangan mudah menyerah ketika anak menolak. Semangat ayah ibu :).

Tambahan ilmu dari dokter Eka di acara playdate kemarin jika ayah ibu bisa mengontrol makanan dan minuman manis seperti permen, es krim dan coklat yang dominan kesukaan anak-anak ini agar tidak dikonsumsi secara berlebihan oleh anak. Dan setelah makan atau minum yang manis jangan lupa sikat gigi atau paling tidak berkumur dengan air mineral. Oia, pemakaian odol juga jangan berlebih, untuk anak-anak cukup sebiji jagung saja, dan sikat gigi selama 2 menit, 1 menit gigi atas dan 1 menit lagi gigi bawah.

Tentang keseruan event kemarin, Nada bercerita di akun instagram @CeritaQ.Nada , Di akun tersebut aku khusus membahas dan bercerita tentang perjalanan mendampingi Nada, tentang tumbuh kembang Nada, terdapat tips-tips parenting juga, yuk kita follow-followan bu, :).

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

6 thoughts on “5 Tips Agar Anak Mau Sikat Gigi

  1. Anakku yang pertama dan kedua giginya reges padahal rajin sikat gigi hampir tiap malam. hiksss.. mungkin kurang bersih kali yaa.. anak ketiga mudah2an bagus. tks infonya ya mbaaa.. salam kenal 🙂

    1. iya mba mungkin juga, memang tetap perlu dibantu sampai anak usia 6 tahun karena motoriknya belum siap begitu mba info yang saya dapat dari dokter Eka. salam kenal juga ya mba, terimakasih sudah berkunjung kesini

  2. anak keduaku agak susah krn dia turunan suamiku kalau sikat sudah masuk ke mulut pasti uek2 kayak mau muntah

  3. Anakku termasuk gampang jg pas diajarin sikat gigi mba. Beberapa cara yg aku lakuin selain cara2 di atas, dengan ngebeliin dia sikat gigi anak yg designnya banyak yg lucuuuk :D. Naaah mereka jd suka tuh, dan semangat sikat giginya. Utk odol aku jg cari yg kesukaan mereka, biasanya yg rasa buah . Tapi ada 1 cara juga, yg mungkin dihindari Ama ibu2 lain. Aku jg bbrp kali nunjukin gambar2 gigi yg ga sehat akibat ga gosok gigi. Akibatnya apa, bentuk gigi rusak Giman, jd jujur aja mereka jg ga kepengin gigi mereka seperti itu. Dan jd LBH semangat gosok giginya. Tapi aku ngerti ada beberapa ibu yg ga mau pake cara nakut2in begini. It’s ok.. toh tergantung cara masing2 ibu. Yg ptg si anak mau sikat gigi toh 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top