Cerita HikmahNisa

Menyiapkan “Peaceful Place”, Give to Given dengan Buddy Sistem, Jurnal 8 Kelas Ulat-Ulat Bunda Cekatan

Assalamualaikum,

Rasanya setiap minggu selalu penuh kejutan dan tantangan di kelas bunda cekatan ini, hal-hal ini membuat semakin excited. Walau pada prakteknya masih banyak sekali kekurangan aku dalam menjalani perkuliahan ini, terutama pada chat dan materi yang jarang sekali bisa menyimak dengan on time, termasuk pekan ini. Tiba-tiba aku dilamar oleh mba Iid dari regional Padang yang memang sebelumnya juga kita sempat berbagi cerita tentang makanan-makanan kita masing-masing.

Pas dilamar, agak bingung juga karena belum menonton video materi dari bu Septi, besoknya baru sempat menyimak dan alhamdulillah merasa bersyukur sekali langsung ada yang melamar dan kita bisa langsung berbagi aliran rasa satu sama lain. Disini aku akan menceritakan aliran rasa yang mba Iid dan aku alirkan satu sama lain selama di kelas ulat-ulat ini.

Jadi makanan utama mba Iid adalah manajemen waktu dan manajemen emosi. Mba Iid seorang ibu pekerja yang merasa butuh mengelola waktu agar seimbang antara ranah public dan ranah domestik, lalu mba Iid juga merasa emosinya sensitif dan mudah tidak terkontrol terlebih pada anak-anak. Mba Iid merasa selama di kelas ulat-ulat ini banyak sekali informasi yang sesuai dengan makanan utamanya, mba Iid juga sudah mempraktekan beberapa diantaranya seperti metode podomoro dalam pekerjaan di kantor, menerapkan 25 menit fokus, 5 menit istirahat. Ini sangat membantu tetap fokus walau bosan membuat laporannya. Dalam kelas manajemen emosi mba Iid sudah menerapkan sadar nafas, sehingga bisa lebih tenang.

Dari hal-hal yang dipelajari mba Iid merasa konsisten untuk mempraktekannya yang sulit, namun demikian mba Iid terus berusaha dalam menerapkan ilmu-ilmu yang didapat tersebut. Mba Iid juga butuh ilmu tentang food preparation sebagai ibu bekerja, agar masak lebih cepat dan ringkas, meminimalisir makan diluar juga agar lebih hemat dan sehat tentunya. Lalu mba Iid juga mengatakan ingin sekali tahu tentang karakter-karakter manusia agar bisa lebih siap dalam menghadapi atau berinteraksi dengan mereka. Karena mba Iid merasa mudah emosi atau sensitif sedangkan sehari-hari mba Iid harus berinteraksi dengan banyak orang terlebih dikantor.

Dari cerita mba Iid, akhirnya aku menyiapkan bekal sesuai dengan kebutuhan mba Iid yaitu :

  • Food Preparation : yang aku dapatkan dari kelas kerumahtanggan kemarin
  • 4 Jenis Kepribadian Manusia : Ini aku dapatkan dari artikel popmama.com
  • Manajemen Emosi dari Sudut Pandang Psikologi Islam : ini aku buat sendiri dari berbagai sumber.

Alhamdulillah responnya mba Iid sangat suka dengan bekal yang aku kasih. Sekilas cerita tentang aliran rasa aku selama di kelas ulat-ulat ini, bahwa pertama aku sangat berbahagia karena banyak jalan ilmu aku dapatkan dari ibu profesional. namun hambatannya memang pada diri aku yang masih harus belajar manajemen waktu dan manajemen gadget. Karena jujur, banyak sekali chat yang terlewat yang boleh jadi itu penting, menyimak materipun jarang sekali bisa on time. Ya, ini memang PR aku selanjutnya untuk bisa lebih baik.

Dari jurnal terakhir di kelas ulat-ulat ini aku merasa tugas ini melatih rasa empati pada diri sendiri, melatih diri untuk bisa paham kebutuhan orang lain dan memberikan yang terbaik yang kita mampu sesuai kebutuhan orang tersebut. Bahagianya saling beri memberi satu sama lain. Thanks you Ibu Profesional šŸ™‚

 

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top