Story HikmahNisa

​BUNDA sebagai AGEN PERUBAHAN

Sebelum menyampaikan NHW terakhir di kelas martikulasi ini, ijinka  saya mengungkapkan aliran rasa selama belajar di kelas Martikulasi IIP.

 Bersyukur sekali ALLAH pertemukan saya dengan IIP ini, banyak sekali ilmu yang memang harus dikuasai oleh seorang ibu.
Di kelas Martikulasi ini saya belajar dari Nol untuk memetakan kembali hidup saya, mau kemana, akan bagaimana dan harus seperti apa.

Saya jadi terbimbing dan lebih terstruktur dalam memanage kehidupan saya saat ini.
Ketika akan melakukan sesuatu, ada semacam rem yang membuat saya harus berfikir ulang, manfaat tidak, baik tidak, mulia tidak.

Semenjak ikut IIP ini, saya merasa jadi orang yang tidak tahu apa-apa, apalagi berdiskusi dengan ibu-ibu hebat luar biasa. Tambah deh minder, duh ilmu aku ga seberapa, ga ada apa-apanya.
Hal ini yang menyebabkan teruuss ingin tau, ingin belajar. Masya Allah..

Dan sekarang NWH terakhir di kelas Martikulasi, moga saya terus bisa konsisten belajar di IIP ini sampai tuntas. Amiin

Alhamdulillah udab masuk NWH terakhir, moga bisa memberikan yang yang terbaik buat diri sendiri, keluarga dan orang sekitar. Siap jadi Ibu agen perubahan, bismillah.. 😊

Sedikit Review materinya :

*PASSION + EMPHATY = SOCIAL VENTURE*

Social venture adalah suatu usaha yang didirikan oleh seorang social enterpreneur baik secara individu maupun organisasi yang bertujuan untuk memberikan solusi sistemik untuk mencapai tujuan sosial yang berkelanjutan.

Sedangkan social enterpreneur adalah orang yg menyelesaikan isu sosial di sekitarnya menggunakan kemampuan enterpreneur.

Sehingga bunda bisa membuat perubahan di masyarakat diawali dari rasa emphaty, membuat sebuah usaha yang berkelanjutan diawali dengan menemukan passion dan menjadi orang yang merdeka menentukan nasib hidupnya sendiri.

Hal ini akan membuat kita bisa menyelesaikan permasalahan sosial di sekitar kita dengan kemampuan enterpreneur yang kita miliki. Sehingga untuk melakukan perubahan tidak perlu menunggu dana dari luar, tapi cukup tekad kuat dari dalam.

Mulailah dari yg sederhana,  lihat diri kita, apa permasalahan yg kita hadapi selama ini, apabila kita bisa menyelesaikan permasalahan kita, dan membagikan sebuah solusi, bisa jadi ini menjawab permasalahan yg dihadapi oleh orang lain. Karena mungkin banyak di luar sana yg memiliki permasalahan yg sama dengan kita.

Setelah selesai dengan permasalahan kita sendiri, baru keluar melihat isu sosial yg ada di sekitar kita.

Berikut #NWH9 saya :

_Everyone is a Changemaker_
( Setiap orang adalah agen perubahan)
#NWH9

Hikmah.nisa

MISI HIDUP DAN PRODUKTIVITAS

​A. Dalam Nice Homework kali ini diminta ambil salah satu dari ranah aktivitas yang sudah di tulis di kuadran SUKA dan BISA (dalam NHW#7).

Tapi saya maunya lebih dari satu. Hehe karena saya pikir satu dan lainnya berkaitan dan Insya Allah bisa berbarengan. Yaitu :

β™‘ Membaca
β™‘ Menulis
β™‘ Mengajar
β™‘ Kerajinan tangan


B. β€œBE DO HAVE”


1. Ingin menjadi apa ? (BE)

β™‘ Saya ingin menjadi Mentor
β™‘ Saya ingin menjadi Trainer


2. Kita ingin melakukan apa ? (DO)

β™‘ Saya ingin lebih banyak membaca dan memiliki koleksi-koleksi buku
β™‘ Saya ingin lebih sering menulis dan memiliki kumpulan artikel bahkan bisa menulis buku sendiri. Amin
β™‘ Saya ingin melatih kembali skill kerajinan tangan dan menularkan pada orang lain (khusus anak yatim dan dhuafa)


