Cerita HikmahNisa

Tips Membuat Kegiatan Anak ketika Sedang Pergi atau Melakukan Kunjungan

Assalamualaikum,

Hai, apa kabar teman-teman semua? Semoga sehat selalu ya. Alhamdulillah akhirnya aku bisa ke Bandung dan temu kangen dengan keluarga tercinta. Allah memang selalu memberikan kejutan luar biasa dalam hidu, rencanaNya memang selalu lebih indah dibandingkan rencana yang sudah kita buat.

Baca juga : Menumbuhkan Fitrah Keimanan pada Anak

Hari ini akan mencoba membahas tentang kegiatan Nada ketika sedang stay di Bandung, berkunjung ke rumah abah ambu-nya dalam waktu lumayan lama sekitar 1-2 minggu. Biasanya kalau ke Bandung aku lebih prefer ke bermain dan belajar diluar sih, seperti ; ke tempat wisata, ke rumah saudara, atau sekedar jalan-jalan. Namun sekarang ini berbeda, karena pandemic walau sudah du Bandung kami tetap usahakan stay at home saja. Jadi bermain dan belajar tetap didalam rumah.

Nah, apa saja sih peralatan bermain sambil belajar yang biasa aku bawa? Repot gak bawanya? Terus kegiatannya kayak apa yang dibuat?.

Karena memang peralatan lengkap untuk bermain ada di Jakarta jadi aku mengefisienkan kegiatan bermain di Bandung nanti agar tidak terlalu banyak membawa peralatan, dengan cara berikut :

πŸ’• Membuat jadwal bermain selama disana, sesuaikan dengan lama stay disana lalu sesuaikan dengan kondisi disana. Seperti sekarang, aku rencana 1minggu di Bandung dan 1 minggu di Majalaya. Untuk kegiatan di Bandung akan lebih banyak dirumah namun untuk kegiatan di Majalaya aku bisa eksplor dengan kergiatan di alam, seperti ; belajar struktur pohon, bercocok tanam sederhana, memetik cabai, menghitung krikil, dsb.

πŸ’• Jika masih ada waktu bisa membersiapkan bahan-bahannya. Misalnya, 1 minggu di Bandung akan stay at home jadi aku membuat jadwal dan menyiapkan bahan di Jakarta sebelum berangkat ke Bandung. Namun jika pergi mendadak tidak sempat mempersiapkan bahan ajar ya tidak masalah kita bisa buat disana dengan kegiatan sederhana saja.

πŸ’• Membawa bahan permainan yang sudah dibuat/dilakukan minggu lalu namun anak masih tertarik untuk memainkannya. Ini salah satu solusi juga jika memang pergi dadakan sehingga tidak sempat membuat jadwal atau mempersiapkan bahan ajar. Bisa membawa bahan permainan yang sudah digunakan, pilihkan yang kira-kira anak masih senang memainkannya.

πŸ’• Membawa bahan dan peralatan inti. Tidak banyak ko, bahan dan alat yang bida membantu kita membuat bahan ajar secara dadakan. Ide kegiatannya banyak sekali sekarang dari media sosialpun banyak. Jadi apa saja peralatan yang aku bawa?

1. Gunting

2. Lem kertas

3. Kertas kosong/ hvs

4. Kertas lipat

5. Spidol

6. Crayon, 1-5 warna saja

7. Aksesoris main, beberapa saja

8. Buku, 3 buku saja

Alat dan bahan yang dibawa.

Alat dan Bahan ini yang selalu aku bawa ketika pergi atau kunjungan cukup lama sekitar minimal 1 mingguan. Namun jika 2-3 hari biasanya aku cukup membawa buku cerita bacaan untuk Nada saja. Alat dan bahan ini tidak berat dan tidak repot untuk membawanya. Oia jangan lupa simpan di 1 tempat khusus agar tidak sulit mencarinya.

Dijadikan 1 plastik, tidak berat dan repot kok bawanya 😊.

Lalu selanjutnya, buat kegiatan sederhana saja. Jika tidak membuat rencana ya biasanya mau tak mau aku dadakan buatnya. Seperti hari ini, aku menawarkan Nada membuat es krim dari kertas 😁. Nada mau coba ya udah langsung eksekusi deh..

Alat dan bahan ; gunting, lem kertas, kwetas hvs/ kertas kosong, kertas warna atau kertas lipat.

Proses membuat es krim dari kertas 😊

Bikinnya gampang sekali, tinggal kita gambar aja es krimnya. Lalu minta anak untik menggunting kecil-kecil kertas lipat, mengelem es krimnya lalu menempelkan kertas lipat yang sudah di gunting. Mudah kan 😊.

Taraa.. jadi deh 😍

 

 

About Hikmahnisa.com

Hallo, senang berbagi ilmu dan pengalaman bagaimana menikmati peran menjadi seorang anak, istri dan ibu. Blog ini akan berisikan tulisan seputar parenting, merriage and family. Terimakasih sudah mampir, jangan lupa tingalkan komentar yang baik. Contact : hikmahkhaerunnisa@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll To Top