Cerita HikmahNisa

Tips Rumah Tetap Rapi Walau Memiliki Balita

Assalamualaikum,

Hai apa kabar teman-teman dengan stay at home nya? semoga masih waras ya, hihi. Insya Allah semua dinikmati, dijalani, semua pasti ada hikmah dan berkah Allah jika kita mau berbaik sangka dengan semua ketetapan Allah. Beberapa minggu lalu ada salah seorang ibu yang curhat tentang bagaimana ia senang sekali kerapihan namun semenjak memiliki anak balita terasa nyesek karena rumah hampir tidak pernah bisa rapi. Ini menyebabkan serinngnya ia naik pitam karena sebel dan tidak happy. Lalu meminta sharing caraku agar tetap waras dirumah dengan idealisme vs realita ini, hihi.

Sebenarnya dulu akupun merasakan hal yang sama, ditambah aku dan suamiku memang menyukai kerapihan. Ketika memiliki Nada yang sudah mulai aktif, tentu saja kami dilema. Jika terus-terusan melarang, bagaimana Nada bisa bereksplorasi, bukankah memang ini waktu yang terbaik bagi dirinya untuk belajar banyak atas segala keingintahuannya. Disatu sisi, aku kadang sampai badmood karena rumah berantakan, tentu! kerapihan mempengaruhi mood terkhusus untukku. Akhirnya aku mulai belajar, mencari tahu dan alhamdulillah sudah mendapatkan solusi yang cocok untuk situasi dan kondisi rumah dan keluarga.

You Win I Win Solution

Istilah ini aku dapat dari Ibu Septi, Founder Institute Ibu Profesional. Ganti win win solution dengan you win i win solution. Kita sama-sama cari solusi bersama biar sama-sama nyaman dan bahagia. Bukankah memang rumah sebagai empat ternyaman untuk pulang, istritahat dan berkegiatan bersama orang-orang tersayang?. Rumahku syurgaku, mari bantu semua anggota keluarga untuk sama-sama nyaman dirumah. Beberapa solusi yang aku ambil, diantaranya :

  • Menyediakan Ruang Bermain Khusus 

Sediakan ruang bermain khusus untuk anak-anak bereksplorasi. Tempatkan mainan dan buku anak di tempat yang mudah ia jangkau dan masih di lingkup ruang bermain khusus tersebut. Jadi hanya ruang itu yang akan acak-acakan seharian, wkwk. Ini akan sangat membantu baik untuk anak dan untuk kita juga sebagai orang tua agar tetap happy dan menikmati ruang kita masing-masing.

  • Menyediakan Ruang yang Selalu Rapi

Jika memang rumah tidak terlalu luas untuk menyediakan ruang khusus bermain untuk anak. Kita bisa buat strategi untuk menyediakan minimal 1 ruangan khusus yang ruang itu selalu rapi atau tidak dijadikan tempat main anak-anak misalnya kamar. Ini juga akan membantu kita untuk tetap merasa nyaman dan membutuhkan ruang rapi untuk tenang.

  • Membuat Kesepakatan dengan Anak

Kesepakatan dengan berdiskusi dan sounding terus menerus pada anak-anak, tentu juga dengan memberikan alasan konkrit pada mereka. Seperti, boleh memainkan mainan lain setelah mainan yang sudah dimainkan dirapihkan dan disimpan ditempatnya kembali. Atau boleh main dengan teman-teman diluar tapi tidak masuk ke kamar, dsb. Kesepakatan ini bisa disesuaikan dengan kondisi rumah dan keluarga masing-masing.

Alhamdulillah, beberapa poin ini sudah aku terapkan, tentunya rumah menjadi semakin nyaman baik aku, suami juga Nada. Kami bekerjasama untuk saling menghargai dan membahagiakan. Insya Allah, aamiin yra.

 

 

 

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

2 thoughts on “Tips Rumah Tetap Rapi Walau Memiliki Balita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top