3. Kita ingin memiliki apa? (HAVE)

β™‘ Saya ingin aktif menulis sehingga nanti akan punya kumpulan artikel sendiri dan moga bisa buat buku sendiri.
β™‘ Saya ingin memiliki ‘rumah membaca dan belajar’ sendiri dengan koleksi-koleksi berbagai macam buku dan artikel.
β™‘ Saya ingin ada proses belajar mengajar di dalam ‘rumah membaca dan belajar’ tersebut. Saya ingin adik-adik sayapun turut serta dalam mengajar disana. Target peserta adalah anak-anak yatim dan duafa.
β™‘ Saya ingun memiliki ‘rumah bisnis kreatif’ juga, mengembangkan dan menukarkan skill kerajinan tangan saya, dengan membuat berbagai macam kerajinan dari kain ataupun flanel dan menularkan pada remaja-remaja yang kurang mampu.


C. Perhatikan 3 aspek dimensi waktu di bawah ini dan isilah:


1. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu kehidupan kita (lifetime purpose)

Dalam kehidupan ini yang ingin dicapai hanya satu yaitu KHUSNUL KHATIMAH. Tujuan utama saya dalam kehidupan ini ya hanya satu itu.
Pencapaian itu tentu tidak mudah, saya harus berproses terus kebih baik. Dan dalam mewujudkan tujuan utama ada tujuan-tujuan lain yang menuntun untuk bisa sampai pada tujuan pertama itu, diantaranya :
1. Rezeki yang disedekahkan
2. Ilmu yang bermanfaat
3. Memiliki anak yang shaleh shalehah
Saya akan berusaha menggapai semua itu, sampai pada tujuan akhir saya dalam kehidupan ini.
Bismillah…


2. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu 5-10 tahun ke depan ( strategic plan)

β™‘ Terus berproses jd pribadi yg lebih baik. Memerankan oeran menjadi Ibu, Istri dan Anak dengan baik dan benar.
β™‘ Memberikan yang terbaik dan memberikan kebahagiaan bagi keluarga saya terutama Suami, Anak, Bapak, Mamah, Aa dan Ade πŸ’–
β™‘ Bermanfaat bagi orang lain, orang-orang disekitar saya. Dengan mewujudkan cita-cita saya yang sudah saya tulis di “BE DO HAVE”


3. Apa yang ingin kita capai dalam kurun waktu satu tahun ( new year resolution)

β™‘ Bertambahnya ilmu, amal serta kualitas diri
β™‘ Giat menabung untuk investasi masa depan

Bismillahirahmanirohim..
Moga ALLAH merido’i, memudahkan jalan saya dalam mewujudkan segala cita dan niat baik ini.
Semua tak berarti tanpa keberkahan dariNya.


Mulailah dengan PERUBAHAN, karena pilihannya hanya satu BERUBAH atau KALAH

#NWH8

​​TAHAPAN MENUJU BUNDA PRODUKTIF

Setelah diamati hasil dan di konfirmasi ulang dengan apa yg saya rasakan selama ini. 80% cocok 20% nya tidak, saya merasakan dan merasa bahwa analisa tersebut sesuai dengan diri saya selama ini walau tidak 100% tok merasa cocok. Namun, cukup menggambarkan diri saya.

Berikut saya lampirkan link hasil ST30 (Strenght Typology) di Nice Homework #7

#Temubakathikmah
http://temubakat.com/id/index.php/main/result?p=6e3699b9530438010db86fc63a6f0d6e&y=1991&m=08&d=03

Kuadran aktivitas saya ;

KUADRAN 1 (Aktivitas yang saya SUKA dan saya BISA) :

β™‘ Membaca ~ saya suka membaca novel, buku-buku yang memotivasi dan menginspirasi, membaca artikel parenting atau self aktualisation, juga buku ilmu agama. Intinya saya suka membaca buku-buku yang dapat mengembangkan diri saya peibadi menjadi lebih baik.

