Cerita HikmahNisa

Antara Kesulitan dan Kemudahan, Beda Tipis!

Assalamualiakum,

Mungkin, hampir seluruh manusia saat ini sedang diuji terlebih karena dampak virus corona ini. Membaca dan mendengar beberapa berita jika perekonomian menurun drastis. Banyak perusahan yang gulung tikar, berdampak karyawannya yang kehilangan pekerjaan. Pekerjaan tetap yang selama ini membuat ‘tenang’, penghasilan tetap yang selama ini jadi ‘pengangan’, kini hilang seperti debu terbawa angin.

Disisi lain, aku mengamati beberapa rekan dan sanak saudara yang tidak tentu penghasilan, nyambi dari berbagai bidang, tidak punya pekerjaan tetap. Baru saja bulan lalu sesak karena ekonomi, cicilan dan utang pitutang tiba-tiba sekarang melenglang dengan bisnis masker, handsnitizer dan APD.

Huh, menghela nafas panjang.. lalu flasback tentang apa-apa yang telah terjadi pada diriku juga. Beberapa bulan lalu pernah berada dalam posisi sulit, namun tak lama berubah dengan sebuah kemudahan yang amat sangat. Saat itu merasa Allah sangat mudah mengubah posisi sulitku menjadi mudah, benar-benar mudah. Seperti membalikan telapak tangan, sekejap bisa berubah.

Nyatanya memang kesulitan dan kemudahan itu sangat tipis. Kebahagiaan dan kesengsaraan (menurut kita) itu berdampingan. Mudah sekali cara Allah mengganti kemudahan dengan kesulitan, begitupun sebaliknya.

Setiap kesulitan pasti ada kemudahan, setiap kita berjuang selalu ada jalan keluar. Ya! Kaum menengah sudah kehabisan uang ditengah bulan, efek #dirumahaja. Membuat mereka memutar otak, menghalau ‘gengsi’, kembali membuka lapak secara online.

Bukan masalah boros, tidak bersyukur, dsb. Tapi masalah ini justru membuat kita bergerak.. mungkin saja lebih produktif dari biasanya. Keadaan ini membuat kita belajar bahwa, tidak ada yang kekal. Pekerjaan tetap tidak kekal, penghasilan perbulan tidak kekal, kesehatan dan nyawa jelas tidak kekal.

Yang kekal hanyalah “jiwa juang”, pribadi pejuang yang kembali bangkit, kembali memutar otak, kembali maju menjalankan tugas dari Rabb-nya yaitu BERUSAHA.

Kadang kita memang lupa bahwa tugas kita hanya sebatas usaha. Diiringi dengan doa dan tawakal kepadaNya. Biarkan Dia yang menggengam semua, mengatur semua yang baik-baik untuk kita.

Usaha yang baik, menghasilkan nilai yang baik walau tak jarang tidak sama dengan hasil namun pasti akan sama dengan ‘value’ yang kita dapatkan dari hasil ‘belajar’. Dari usaha, gagal, kecewa, bahagia, yang kita dapatkan selama hidup.

Ya.. selama hidup, masalah akan muncul selama kita masih hidup. Selama kita masih diberi kesempatan bernafas, mari berjuang mencapai kemenangan, Fallah!. Kemenangan atas RidhoNya.

Jika saat ini kita sedang mengalami kesulitan, yakin sebentar lagi kemudahan akan datang. Hingga tak putus harapan kita, tak loyo semangat kita.

Jika saat ini kita sedang mengalami kemudahan, waspada karena mungkin saha sebentar lagi kesulitan akan datang. Hingga tak angguh diri kita, tak lantas menjadi sombong pribadi kita.

Sabar dan syukur semoga selalu mengiringi setiap langkah kita dalam menjalani liku kehidupan yang fana ini.

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

3 thoughts on “Antara Kesulitan dan Kemudahan, Beda Tipis!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top