Story HikmahNisa

Perpustakaan Serasa Mall

Assalamualaikum,

Banyak ibu pekerja yang memilih weekend dihabiskan bersama keluarga dan anak-anak di rumah sambil istirahat dari penatnya pekerjaan kantor di hari biasa. Berbeda lagi dengan kebanyakan ibu rumah tangga, penatnya sehari-hari bersama tembok didalam rumah, hehe di weekend biasanya memilih untuk keluar rumah untuk refreshing. Yup, begitupun dengan saya, maksimal 2 minggu sekali harus deh weekend itu dihabiskan dengan jalan-jalan keluar rumah. Bahkan sudah 1 bulan ini, setiap weekend pasti kami keluar rumah. Alhamdulillah, utamanya yang penting anak-anak dan anggota keluarga sehat semua 😊.

Menghabiskan akhir minggu dengan jalan-jalan tidak harus ke tempat mahal. Saya dan keluarga cukup dengan wisata yang murah meriah saja, yang penting cukup me-refresh kami dan anak-anak juga happy. Salah satu tempat andalan jalan-jalan kami di Jakarta bukan mall, malah selama hampir 3 tahun di Jakarta belum semua mall yang dekat-dekat dikunjungi, yang dekat-dekat saja belum apalagi yang jauh πŸ˜….

Tempat andalan jalan-jalan kami di Jakarta adalah Perpustakaan Nasional RI, ini Perpustakaan serasa mall, kece banget deh 😍.

Jatuh Cinta Pada Kunjungan Pertama

Nada pertama kali ke Perpusnas

Awal berkunjung ke Perpusnas ini saya sudah langsung jatuh cinta πŸ’™. Dari jaman kuliah saya memang suka banget ke perpustakaan dan toko buku, tempat untuk me time paling tokcer bagi saya.

Jadi awal berkunjung ke Perpusnas ini bersama teman yang sama-sama memiliki anak seusia Nada dan sama-sama merantau di Jakarta. Kesan pertama langsung jatuh cinta, hehe. Waktu itu langsung bergumam dalam hati, kalau tempat ini cocok banget buat me time dan menulis dengan tenang dan hati yang bahagia, ahh.. πŸ’•

Waktu itu Nada baru bisa jalan, dan Masya Allah happy banget jalan-jalan, baca buku, lari-lari, duduk, dan eksplor semua yang ada disana 😍.

Kunjungan kedua bersama teteh Afnan

Kunjungan kedua kali saya ajak Suami dan keponakan (teteh Afnan) yang kebetulan sedang menginap dirumah. Pagi-pagi sekali kami ke monas dulu sambil olahraga pagi dan sepedaan dengan aplikasi gowes, setelah puas olahraga dan jalan-jalan di monas kami menyebrang dan jalan sebentar untuk menuju perpusnas.

Suami dan keponakan pun terlihat sekali jatuh cinta pada pandangan pertama #tsaahh. Fasilitasnya komplit sekali, dari mulai kantin, atm center, mushola, dsb. Semuanya nyaman dan aman, betah banget berlama-lama disini 😊.

Weekend Kemarin Kesana Lagi

Nada dan Ayah πŸ’•

Libur sekolah sudah mulai memasuki minggu terakhir, teteh Afnan (keponakan) pas sedang menginap dirumah. Ketika hari Kamis dia baru datang, langsung bilang :

“Mang Iyay, Ateu Neng, kita ke Perpusnas lagi yuk”. Wih ternyata teteh Afnan ketagihan juga loh ke Perpusnas, hehe.

“Iya ayu, Insya Allah sabtu kita kesana ya” jawab suami saya.

Sabtu pagi teteh Afnan mandi paling pagi gak sabar mau ke perpusnas, hehe. Kami memutuskan ‘ngeteng’ pakai kendaraan umum, biasanya naik transportasi online yang langsung sampai di depan perpusnas. Kali ini kami memilih mencoba pengalaman baru dengan naik busway dan angkot dari kebon Jeruk. Rute nya kami menggunakan aplikasi Trafi download di playstore.

 

  • Perjalanan Kebon Jeruk – PerpusNas

 

Jalan kaki menuju angkot, naik angkot turun di halte busway Kebon Jeruk, naik busway sampai halte Harmoni, transit.. naik lagi busway ke arah Pulo Gadung, turunnya di halte Balai Kota, terakhir jalan kaki dari halte ke Perpusnas.