β™‘ Menulis ~ saya sangat suka menulis, dimulai dari hobi saya nulis diari dari jaman SD, berlanjut ke SMP, SMA sampai saya kuliah dan bekerja. Saat ini saya mencoba menulis setidaknya setingkat lebih tinggi dari diari, masih tentang kehidupan saya sehari-hari tapi mungkn bahasanya sudah tidak benar-benar seperti curhat di diari. Hihi

β™‘ Kerajinan tangan ~ saya suka dan bisa membuat kerajinan tangan lewat kain, dakron atau kain flanel. Saya bisa jahit standar seperti jahit jelujur.

β™‘ Mengurus Qatrunada ~ sebenarnya ini lebih kepada kewajiban saya jadi seorang ibu. Urus Qatrunada tidak mengenal waktu hhii. Tapi alhamdulillah saya suka dan saya bisa. Naluri seorang ibu pastinya Allah sudah persiapkan perempuan takdirnya menjadi seorang ibu. ❀

β™‘ Mengurus dan melayani Suami ~ ini juga lebih kepada kewajiban sih, hehe tapi saya suka dan saya bisa menjalani ini. Tentunya karena Allah beri rasa kasih sayang pada saya dan suami jadi tugas ini membuat saya suka dan saya bisa. ❀

β™‘ Mengajar ~ walau saya bukan guru, tapi saya sangat senang mengajar, tentunya mengajar apa yang saya kuasai. Mengajar atau berdiskusi sangat saya sukai. Karenanya saya dulu sering menjadi mentor untuk adik-adik tingkat jaman kuliah. Hhii

KUADRAN 2 (Aktivitas yang anda SUKA tetapi andaTIDAK BISA) :

♀ Bisnis Planner ~ Saya suka berjualan, berbisnis, saya pernah mencoba beberapa bisnis tapi sayangnya selalu putus ditengah jalan, mungkin saya tidak bakat di bisnis. Tapi tdak menutup kemungkinan saya terus belajat untuk menjadi bisa. hhii

♀ Fashion Design ~ saya suka fashion busana muslimah pastinya, saya suka meet and mach busana ataupun aksesoris. Tapi sayangnya saya tidak bisa design. Boro-boro mendesign. Menggambarpun gambar standar πŸ˜‚πŸ˜…

KUADRAN 3 (Aktivitas yang anda TIDAK SUKA tetapi anda BISA)

♧ Olahraga ~ ini nih dari jaman dulu saya susaahh banget kalau harus olahraga. Duh, seharusnya saya bisa sempatkan untuk kesehatan ini. Tapi saya suka kalah sama yang namanya malas. Karena pada dasarnya saya kurang suka olahraha. Harus dirubah memang. Huhu

♧ Perwakilan suatu instansi ~ saya bisa tapi saya tidak suka. Mungkin karena saya kurang percaya diri ketika bertemu atau berkumpul dengan orang yang baru.

KUADRAN 4: Aktivitas yang anda TIDAK SUKA dan anda TIDAK BISA

β™’ Sales marketing ~ menawarkan barang dengan target duh bukan saya banget rasanya. Saya tidak suka dan tidak bisa untuk hal ini. πŸ’”

#NHW7

BELAJAR JADI MANAGER YANG HANDALΒ 

Saya pikir jadi manager itu hanya di kantoran, ehh ehh ternyataaa di rumah juga bisa jadi manager lohh, ahhiww… πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„

Ternyata jadi ibu rumah tangga itu mulia, sangat mulia, sudah Allah muliakan juga tinggal kita memantaskan menjadi ibu manajer rumah tangga yang handal. Aseeekk πŸ˜†πŸ˜†πŸ˜†

Maka dari itu, saya coba buat jadwal saya jadi seorang manajer ini, agar lebih tertruktur dan terschadule. Juga bisa lebih berkembang dengan menuliskan aktifitas penting dan tidak penting untuk saya kerjakan. 😊😊😊


Tiga Aktifitas Penting :

– urus Qatrunada dan urus suami (mandiin, kasih makan, ajak main dan kebutuhan Nada lainnya
– urus rumah
– baca artikel dan menulis


Tiga Aktifitas tidak Penting :

