Cerita HikmahNisa

Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Usia Dini dengan Read Aloud

Assalamualaikum,

Apa kabar teman-teman semua? semoga sehat selalu ya. Kita masih berjuang di masa pandemi covid-19 ini, salah satunya berjuang menemani anak-anak belajar dan bermain dirumah. Well, aku sempat berfikir apakah Nada akan homeschooling saja denganku dirumah?, sebelumnya tidak pernah terlintas untuk HS karena jujur gak sanggup. Walau Nada memang belum masuk usia sekolah, dengan melihat kondisi begini yang entah sampai kapan (tetap berharap segera berlalu), kondisi-kondisi dimana kita harus bisa mengantisipasi. Aku jadi terlintas untuk belajar HS. Sekarang mau gak mau, suka gak suka orang tua dirumah dituntut jadi guru, jika mengandalkan sekolah/guru saja sangat mungkin anak-anak akan tertinggal dan terlebih sayang banget dengan ‘masa’-nya mereka yang otaknya sedang berkembang pesat.

Walau belum pasti dan masih terus menguatkan diri mau HS atau enga yang jelas aku akan berproses, terus belajar. Salah satu hal yang paling simpel dan mendasar adalah mengenalkan anak agar suka membaca, untuk mencapai suka membaca tentu harus suka dulu terhadap buku-nya. Salah satu metode yang menyenangkan untuk menumbuhkan suka membaca pada anak-anak adalah Read Aloud.
Mungkin teman-teman sudah banyak yang tau ya, Read Aloud ini membacakan buku pada anak-anak dengan suara keras. Tapi gak sebatas itu lho…
  • Read Aloud adalah…
Dalam artikel Kemendikbud, Read Aloud merupakan salah satu metode membacakan buku untuk anak.Metode ini diperkenalkan oleh Jim Trelese dalam bukunya The Read Aloud Handbook. Read Aloud juga merupakan metode mengajarkan membaca yang paling  efektif untuk anak-anak karena dengan metode ini kita bisa mengkondisikan otak anak untuk mengasosiasikan membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan.  Juga menciptakan pengetahuan yang menjadi dasar bagi si anak, membangun koleksi kata/kosakata (vocabulary), dan memberikan cara membaca yang baik (reading role model).
  • Read Aloud untuk Anak Usia Dini
Saat usia emas (golden age), yaitu usia 0-5 tahun, otak anak seperti spons, ia akan dapat menyerap dengan sangat cepat. Dengan potensi yang sedemikian hebat itu, maka mengenalkan anak untuk membaca di usia dini tentu baik, asalkan dengan cara menyenangkan. Jangan sampai memaksa, membuat anak merasa terbebani sehingga ia stres. Poin utamanya adalah yang dilakukan bukan membuat anak bisa membaca, tapi membuat anak suka membaca.
Read aloud menjadi salah satu solusinya. Membacakan buku pada anak dengan suara yang nyaring dan jelas, sangat baik dikenalkan pada anak sejak usia dini, bahkan sejak semester ke-3 kehamilan. Semakin dini buku diperkenalkan, maka hasilnya akan semakin optimal dalam upaya menumbuhkan kecintaan anak pada buku dan bonusnya anak akan bisa membaca dengan sendirinya.
Read Aloud juga dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Biasanya sebelum tidur, selagi menunggu, diperjalanan, dsb. Yang utamanya memang frekuensi dan konsistensi melakukan read aloud. Rutinitas  adalah kunci utama keberhasilannya.
  • Manfaat Read Aloud
Manfaat read aloud antara lain dapat membangun keterampilan literasi  melalui pengenalan bunyi, intonasi, kemampuan mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Read Aloud juga membantu anak menambah kosa kata, terutama kosa kata bahasa buku yang dipergunakan untuk membaca. Kedekatan orang tua dengan anak juga bisa dicapai karena anak terbiasa dengan suara orang tua dan terdapat ‘skin to skin contact’ ketika membacakan cerita, serta terdapat juga kedekatan dengan buku. Orang tua yang membacakan cerita kepada anak juga langsung menjadi contoh membaca bagi anaknya (reading role model).
Bagaimana teman-teman sudah mencoba metode ini untuk anak-anak? 🙂
Sumber : Kemendikbud.go.id

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

2 thoughts on “Menumbuhkan Minat Baca pada Anak Usia Dini dengan Read Aloud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top