Dari halte Balai Kota menuju Perpusnas

Alhamdulillah anak-anak menikmati perjalanan pakai kendaraan umum. Sesampainya di Perpusnas kami menyimpan dulu tas di loker, oia yang bawa laptop dipinjamkan tas untuk membawa laptop nya juga ko 😊.

Kami langsung menuju ke lantai 7, lantai khusus membaca anak-anak. Nada dan teteh Afnan langsung deh asik membaca dan main disana. Ternyata sekarang sudah tersedia juga komputer, namun untuk login nya harus mendaftar member terlebih dulu.

 

  • Pembuatan Kartu Member di Perpusnas

 

Mengisi data diri secara online

Saya memutuskan untuk mendaftar jadi member, karena pasti akan sering juga berkunjung kesini dan bisa mendapatkan fasilitas member seperti dapat meminjam buku dan dapat menggunakan komputer disana.

Menunggu untuk cetak kartu member

Proses pendaftaran membernya juga cukup pesat, pertama mengisi dulu data diri secara online sesuai kartu identitas (KTP/SIM), disana disediakan banyak sekali komputer untuk mengisi data diri secara online. Setelah selesai mengisi data diri otomatis sudah terdaftar member, hanya saja ada pilihan akan mencetak kartu sekarang atau nanti, saya memilih sekarang dan otomatis akan keluar nomor antrian untuk cetak kartu di customer service.

Waktu itu cukup banyak pengunjung sehingga mengantri cukup panjang, namun tak begitu lama karena loket CS ada banyak dan proses cetak maupun cepat, ada foto di tempat juga seperti pembuatan SIM 😊.

Sudah jadi member.. yey!

Senangnya ketika sudah mendapat kartu member, Nada dan teteh Afnan bisa mencoba permainan-permainan edukasi yang ada di komputer πŸ€—.

Aturan menggunakan komputer

Waktu emang gak kerasa ya, sudah masuk waktu dzuhur tiba-tiba Nada menghampiri saya dan berkata ;

“Bu makan, Nada lapar”. Sambil pegang perut,hehe. Keasikan main lalu diingatkan sama alarm alami, hehe.

Akhirnya kami memutuskan untuk makan dan lanjut ke Bogor, mengantar teteh Afnan pulang 😊.

Perpustakaan Nasional RI

Penitipan tas di lantai 1

Teman-teman yang mau berkunjung ke Jakarta bisa berkunjung ke Perpusnas juga di alamat :

Jl. Medan Merdeka Selatan no.11 Jakarta, 10110. Buka Senin-Minggu, kecuali hari libur nasional dan cuti bersama.

Perpusnas terdiri dari 24 lantai dan rasakan sensasi nya berada di lantai 24 sambil melihat monas 😍.

Nada dan Itsa di lantai 24 PerpusNas

Bagaimana teman-teman tertarik satang kesini? Atau bagi yang sudah pernah, bagaimana kesannya?

Perpusnas Lantai 7

Senang berbagi πŸ’•

Buka Puasa dengan Apa?

Assalamualaikum,

Berpuasa artinya menahan diri dari lapar, dahaga dan hawa nafsu. Berpuasa melatih diri menjadi pribadi yang sabar dan taat. Sabar untuk tidak makan, minum, marah dan segala perbuatan buruk. Segala hal bentuk menahan diri ini yang akan tumbuh menjadi ketaatan. Ketaatan pada Allah, atas segala aturan yang Allah beri, salah satunya mengenai ibadah puasa ini.

Read more

Anak-Anak Berbakti sampai Akhir Hayat. Apa Rahasianya Kek?

Assalamualaikum,

Pagi itu, seperti biasa saya menikmati kesibukan domestik. Mesin sedang menggiling cucian-cucian kotor, saya melihat untuk memastikan airnya cukup untuk setumpuk baju kotor yang sedang digiling. Tatapan saya tak sepenuhnya mengamati cucian, pikiran dan hati saya tak disini. Tak lama saya aktifkan smartphone, muncul banyak message dari whatsapp. Dari sekian banyak massage hanya pesan dari mamah yang saya langsung buka. Saya membaca dengan jantung berdetak lebih kencang.

Read more

Scroll To Top