– Main gadget
– Nonton gosip
– tidur-tiduran terus


Jadwal harian Ibu Manager Hikmah Khaerunnisa di PT. Rumahku Syurgaku πŸ˜‰

Dari Senin sampai Minggu, tidak mengenal libur dan hari minggu, Loyalitas tanpa batas πŸ˜€πŸ˜€πŸ˜€

07.00
β™‘ belanja sayur /minggu

07.30
β™‘ masak
β™‘ sarapan

08.00
β™‘ siapin mandi Nada
β™‘ mandiin Nada
β™‘ bajuin Nada

08.30
β™‘ siapin mam Nada
β™‘ suapin Nada

09.00
β™‘ beresin kasur
β™‘ cucu piring
β™‘ renden cucian
β™‘ siapin bekal suami
β™‘mandi

10.00
β™‘ nenenin Nada
β™‘ ajak main Nada
β™‘ buka hp (baca chatingan, bales chatingan, baca artikel)

11.00
β™‘ siapin cemilan buat Nada
β™‘ makan siang
β™‘ istirahat/santai

12.00
β™‘ suapin Nada
β™‘ ganti popok Nada
β™‘ Shalat Dzuhur

13.00
β™‘ nenenin Nada
β™‘ kelonin Nada bobo

13.30
β™‘ nyuci
β™‘ jemur
β™‘ nyapu + pel
β™‘ masak buat mam sore Nada

14.00
β™‘ buka hp (baca chatingan, bales chatingan, nulis)
β™‘ santai

15.00
β™‘ nenenin Nada
β™‘ ajak main Nada

15.30
β™‘ Shalat Asar
β™‘ siapin mandi sore Nada

16.00
β™‘ mandiin Nada
β™‘ siapin Mam sore Nada

16.30
β™‘ suapin Nada

17.00
β™‘ angkatin jemuran
β™‘ tilepin jemuran
β™‘ ajak main Nada

18.00
β™‘ Shalat Magrib
β™‘ Tadarus

18.30
β™‘ Nenenin Nada
β™‘ Ajak main Nada

19.00
β™‘ buka hp (baca chatingan, bales chatingan)

19.30
β™‘ Kelonin Nada bobo

20.00
β™‘ Shalat Isya
β™‘ Makan malem
β™‘ Nonton Tv

21.00
β™‘ suami pulang
β™‘ siapin makan malam buat suami
β™‘ ngobrol sama suami

22.00
β™‘ tidur 😴😴

Jadwal sewaktu-waktu bisa berubah yaa.. maklum busui tergantung mintanya baby mau nyusu kapan, mau bobo kapan, mau di gendong kapan, mau nangis kapan, yg kitu kan ga bisa di jadwalin ya..
Jadi maklumin ajah πŸ˜‚
Tapi rutinitas yang seringnya sih seperti ini, polanya sudah mulai tergambarkan seperti yang saya buat jadwal itu.
Jadwal itu juga kembali saya petakan menjadi lebih terschadule, meminimalisir aktifitas tidak penting dan merutinkan aktifitas penting.

Tentunya jadwal ini akan di evaluasi terus agar lebih dinamis dan berkembang.

Bismillahirahmanirahim..

Allah selalu mudahkan semua niat baik. Amin 😊😊😊

#NHW6

SITUASI BERAT TERASA RINGAN


Sudah mudik teman-teman?
Sudah persiapan apa saja untuk mudik?
Sudah persiapan mental untuk macet?

Banyak dari kita mengeluh karena hal ini nih, apalagi musim mudik kaya gini.

Padahal kita tau ini musim mudik, ga musim mudik aja macet, ya kan?
Padahal kita tau jalanan segitu-gitu aja, kendaraan terus bertambah setiap harinya, gimana ga macet. Ya kan?
Padahal kita tau bakal melewati kemacetan itu sekarang dan nanti, tapi masih aja ngedumel. Ya kan?

Harusnya ketika kita sudah tau, bisa lebih mempersiapkan mental buat menghadapi kemacetan ini.
Akan jauh lebih enak dinikmati dibanding dikeluhkan.

Toh kita menikmati dengan kita mengeluh sama-sama macet juga kan?

Rasulullah saw menjenguk seseorang yang sedang sakit demam. Beliau menghibur dan membesarkan hati orang tersebut.
Beliau berkata,
“Semoga penyakitmu ini menjadi penghapus dosamu”.
Orang itu menjawab,
“Tapi ini adalah demam yang mendidih, yang jika menimpa orangtua yang sudah renta, bisa menyeretnya ke lubang kubur”.
Mendengar keluhan orang itu, Rasulullah saw bersabda,
“Kalau demikian anggapanmu, maka akan begitulah jadinya” (HR. Ibnu Majah)

Ridha atas apa yang kita jalani sekarang akan jauh jauh jauh lebih baik daripada mengeluh.

Mengeluh atau bersyukur itu pilihan kita, toh sama-sama kita jalani juga situasi itu. Yang buat jadi beda adalah rasa di hati yang dapatkan, apakah rasa kelapangan hati karena ridha atau rasa lelah hati karena keluhan.

“Barangsiapa yang ridha, maka keridhaan itu untuknya. Barangsiapa mengeluh, maka keluhan itu akan menjadi miliknya”
(HR. at-Tirmidzi)

Situasi seberat apapun jika hati lapang, semua akan terasa ringan, terasa nyaman.
Selamat mudik teman-teman, selamat berkumpul dengan keluarga tercinta 😊❀❀

LUASNYA REZEKI KARENA SILATURAHMI


Saya mau cerita sedikit pengalaman saya mengenai silaturahmi ini.
bulan Ramadhan sekarang ini, setiap weekend kami selalu pergi, sebenarnya kebanyakan di luar rencana.
Bahkan awalnya kami berencana buat tidak banyak pergi keluar rumah bulan ini salah satu pertimbangannya menghemat pengeluaran untuk ditabungkan.

Eehh rencana tinggal rencana, ternyata kami harus pergi setiap weekend. Yaa tak lain dan tak bukan kami pergi kerumah orang tua dan saudara.

Dan setiap pulang, selalu ada aja rezeki kami. Uang yang kami keluarkan untuk ongkos pergi ataupun buah tangan, Allah selalu ganti berkali kali lipat.

Tanpa disadari, Allah membuka jalan rezeki kami lewat silaturahmi. Kami berencana tidak keluar rumah untuk meminimalisir pengeluaran, ternyata Allah berencana lain. Allah memberi jalan silaturahmi pada kami untuk mendapat keberkahan rizkiNya.

Tak harus berupa uang, barang, ternyata doa yang orang tua, saudara kami panjatkan adalah rezeki luar biasa untuk kami. Mendoakan dengan hati penuh ikhlas, dengan hati bahagia karena dikunjungi anak, saudaranya.

Sungguh indahnya silaturahmi, dan kami membuktikan nyata mendapatkan keberkahan rezekiNya berpuluh kali lipat selalu karena silaturahmi ini.

β€œBarangsiapa yang suka diluaskan rizkinya dan ditangguhkan kematiannya, hendaklah ia menyambung silaturahim” (H.R. Bukhari)

Kami baru menyadari bahwa Allah luaskan rezeki kami lewat sini ❀❀

#Day15
#30DayRamadhanWriting

TERNYATA HIDUP SAYA LEBIH INDAH ❀


Duh kangen bisa nongki bareng sama geng-gong kaya dulu..
Duh kangen momotoran di jalanan kota Bandung tercintah..
Duh kangen ngemall cantik sambil curhat ketawa-ketiwi sama kalian..
Duh kangen ngantor, kangen ngetes, ngewawancarain pelamar..
Duh kangen kukulineran jajanan Bandung yang endeeess bareng sama kalian..
Duh kangen main tanpa rasa khawatir jam pulang..

Sekarang,
*mau pergi liat rute perjalanan jauh/enga, macet/enga
*pertimbangan kendaraan, naik apa yang nyaman, yang ga ribet dan yang cepet sampai.
*waktu perjalanan, selalu ngusahain pergi pagi/siang, jangan pergi malem nanti takut masuk angin malem.
*bawaan, pastinya ngegembol, segala dibawa, mikirin disana cuacanya panas/dingin, harus pakai baju yang seperti apa dengan cuaca ky gt, harus bw baju cadangan berapa kira-kira, bawa mainan juga biar ga bosen, jangan lupa obat-obatan juga.

Wow.. kebayang ga ribetnya??
Tapi kalau ditanya, apakah saya mau kembali lagi ke kehidupan yang dulu? Jelas saya jawab TIDAK.
kenapa? entah kenapa saya lebih bahagia saat ini, sekarang ini, dengan keribetan yang tiada akhir ini πŸ˜‚πŸ˜‚.

Liat senyum manisnya,
Liat nangis manjanya,
Liat tingkah lucunya,
Liat tidur pulesnya,
Liat tumbuh kembangnya setiap saat,
Dengar celotehan polosnya,

Ternyata hidup saya lebih indah sekarang ini.. ❀

Daaann sumber kebahagiaan kami sudah masuk 5bulan tangal 2 Juni lalu, itu artinyaaa bulan depan udah mulai MPASI. YEAY πŸŽ‰πŸŽŠπŸ˜

Sehat terus anak Ayah Ibu.. 😍😍😘😘

#day14
#30DaysRamadhanWriting

AKU TIDAK AKAN PERNAH MAMPU MEMBALASNYA


Sebenarnya sudah lama dengar cerita anak menggungat orang tua kandungnya kepengadilan.
Sedihnya, tidak hanya satu kasus tapi banyak.
Masalahnya, tak lain tak bukan berkutat dengan yang namanya uang, materi, warisan.

Duh Nak.. lupakah dulu siapa yang melahirkanmu? Menyusuimu? Meminabobokanmu? Mencari nafkah untukmu? Rela kaki dijadikan kepala, kepala dijadikan kaki hanya untukmu?

Nak.. lupakah siapa yang menyayangimu tulus tanpa syarat? lupakah siapa yang rela mengorbankan hidupnya untuk membersarkanmu?

Lalu nak, mengapa engkau jadi begini? Tak seberapa uang yang kau tuntut dengan total biaya hidupmu dari dalam kandungan sampai besar. Tapi orangtua tak menuntut itu. Tak meminta kembali uang, tenaga, keringat dan air mata demi membesarkanmu dulu.

Nak.. taukah, ketika orangtua berdoa, meminta dengan hati yang terluka, merintih menahan sakitnya dalam dada maka ketujuh langit terbuka, semua malaikat mengaminkan dan Allah akan ijabah, walau doa itu buruk untukmu.

Dan apapun kebaikan yang kau lakukan untuk orangtuamu, tidak akan pernah mampu membalas kebaikan orangtua padamu. Lalu jika kau balas dengan keburukan, dengan penghianatan, dengan air tuba. Sungguh tak terbanyang betapa murkanya Allah kepadamu nak..

 β€œKeridhoaan Allah itu terletak pada keridhoan orang tua, dan murka Allah itu terletak pada murka orang tua”( H.R. At-Tirmidzi)

Ibnu Umar bertemu seorang laki-laki dari Yaman, yang sedang melaksanakan thawaf di Mekkah dengan menggendong ibunya di atas punggungnya.
Lalu lelaki itu berkata, “Sungguh aku laksana onta yang sedang menggendong ibuku, jika ibuku menarik tali kekangnya dengan sangat keras, maka aku tidak akan mengeluh karena mengendong dan melayaninya. Wahai Ibnu Umar, apakah menurutmu aku telah mampu membalas jasa ibuku?”
Ibnu Umar menjawab “Tidak, engkau tidak akan sanggup membalas jasanya, walau cuma satu rintihan tarikan nafas ibumu saat melahirkan” (H.R. Bukhori)

#Day13
#30DaysRamadhanWriting

Perjuangan ASI untuk Qatrunada

Ini foto Qatrunada waktu masuk RS karena bilirubin tinggi, menginap di RS 4 hari.

Sebelumnya dari hari kelahiran Nada susah sekali untuk bangun, tidur terus. ASI juga belum keluar sampai hari ke-3 baru keluar itupun sedikit. Yang tadinya niat tidak memberinya susu formula karena keterpaksaan ASI belum keluar Nada pun saya beri sufor sementara, sambil saya terus di berjuang memberi ASI. Saya terus nenenin walau ia menolak, saya juga memerah manual menggunakan tangan.

Read more

Scroll To Top